Mitos Goa Pindul Jogja, Konon Ada Batu Yang Dapat Membuat Lelaki Jadi Perkasa

"Unik dan penuh misteri, ini mitos Goa Pindul Jogja."

Life | 23 January 2023, 15:25
Mitos Goa Pindul Jogja, Konon Ada Batu Yang Dapat Membuat Lelaki Jadi Perkasa

Daun.id - Daerah Istimewa Yogyakarta atau yang sering disebut dengan Jogja, memang selalu menjadi magnet bagi para wisatawan. Selain terkenal kebudayaannya, keindahan alamnya juga sekan tak ada habisnya. Kota ini memang sudah sangat maju dan modern, dibalik itu ternyata Jogja juga menyimpan beberapa mitos. Mitos ini seringkali berkaitan dengan beberapa tempat yang ada di kota tersebut.

Selain dikenal memiliki pantai wisata yang indah, Jogja juga memiliki beberapa destinasi wisata goa. Salah satunya ialah Goa Pindul yang terletak di wilayah kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta. Tepatnya berada di desa Karangmojo yang menawarkan beragam keindahan alam. Wisata ini termasuk wisata air, dan dapat dinikmati dengan menggunakan pelampung dan ban.

Keindahannya memang tak dapat diragukan lagi, akan tetapi dibalik itu semua juga memiliki mitos yang kini berkembang di tengah masyarakat. Berbicara soal Goa Pindul ini memiliki kaitan erat denga kerajaan Mataram. Nama pindul sendiri diambli dari anomali "pipi kejendul" yang artinya pipi terbentur.

Mitos Goa Pindul Jogja

Daun.id

sumber; @arowisata

Berbicara soal mitos di Indonesia memang tak pernah ada habisnya, kali ini sahabat daun akan membahas mitos seputar Goa Pindul. Goa Pindul ini mulai aktif beberapa tahun yang lalu. Selain menawarkan keindahan, tempat ini juga memiliki beberapa mitos sebagai berikut;

1. Asal usul Goa Pindul

Nama Goa pindul Jogja ini memiliki kaitan erat dengan kisah kerajaan Mataram. Nama tersebut sebagai anomali "Pipi Kejendul" yang artinya pipi kebentur. Dilansir dari inews.id, pengambilan nama goa ini memiliki dua versi, sebagai berikut;

Versi pertama, Berawal dari kisah perjalanan dua tokoh Mataram yang bernama Juru Mertani dan Ki Ageng Pemanahan. Saat itu mendapat perintah membunuh bayi laki-laki dari Putri Panembahan Senopati yang diperintahkan oleh Panembahan Senopati. Kedua tokoh ini tak tega, lalu dalam perjalanannya melakukan istirahat di daerah Karangmojo.

Bayi yang dibawanya rewel dan menangis terus, lalu muncul inisiatif untuk memandikannya. Saat Ki Juru Mertani naik ke salah satu bukit, justru tanah di bawahnya runtuh dan tampak menganga. Lalu didapati lubang dan tampak air di bawahnya. Saat bayi dibawa masuk untuk dimandikan, justru tanpa sengaja pipi bayi terbentur batu goa tersebut. Dari kejadian ini masyarakat sekitar menyebut Goa Pindul.

Versi kedua, mitos ini juga tengah berkembang di tengah masyarakat sekitar. Berawal dari seorang tokoh yang bernama Joko Singlulung, konon saat itu sedang mencari ayahnya. Ia mencari ayahnya dengan melakukan penelusuran ke hutan, sungai, hingga goa. Saat sampai pada salah satu goa, pipi Ki Joko terbentur dengan dindingnya dan mengalami bengkak. Dari sinilah kemudian masyarakat setempat menyebutnya Goa Pindul.

2. Batu yang menjadikan lelaki perkasa

Mitos ini agak sedikit unik, konon di dalam Goa Pindul terdaoat batu dapat membuat lelaki jadi perkasa. Cerita ini, kini juga tengah berkembang di tengah masyarakat. Konon juga ditempat ini dulunya menjadi tempat semedi atau bertapa. Salah satu pemandu wisata pernah menceritakan tentang mitos batu yang menjulang tinggi di dalam Goa pindul.

Dikutip dari jogya.com, "Jika ada pria memegang batu ini, maka ia akan menjadi pria perkasa,” kata seorang pemandu wisata. Konon menurut cerita, bagi seorang lelaki yang berhasil menyentuh batu tersebut dapat menjadi lelaki perkasa. Batu ini dijuluki dengan sebutan Batu Lingga Perkasa. Berada di dalam goa dan menjulang ke atas.

Sementara itu ada mitos lainnya, bagi kaum perempuan yang berhasil terkena tetesan air dari atap Goa Pindul akan menjadi perempuan cantik dan jelita. Hingga kini mitos ini masih beredar di tengah masyarakat.

3. Harga tiket Goa Pindul Jogja

Daun.id

Sumber; goapinduljogjakarta.id

Dilansir dari yogyayes.com, berikut harga tiket terbaru di Goa Pindul;

- Tarif parkir

Motor = Rp 2.000
Mobil = Rp 5.000
Mini/Micro Bus/ Elf/HiAce = Rp 10.000
Bus besar/medium = Rp 20.000

- Jam buka dan harga tiket masuk

Setiap hari: pk 07.00-19.00
Retribusi: Rp 10.000/orang
Tiket masuk Goa Pindul:
Rp 40.000 (dewasa)
Rp 20.000 (1-5 tahun)

Demikianlah seputar mitos dan keunikan Goa Pindul Jogja yang kini berkembang di masyarakat. Hingga saat ini Goa Pindul Jogja masih aktif menjadi tempat wisata yang dapat dinikmati ketika liburan.

(rian adi kurniawan/nn)


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 31 JANUARI 2023 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:17 ZUHUR 12:08
ASHAR 15:29 MAGHRIB 18:19 ISYA 19:32  

Daun Media Network