Obat Untuk Radang Tenggorokan dan Pilek yang Ampuh, Ketahui Manfaatnya

"yuk simak"

Life | 23 January 2023, 10:15
Obat Untuk Radang Tenggorokan dan Pilek yang Ampuh, Ketahui Manfaatnya

Daun.id - Sakit radang tenggorokan yaitu merupakan rasa nyeri, gatal, tidak nyaman, atau kering pada tenggorokan. Kondisi ini adalah gejala yang bisa timbul akibat beragam gangguan atau penyakit, dan salah satunya adalah infeksi virus. Rasa sakit itu biasanya akan makin berat dan terasa saat melakukan aktivitas makan dan minum. Karena tenggorokan dilalui sesuatu yang makin membuat tenggorokan seolah terdesak, atau bergesekan dengan kasar.

Rasa nyeri atau iritasi tenggorokan yang dapat muncul ketika menelan atau tidak, sering disertai dengan infeksi, seperti mengalami pilek atau flu.

Saat itu terjadi, tak usah khawatir, bisa mencoba obat alami di bawah ini. Yang terbukti aman dan cukup ampuh untuk bantu atasi radang tenggorokan juga pilek. Bahan alami atau obat alami yang sering menjadi rujukan orang-orang untuk mengatasi radang tenggorokan sekaligus pilek ini.

Ketahui juga manfaat dari bahan alami ini. Agar bisa memanfaatkannya di kebutuhan yang lain. Yuk simak ulasannya di bawah ini:
Daun.id

pinterest

1. Perbanyak Minum Air Putih
Saat radang tenggorokan, hanya perlu lebih banyak mengonsumsi cairan untuk meringankan rasa sakitnya. Karena, ketika kekurangan cairan, tubuh tidak dapat menghasilkan cukup air liur dan lendir untuk menjaga tenggorokan tetap lembab. Hal ini dapat menyebabkan pembengkakan dan membuat peradangan semakin memburuk.

Dengan minum banyak air putih, selaput lendir akan tetap lembab dan bekerja lebih baik dalam melawan bakteri dan penyebab iritasi.

2. Berkumur dengan Air Garam
Cara menyembuhkan radang tenggorokan pada ibu hamil dan orang dewasa salah satunya adalah dengan air garam. Tindakan ini dipercaya dapat membantu mengurangi keluhan peradangan pada tenggorokan. Lakukan pada tenggorokan (gargle) 2 hingga 3 kali dalam sehari. Caranya adalah dengan mencampurkan setengah cangkir air putih dan seperempat sendok garam.

Jangan berikan cara ini pada anak-anak yang masih terlalu kecil atau belum mampu meludah.

3. Air Perasan Lemon
Cara menyembuhkan radang tenggorokan dan sariawan salah satunya adalah dengan air perasan lemon. Lemon tinggi akan antioksidan dan juga vitamin C yang dapat meredakan radang dan sariawan.

Kandungan astringent yang ada di dalam jus lemon dapat membantu mengurangi pembengkakan di jaringan tenggorokan dan menciptakan lingkungan asam sehingga dapat mematikan virus dan bakteri penyebab iritasi.

Caranya adalah dengan mencampurkan 1 sdt jus lemon dengan secangkir air hangat. Bisa juga dengan memeras lemon dan menambahkan sedikit madu untuk meredakan radang di tenggorokan.

4. Kumur Cuka Apel dan Garam
Cuka apel bersifat asam yang dapat melapisi tenggorokan sekaligus menciptakan lingkungan buruk bagi virus dan bakteri untuk bertahan hidup. Cara menyembuhkan radang tenggorokan bisa dengan mencampurkan 1/4 cangkir cuka apel dan 1/4 cangkir madu kemudian kumur dengan cairan ini setiap empat jam.

5. Kumur Air Kunyit
Kunyit mengandung minyak atsiri, curcumin, turmeron dan zingiberen yang dapat bermanfaat sebagai antibakteri, antioksidan, dan anti inflamasi. Cara menyembuhkan radang tenggorokan dengan cepat bisa campurkan 1/2 sdt kunyit bubuk dan 1/2 sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat, kumur selama beberapa detik dan ulangi beberapa kali dalam sehari.

