Kisah Cinta Cak Nun dan Novia Kolopaking yang Jarang Diungkap, Bermula dari Puisi

"Kisahnya cukup romantis"

Life | 23 January 2023, 10:41
Kisah Cinta Cak Nun dan Novia Kolopaking yang Jarang Diungkap, Bermula dari Puisi

Daun.id - Sosok budayawan nyentrik Muhammad Ainun Nadjib santer diperbincangkan warganet belakangan lantaran pernyataannya kepada Presiden RI. Pria yang akrab disapa Cak Nun itu menjadi salah satu budayawan yang dikenal begitu dekat dengan masyarakat dan para jama'ah maiyah.

Suami artis yang hits era 80 an, Novia Kolopaking ini juga dikenal sebagai seorang intelektual muslim yang prodkutif menulis. Namun tak banyak yaang tahu, jika Novia Kolopaking adalah istri keduanya.

Kiprahnya dalam khazanah keilmuan pun cukup gemilang. Ia sering mengisi berbagai acara baik diskusi atau semacam seminar. Ia kerap diundang di kampus-kampus bekan tanah air. Selain itu Cak Nun juga sangat produktif menulis esai dan kolom. Banyak buku telah ia lahirkan.

Namun kisah percintaan Cak Nun tak banyak diketahui, terutama kisah percintaanya dengan Novia Kolopaking.

1. Cak Nun Menikah Pertamakali dengan Neneng

Cak Nun menikah pertama kali dengan Neneng Suryaningsih pada 1978, dari pernikahan itu ia dikarunia seorang anak bernama Sabrang Damar Mowo Panuluh atau Noe. Kisah ini kerap diungkapkan Cak Nun di depan para jamaah maiyah rutinnya di berbagai tempat.

Daun.id

Gusman Channel

Barulah pada 1997 Cak Nun menikahi Novia Kolopaking. Melalui video yang diunggah pada kanal youtube jamaah maiyah, Novia pun pernah mengungkapkan kisah awal mula hubungannya dengan Cak Nun.

2. Romantis, Bermula dari Puisi

Melalui video yang diunggah di kanal youtube milik Gusman Channel, istri Cak Nun itu bercerita. Sebanarnya ia sudah mengenal Cak Nun sejak tahun 1995. Saat itu ia diminta untuk membacakan salah satu puici milik Cak Nun di sebuah acara.

Maklum saja, Novia kala itu adalah artis yang juga dikenal sebagai aktris dan penyanyi kondang. Jadi membaca puisi pun sepertinya ia sudah sangat menguasai. Namun betapa kagetnya dia, sesat setelah acara selasai acara, ia mengaku ditelfon oleh seorang lelaki. Dan lelaki itu ialah Cak Nun.

Daun.id

CakNun.com

"Jadi terus telepon, terus tanya. Cak Nun pasti sudah tahu saya ya, kan saya terkenal," canda Novia, dikutip dari kanal YouTube Gusman Channel.

"Terus tanya, 'iya Mbak Novia, kenalkan,' saya waktu itu panggilnya masih Mas kalau enggak salah. Saya belum tahu umurnya soalnya. Kalau tahu, ya saya (panggil) Om dulu."

3. PDKT ala Cak Nun

Lebih Lanjut, Novia berkisah jika saat itu Cak Nun menayakan hal-hal yang tak ada hubungannya sama sekali dengan puisi yang ia baca sebelumnya. Cak Nun malah menanyakan warna favorit Novia sampai silsilah keluarganya.

Bahkan Cak Nun memberanikan diri untuk mengajak Novia bertemu.

Daun.id

fb Berguru Kepada Alam

Kini keduanya menginjak 28 tahun usia pernikahan. Dari pernikahan itu keduanya dikaruniai 4 anak yakni Ainayya Al-Fatihah yang meninggal di dalam kandungan, Aqiela Fadia Haya, Jembar Tahta Aunillah, dan Anayallah Rampak Mayesha.

Seperti diketahui, hingga saat ini Cak Nun dan Novia aktif di acara majelis maiyah yang ada di beberapa kota. 

(abdul mufid/nf)


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 31 JANUARI 2023 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:17 ZUHUR 12:08
ASHAR 15:29 MAGHRIB 18:19 ISYA 19:32  

Daun Media Network