Kisah Mistis Sungai Mahakam, Ada Seekor Naga Hingga Buaya Pengantar Jasad Balita

"Tak seperti pada umumnya, buaya berteman dengan manusia."

Life | 23 January 2023, 19:38
Kisah Mistis Sungai Mahakam, Ada Seekor Naga Hingga Buaya Pengantar Jasad Balita

Daun.id - Sungai Mahakam ialah sungai terbesar yang ada di wilayah Kalimantan Timur. Sungai ini memiliki panjang sekitar 920 km dan melintasi kabupaten Kutai Barat, Kutai Kartanegara hingga kota Samarinda yang nantinya bermuara ke selat Makassar. Berbicara soal tempat terkadang tak bisa terlepas dari mitos.

Konon di balik panjangnya sungai Mahakam menyimpan beragam kisah mistis, sungai ini juga dikenal sungai angker oleh masyarakat setempat. Salah satu mitos yang terkenal tentang sungai ini ialah tentang adanya seekor naga yang bersemayam di dalamnya. Tak hanya itu, bahkan juga ada arwah seorang penyelam di dalamnya.

Baru-baru ini sungai Mahakam juga berhasil menyita perhatian publik, lantaran dihebohkan seekor buaya yang mengantarkan jasad balita. Kabar ini menambah suasana mistis yang menyelimuti sungai Mahakam. Beberapa kisah mistisnya akan diulas sahabat daun di bawah ini.

Kisah Mistis Sungai Mahakam

Daun.id

sumber; @dudisugandi

Kisah mistis sungai Mahakam ini telah berkembang di tengah masyarakat. Mereka meyakini di dalam sungai Mahakam hingga saat ini masih menyimpan kemistisan. Bahkan beberapa ceritanya teleh melegenda di masyarakat Kalimantan. Berikut ini kisah mistis sungai Mahakam:

1. Kisah mistis naga penghuni sungai Mahakam

Sejak zaman dahulu misteri naga di sungai Mahakam ini masih eksis dan dibicarakan banyak orang. Hingga akhirnya naga Mahakam sangat melegenda di kalangan masyarakat. Legenda dapat ditinjau dari dua sisi antara ada dan tiada. Konon pada tahun 1980, seekor naga benar-benar muncul ke permukaan Sungai Mahakam pada tengah malam.

Konon pada saat itu, wujud naga ini benar-benar dapat dilihat oleh masyarakat sekitar. Saat itu mata naga terlihat sangat terang, dan memiliki tubuh yang sangat besar sekali. Sejak saat itu penduduk setempat menjadi panik setelah mendengar kabar kemunculan naga. Hingga kini cerita ini menjadi legenda di tengah masyarakat.

2. Kisah mistis arwah penyelam gentayangan

Kisah mistis selanjutnya bermula pada saat itu ada orang tenggelam ke dasar sungai. Guna pencarian korban, pada saat itu diterjunkannya penyelam ke dasar sungai Mahakam. Naasnya saat melakukan penyelaman, ada salah satu penyelam yang gugur di dasar sungai Mahakam.

Dengan adanya kejadian ini, kemudian muncul kisah mistis di tengah masyarakat. Hingga saat masyarakat menganggap keberadaan arwah penyelam masih gentayangan. Bahkan bisa menampakkan wujudnya ke para pengunjung sungai Mahakam.

3. Buaya pengantar jasad balita

Baru-baru ini heboh di jagad media sosial seekor buaya Mahakam mengantar jasad balita yang tenggelam. Seakan menambah aura misteri sungai Mahakam. Namun ternyata buaya ini sudah sering membantu masyarakat dalam mencari jasad yang tenggelam di sungai itu. Dalam video yang beredar, tampak seekor buaya sedang mengantarkan jasad balita bernama Muhammad Ziyad Wijaya yang tenggelam pada Kamis 19/01/2023.

Daun.id

sumber; @organizerluvisa

Buaya yang umumnya dikenal buas, justru pada saat itu sangat menjadi penurut. Bahkan dengan suka rela menyerahkan jasad balita kepada keluarganya. Dikutip dari miftah's TV “warga setempat sering memberi makan buaya yang ada disekitar sungai, itu sebagai imbal balik hewan kepada manusia.“ Penjelasan Amir Maruf. 

Menurut Amir, kejadian ini merupakan kearifan lokal yang dimiliki oleh orang Dayak. Mereka yang sudah terbiasa berinteraksi dengan binatang melata. ”Buaya yang ada disungai sering diberi makanan oleh warga sekitar yang tinggal dipinggir sungai Mahakam, sehingga jasad balita itu, dianggap bukan makananya," imbuhnya.

Itulah beberapa kisah mistis dan misteri seputar sungai Mahakam. Kisah-kisah tersebut hingga saat ini masih berkembang dan melegenda di tengah masyarakat.

(rian adi kurniawan/nn)


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 31 JANUARI 2023 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:17 ZUHUR 12:08
ASHAR 15:29 MAGHRIB 18:19 ISYA 19:32  

Daun Media Network