Kisah Mistis Goa Sugapa Papua, Dihuni Hantu Perempuan Cantik Yang Bikin Celaka

"Konon hantu ini dapat berubah wujud menjadi perempuan yang kamu cintai."

Life | 23 January 2023, 16:00
Kisah Mistis Goa Sugapa Papua, Dihuni Hantu Perempuan Cantik Yang Bikin Celaka

Daun.id - Dari Sabang hingga Merauke, berbicara soal mistis tak akan pernah ada habisnya. Setiap tempat yang ada di Indonesia pasti memiliki kisah mistis tersendiri, kali ini mistis yang berada di tanah Papua. Berbicara soal hantu, kadang-kadang setiap daerah memiliki perbedaan masing-masing. Umumnya, hantu dikenal memiliki wajah yang menyeramkan dan menakuti siapa saja.

Tapi untuk kali ini berbeda, sahabat daun akan membahas kisah mistis hantu perempuan cantik yang menghuni Goa Sugapa Papua. Kisah ini diambil dari cerita yang berkembang di masyarakat. Konon menurut masyarakat sekitar, hantu cantik ini dapat berubah wujud menjadi orang yang dicintai. Misalnya, jika ada seorang lelaki yang diganggu hantu ini akan mengubah wujudnya menjadi istri, pacar, teman, dan lain sebagainya.

Meski orang-orang mengenal Papua memiliki kekayaan alam yang melimpah, namun dibalik itu juga menyimpan beberapa kisah mistis. Goa Sugapa merupakan salah satu goa yang berada di daerah Papua. Letaknya di pedalaman, katanya untuk bisa ke Goa Sugapa dibutuhkan perjuangan ekstra. Selain jauh, kita juga harus melewati medan yang cukup berat.

Kisah Mistis Goa Sugapa Papua

Daun.id

sumber; pexels.com

Wilayah Papua memiliki banyak pegunungan dan hutan belantara yang luas. Selain itu juga terdapat Goa yang memang jarang diketahui oleh banyak orang. Salah satunya Goa Sugapa yang konon dihuni oleh hantu perempuan cantik. Letaknya di pedalaman dan memiliki pintu masuk yang sangat kecil. Berikut kisah mistis Goa Sugapa:

1. Letak Goa Sugapa

Goa Sugapa terletak di desa Sugapa, kabupaten Intan Jaya, provinsi Papua Tengah. Desa ini masih memiliki keindahan alam yang asli dan terjaga. Kondisi alamnya, desa Sugapa dikelilingi dengan pegunungan yang ada di hutan belantara tropis. Wilayah ini juga merupakan desa terakhir sebelum sampai ke Puncak Carstensz.

Goa Sugapa juga menjadi penghubung antara desa Sugapa dan desa Ugimba. Memiliki pintu yang amat sempit, namun di dalamnya terdapat ruang yang agak luas dan cocok jadi tempat istirahat. Biasanya akan digunakan bermalam bagi masyarakat yang sedang menempuh perjalanan dari desa Sugapa ke Ugimba dan sebaliknya.

2. Hantu perempuan cantik di Goa Sugapa

Konon menurut cerita masyarakat sekitar, Goa Sugapa dihuni sosok hantu perempuan cantik. Dikutip dari detik.com, cerita ini diceritakan oleh Maximus salah satu masyarakat sekitar. "Jadi begini, para pria Ugimba yang berjalan ke Sugapa, biasanya bermalam di gua ini. Mereka tidur di sini karena lelah sehabis berburu atau berjalan. Nah kalau sudah malam, kadang mereka akan dihampiri hantu wanita cantik."

Konon menurut paparannya hantu tersebut saat mengganggu dapat berubah wujud menyerupai istri atau perempuan yang diidamkan. Hantu cantik ini biasanya akan menggoda para lelaki untuk bermesraan, hingga berhubungan badan. Masyarakat sekitar memberi pesan agar tidak mudah tergoda dengan hantu tersebut.

3. Hantu kiriman pemilik tanah adat

Bagi lelaki yang tergoda dengan hantu cantik penunggu Goa Sugapa dapat mengalami celaka. "Wanita itu datang lalu ikut masuk ke gua. Kalau sampai tidur dan bermesraan dengannya, besok paginya bisa celaka dan bisa sampai mati," penjelasan Maximus kepada jurnalis detik.

Daun.id

sumber; pexels.com

Dia menceritakan kejadian ini tanpa mengada-ada, sebab hal ini pernah dialami oleh almarhum bapaknya. Beruntung, kala itu bapaknya masih selamat dan dapat keluar dari goa itu. Selanjutnya hantu ini diyakini masyarakat sekitar merupakan kiriman dari pemilik tanah adat.

Itulah kisah mistis seputar Goa Sugapa yang ada di pedalaman Papua. Setiap mitos memiliki pelajaran yang dapat dipetik.

(rian adi kurniawan/nn)


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 31 JANUARI 2023 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:17 ZUHUR 12:08
ASHAR 15:29 MAGHRIB 18:19 ISYA 19:32  

Daun Media Network