8 Obat Sakit Gigi Geraham yang Alami hingga Medis

"Sakit gigi geraham mudah diatasi."

Life | 23 January 2023, 18:35
8 Obat Sakit Gigi Geraham yang Alami hingga Medis

Daun.id - Gigi geraham merupakan gigi-gigi yang membentuk bagian belakang mulut yang fungsinya menggiling atau menghancurkan makanan. Gigi geraham yang dikenal keras, nyatanya juga rentan pada masalah gigi. Akibat biasa dipakai mengunyah, masalah gigi geraham dapat muncul.

Adapun masalah gigi geraham yang biasa timbul sehingga memicu rasa sakit yang menyiksa. Seperti halnya sebab konsumsi makanan atau minuman yang begitu panas atau dingin, infeksi, gigi berlubang, hingga periodontitis. Berikut beberapa obat sakit gigi geraham yang alami hingga medis, yakni:

1. Daun jambu biji
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Sebuah penelitian menjelaskan bahwa daun jambu biji mempunyai sifat anti radang yang bisa menyembuhkan luka. Selain itu, daun jambu biji juga mempunyai sifat antimikroba yang bisa melindungi kesehatan gigi dan mulutmu. Cara menyembuhkan sakit gigi memakai daun jambu biji cukup mudah. Kamu dapat secara langsung mengunyah daun jambu biji segar.

Akan tetapi, kamu harus mencuci bersih daun jambu biji sebelum menguyahnya. Apabila tidak suka mengunyah daun jambu biji mentah, kamu dapat mencoba tambahkan daun jambu biji yang telah dihancurkan ke air mendidih. Kemudian, kamu dapat memaka larutan itu sebagai obat kumur.

2. Kumur dengan air garam

Mengutip dari emedicinehealth, terdapat beberapa cara alami menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit, yaitu dengan berkumur dengan air garam.Kumur dengan air garam biasa dilakukan dan direkomendasikan untuk orang yang sedang sakit gigi. Garam mempunyai sifat yang dapat menyerap air, sehingga efektif menyerap bakteri di mulut.

3. Thyme

Thyme (tanaman penyedap rasa) dengan sifat antibakteri dan antioksidan yang kuat, sehingga mampu menyembuhkan sakit gigi. Tidak hanya itu, dapat juga menghilangkan bakteri yang berperan dalam kerusakan gigi.

Kamu cukup mengencerkan minyak esensial thyme dengan minyak pembawanya, kemudian tempelkan di daerah yang sakit. Selain itu, dapat ditambahkan setetes minyak ke segelas kecil air guna menjadikan obat kumur.

4. Kompres memakai air dingin

Obat sakit gigi geraham selanjutnya adalah mengkompres menggunkan air dingin. Melansir dari Medical News Today, balut es dengan handuk lalu letakkan di area dagu dan gigi yang sakit. Kompres itu akan menjadikan pembuluh darah mengencang sehingga rasa sakit dapat berkurang. Kamu dapat melakukan cara itu sekitar 15 sampai 20 menit sebelum tidur.

5. Kantong teh peppermint
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Kantong teh peppermint menjadi bahan alami lainnya yang dapat menyembuhkan sakit gigi geraham. Caranya dengan mengatasi rasa sakit dan menenangkan gigi geraham yang sensitif. Kamu dapat membiarkan kantong teh yang telah diseduh menjadi sedikit dingin sebelum mengoleskan pada daerah gigi yang sakit.

Kamu dapat memakainya guna mendinginkan tempat yang sakit. Cukup masukkan kantong teh peppermint bekas pada freezer dalam beberapa menit, guna mendinginkannya dan letakkan kantong teh pada gigi geraham.

6. Super Green Plus SG

Obat sakit gigi Super Green Plus SG kemungkinan tidak asing didengar olehmu. Obat sakit gigi ini dapat mengatasi rasa nyeri pada gigi, akar gigi yang sensitif, gigi berlubang, dan sakit gusi.

Super Green Plus SG mempunyai bahan herbal contohnya nigella sativa (habbatussauda), murraya paniculata (kemuning), vitamin, dan berbagai jenis mineral. Obat tersebut dinilai efektif dalam mengatasi nyeri karena sakit gigi hanya dalam 1-9 menit saja, lo.

Harga: Rp. 18.000 – Rp. 35.000 (7mL)

7. Mengoleskan bawang putih

Obat sakit gigi geraham berikutnya dengan memakai bawang putih. Bawang putih mempunyai khasiat antiradang dan antibakteri. Kamu cukup menghaluskan satu siung bawang putih, kemudian aplikasikan di bagian gigi yang sakit. Apabila merasa kesulitan kamu dapat mengunyahnya secara langsung.

8. Total Care Mouthwash Eucalyptus Mint 250 ml

Total Care Mouthwash Eucalyptus Mint 250 ml adalah obat sakit gigi terakhir yang dapat digunakan. Antibacterial mouthwash yang tidak perih di mulut yang memakai teknologi CPC guna membunuh kuman dan bakteri yang terdapat di mulut.

Obat ini tidak memiliki kendungan alkohol, maka terasa nyaman dipakai. Terdapat kandungan eucalyptus dan tea tree oil dalam menekan bakteri yang menimbulkan masalah gigi dan mulut serta memberikan nafas segar.

Harga: Rp. 14.500

(pravita windi an/nn)


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 31 JANUARI 2023 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:17 ZUHUR 12:08
ASHAR 15:29 MAGHRIB 18:19 ISYA 19:32  

Daun Media Network