Kisah Mistis Kota Wentira, Konon Jadi Kerajaan Gaib Terbesar Berlapis Emas

"Konon kota ini sudah ada sejak tahun 1950-an."

Life | 23 January 2023, 12:45
Kisah Mistis Kota Wentira, Konon Jadi Kerajaan Gaib Terbesar Berlapis Emas

Daun.id - Nama Wentira merupakan sebuah kota gaib yang dikenal di wilayah Sulawesi Tengah. Konon kota ini terletak di antara kota Palu dengan kabupaten Parigi Moutong. Kota Wentira telah berhasil menjadi kota gaib yang kini menjadi perbincangan publik. Nama kota ini sendiri juga sudah mengandung makna yang misterius. Kata Wentira sendiri mengandung makna tak terlihat yang diambil dari kata Uwentira.

Meski sebagai kota gaib, konon peradaban di kota ini justru lebih maju daripada kondisi masyarakat yang ada di sekitarnya. Orang-orang sangat heran, konon katanya kota tak tampak ini berlapis dengan emas. Hingga kini menyimpan banyak kemistisan yang masih belum terpecahkan. Beberapa orang mengaku pernah mengalami peristiwa mistis di kota tersebut.

Menurut cerita yang berkembang di tengah masyarakat, kota ini ditandai dengan tugu berwarna kuning dengan tulisan Uwentira. Selain itu daerah tersebut, konon dijuluki sebagai kerajaan jin terbesar di Sulawesi Tengah. Bahkan menjadi tempat yang paling angker di Indonesia. Siapapun yang masuk ke wilayah tersebut akan terombang-ambing antara dunia nyata dengan supranatural.

Kisah Mistis Kota Wentira

Daun.id

Sumber; @mufidchomsan_mc

Kota gaib ini telah dikenal angker, salah satu cerita yang melekat dihati masyarakat Palu ialah terdapat kerajaan gaib. Sebuah kerajaan tak kasat mata yang konon terdapat bangunan megah yang berlapis dengan emas. Menurut orang yang pernah mengalami peristiwa mistis, kota ini didominasi dengan warna kuning. Berikut ini kisah mistis kota Wentira:

1. Kerajaan gaib terbesar di Indonesia

Menurut cerita yang berkembang di tengah masyarakat, konon kerjaan Gaib yang ada di wilayah Sulawesi Tengah ini merupakan kerajaan gaib terbesar. Hal ini diperkuat dengan kisah misteri yang pernah dialami beberapa orang masyarakat sekitar. Dilansir dari solopos.com, Koordinator Komunitas Historia Sulawesi Tengah, Moh Herianto. Wentira dijuluki kerjaan gaib terbesar di Indonesia berkaitan dengan penguasa jin yang membangun istana.

Kisah mistis di kota Wentira ini tak bisa dipisahkan dengan kisah misterius Suku Kaili. Konon, suku misterius ini memiliki aktivitas yang bersinggungan langsung dengan dunia gaib. Namun kisah tentang Wentira ini pertamakali dikenal masyarakat pada tahun 1950-an. Menurut beberapa catatan, juga tidak ada yang menyebutkan Wentira pada awal abad 20. Dianggap angker, karena yang tampak hanya hutan dengan pepohonan yang menjulang tinggi.

2. Kerajaan gaib berlapis emas

Konon kota ini identik dengan warna kuning, dan orang yang pernah memiliki pengalaman misterius ini menjelaskan banyak bangunan yang berbalut emas. Salah satunya pengalaman yang pernah dialami seorang produser program Jejak Misterius, H. Ali Taba. Dilansir dari solopos.com, ia mengaku pernah meminta bantuan dukun atau sesepuh setempat agar dapat diizinkan masuk ke kota Wentira.

“Setelah selesai, semuanya bisa masuk. Saya ketika masuk itu dari jauh sudah keliatan gemerlap kota. Sebelum masuk ke kotanya, kami lewati jembatan berwarna keemasan. Terus lampu-lampu kalau di kita ada tiangnya, di sana tanpa tiang atau mengambang.  Kota besarnya itu ada satu jalan raya yang ga ada belokannya, lurus gitu, ada blok kanan dan blok kiri. Ada 2 kelompok berbeda tapi semuanya ramah,” penjelasan Ali.

Daun.id

sumber; @dinding_sunyi

Mereka yang dapat masuk ke kota ini, konon saat ditawari makan tak boleh diambil begitu saja. Sebab, jika diambil ia tak dapat kembali lagi. Hal ini diwanti-wantikan oleh dukun sesepuh yang mengantarkan di kota Wentira. Selanjutnya jika ingin keluar dari kota tersebut bisa dengan mengucap "istighfar".

Itulah beberapa kisah mistis tentang kota Wentira yang konon menjadi kerajaan gaib di Indonesia. Kota gaib ini berada di daerah kawasan hutan antara Kota Palu dengan Kabupaten Parigi Moutong.

(rian adi kurniawan/nn)


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 31 JANUARI 2023 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:17 ZUHUR 12:08
ASHAR 15:29 MAGHRIB 18:19 ISYA 19:32  

Daun Media Network