Khurasan Jadi Tempat Keluarnya Dajjal, Dimana Letaknya?

"Tanda akhir zaman"

Life | 23 January 2023, 12:36
Khurasan Jadi Tempat Keluarnya Dajjal, Dimana Letaknya?

Daun.id - Dalam hadist yang diriwayatkan dari Abu Bakar RA, Rasulullah SAW bersabda, "Dajjal akan keluar dari muka bumi ini di bagian timur yang bernama Khurasan". (HR Tirmidzi).

Dalam hadist diatas disebutkan kata Khurasan sebagai tempat keluarnya Dajjal yang menjadi tanda akhir zaman atau kiamat tiba. Lantas, dimana letak Khurasan? penasaran? yuk intip.

Letak Khurasan

Daun.id

Sumber: @irontojikiston

Menurut Dr Syauqi Abu Khalil dalam Athlas Al-Hadith Al-Nabawi mengatakan jika saat ini letak Khurasan berada di ujung timur Laut Iran atau pusat kotanya berada di Masyhad. Khurasan memiliki luas 314 ribu kilometer persegi. Letaknya juga menjadi pembatas dengan Republik Turkmenistan yang berada di Utara dan Afganistan yang berada di sebelah Timur.

Tinta Emas

Khurasan merupakan tempat yang bisa dibilang sangat penting dalam sejarah beradaban Islam. Sebelum pasukan Islam berhasil menguasai Khurasan, Rasulullah SAW telah beberapa kali menyebut nama Khurasan.

Lokasi Khurasan juga sangat strategis dan banyak diincar penguasa. Tak hanya pada zaman dulu saja, pada zaman sekarang Khurasan juga menjadi perebutan.

Penaklukan Khurasan

Khurasan pernah dikuasai oleh tentara Islam pada era Khalifah Umar bin Khattab. Pada saat itu dipimpin oleh komandan perang Ahnaf bin Qias. Pasukan tentara Islam sukses menembus Khurasan lewat Isfahan.

Tanda kiamat

Daun.id

Sumber: Facebook Budiey Saje

Keluarnya Dajjal menjadi tanda kiamat. Banyak yang beranggapan jika Dajjal merupakan sosok manusia yang memiliki tubuh besar gagah dan garang, namun menurut Abul A'la Al-Maududi, Dajjal hanyalah simbol bukan sebagai sosok manusia.

Rasulullah SAW telah mengingatkan kepada umatnya untuk selalu meminta perlindungan kepada Allah SWT dari fitnah Dajjal

"Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari azab Jahannam, dari azab kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian, serta aku berlindung dari kejelekan fitnah al-Masih ad-Dajjal." (Hr. Muslim)

(fahrul hikami/i)


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 31 JANUARI 2023 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:17 ZUHUR 12:08
ASHAR 15:29 MAGHRIB 18:19 ISYA 19:32  

Daun Media Network