6. Menghirup Udara Lembap
Saat radang tenggorokan biasanya akan menjalar ke flu dan batuk. Cara menyembuhkan radang tenggorokan pada anak salah satunya bisa dengan pelembap udara (humidifier).

Udara yang lembap pada saluran napas bagian atas akan membantu membersihkan lendir dan cairan akibat peradangan. Cara lain yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan radang tenggorokan dan flu adalah dengan menghirup uap panas yang terbuat dari air rebusan sereh dan beberapa tetes minyak telon untuk anak.

7. Konsumsi Makanan Lembut
Ketika menelan agak terasa sakit, sebaiknya pilih makanan yang bertekstur lembut supaya tidak melukai tenggorokan yang sedang radang. Makanan yang bisa dikonsumsi adalah bubur ayam, sup hingga nasi tim.

8. Obat Pereda Nyeri
Selain cara alami, aspirin, parasetamol dan ibuprofen jadi obat-obatan yang dapat meredakan nyeri peradangan. Obat-obatan ini adalah kombinasi dari penghilang rasa sakit dan anti-peradangan, sehingga akan membuat merasa lebih nyaman dan juga mengurangi beberapa pembengkakan yang terkait dengan sakit tenggorokan.

9. Berhenti Merokok
Hal ini dapat memicu peradangan yang cukup parah. Jika masih merokok disarankan untuk menghentikan kebiasaan ini. Dengan berhenti merokok jadi salah satu cara menyembuhkan radang tenggorokan dan sariawan sehingga waktu pemulihan atau penyembuhan lebih cepat.
Daun.id

pixabay

10. Madu
Madu dikenal sebagai obat alami radang tenggorokan akibat asam lambung lantaran memiliki sifat antibakteri alami yang mampu menyembuhkan luka di tenggorokan. Bahkan, bisa meredakan rasa sakit akibat peradangan di tenggorokan loh.

"Madu adalah salah satu obat terbaik untuk sakit tenggorokan karena sifat antibakteri alaminya yang memungkinkannya bertindak sebagai penyembuh luka, meredakan rasa sakit, dan mengurangi peradangan. Madu juga dapat membunuh bakteri dan membantu melawan infeksi virus," kata Charlotte Smith, MD, dokter di Penn Urgent Care South Philadelphia.

Caranya, cukup campurkan dua sendok makan madu dengan segelas air hangat atau teh, kemudian aduk rata. Bisa dikonsumsi beberapa kali sehari sesuai kebutuhan.

11. Saus Pedas
Mungkin terdengar aneh mengapa meredakan sakit tenggorokan bisa menggunakan saus pedas. Namun, bahan ini telah terbukti dapat meredakan sakit tenggorokan.

Saus yang terbuat dari paprika atau cabai diketahui memiliki kandungan capsaicin yang bisa digunakan untuk melawan peradangan dan meredakan nyeri di tenggorokan.

Caranya, cukup tuangkan beberapa tetes saus pedas ke dalam segelas air hangat untuk berkumur.

12. Teh
Ada banyak jenis teh herbal yang bisa dicoba untuk meredakan sakit tenggorokan dengan cepat.

Misalnya, seperti teh cengkeh dan hijau yang keduanya mengandung sifat antibakteri dan antiinflamasi untuk melawan infeksi di tenggorokan. Bisa juga mencoba teh raspberry, chamomile, dan peppermint untuk menghilangkan rasa sakit dan mengurangi peradangan di tenggorokan.

"Ketika lagi masa penyembuhan dari penyakit, penting untuk beristirahat. Jika Anda bersiap-siap untuk tidur, mungkin yang terbaik adalah meminum teh tanpa kafein," ucap dr Smith.

Daripada mengkonsumsi obat medis, cobalah obat alami radang tenggorokan akibat asam lambung di atas ini untuk meredakan nyerinya. Meskipun demikian, harus rutin dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

(alvain shinta/n)


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 31 JANUARI 2023 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:17 ZUHUR 12:08
ASHAR 15:29 MAGHRIB 18:19 ISYA 19:32  

Daun Media Network