Tak Hanya Ulama, Kisah KH Wahab Chasbullah Mendirikan Klub Sepakbola di Jombang

"Beliau juga penggemar olahraga"

Life | 24 January 2023, 13:27
Tak Hanya Ulama, Kisah KH Wahab Chasbullah Mendirikan Klub Sepakbola di Jombang

Daun.id - Nama KH Abdul Wahab Chasbullah sebagai seorang ulama dan kiai khos di negeri ini rasanya sudah diakui banyak kalangan. Perannya sejak zaman kemerdekaan dalam dunia pendidikan dan juga perjuangan memerdekakan negara sudah tak perlu diragukan lagi.

Kai asal Jombang itu juga menjadi salah satu pentolan sekaligus pengerak Nahdlatul Ulama (NU). Beliau akrab disapa dengan nama Mbah Wahab. Selain mempunyai ilmu yang luas dan uga dalam tentang agama, beliau juga menguasi ilmu politik.

Daun.id

Youtube Aswaja Tube

Namun siapa sangka, Mbah Wahab yang selama ini dikenal sebagai ulama dan ahli berpolitik itu ternyata juga penggemar olahraga, terutama sepakbola.

Hal ini dibuktikan bahwa Mbah Wahab adalah pendiri dan pemilik klub sepakbola ternama di Kabupaten Jombang.

1. Mbah Wahab Mendirikan Klub Sepakbola Himpunan Muslimin (HM)

Saksi sejarah sepak terjang Mbah Wahab  ini diceritakan oleh Kang Rozi dan Dulmanan. Dua orang ini merupakan pemain sepakbola di klub yang didirikan oleh KH Wahab Chasbulloh. Di era tahun 1950an, warga Desa Tambakberas dan Santri Pondok Pesantren Bahrul Ulum diarahkan untuk giat dalam olahraga.

Nama yang digunakan pertama kali untuk klub tersebut adalah Himpunan Muslimin (HM). Kemudian, oleh Mbah Wahab klub tersebut diganti dengan nama Harimau (HM). Kemudian klub ini berganti nama menjadi Harapan Muda (HM) dan sampai sekarang klub sepakbola tersebut masih eksis dengan nama Persatuan Sepakbola Harapa Muda yang berkantor di Lapangan Tambakberas, Kecamatan Jombang. Tepatnya, sebelah utara Pondok Pesantren Bahrul Ulum, Jombang.

Daun.id

Youtube Aswaja Tube

Kisah ini ditulis ulang oleh Farid Alfarisi, dilansir dari Tambakberas.com. Saat itu, saksi sejarah yang bernama kang Rozi berada di posisi sebagai pemain klub Harapan Muda di era tahun 1963 dan Dulmanan di posisi Kiper. Ada lagi Mbah Romli dan Mbah Pagi yang merupakan pengurus klub sepakbola bentukkan Mbah Wahab itu. Sayangnya, Mbah Romli dan Mbah Pagi sudah meninggal beberapa tahun lalu.

Dari penuturan Kang Rozi, Klub HM sangat kuat dan sulit bagi lawan-lawannya untuk mengalahkannya. Ia masing ingat ketika pertandingan klub HM melawan Club HW (salah satu klub sepakbola milik Ormas Muhammadiyah).  Kedua Klub ini memang sering bertandig meski hanya untuk laga uji coba bahkan juga bertemu dalam pertandingan resmi.

2. Sebutir Kerikil dari Mbah Wahab di Pertandingan Sepakbola

Kembali ke cerita pertandingan antara HM dan HW. Pertandingan kedua klub ini digelar di Lapangan Desa Pulo Lor, Kecamatan Jombang yang notabene adalah kandang dari Klub HW.

Daun.id

Youtube Aswaja Tube

Sebelum pertandingan berakhir, salah satu offical bernama Mat Badal diminta pulang ke Tambakberas untuk menemui Mbah Wahab dan menceritakan pertandingan yang berlangsung saat itu. Sekembalinya dari bertemu Mbah Wahab, Mat Badal kembali ke Lapangan Pulo Lor. Saat itu, Mat Badal diberi oleh Mbah Wahab sebutir kerikil untuk dilemparkan ke lapangan tempat pertandingan.

3. Kejaiban saat Pertandingan Sepakbola

Singkat cerita, setelah kerikil dilempar, HM pun bisa membobol gawang HW. Keanehan pun terjadi, saat ditendang menjebol gawang HW, tiba-tiba bola tersebut meletus. Kejadian aneh itu, boleh percaya atau tidak.

"Boleh ditanyakan kepada saksi dan kiper HM pada waktu itu yaitu Dul mannan yang sampai sekarang masih hidup mudah-mudahan  tidak pikun (sakit ingatan karena usia) pertandingan begitu ketat dan hasil akhir pertandingan itu dimenangkan oleh HM dengan skor 0-1 . Yg tidak kalah menarik dari pertandingan itu adalah begitu bersahabatnya kedua tim HW dan HM," tutur Kang Rozi.

Daun.id

Youtube Aswaja Tube

(abdul mufid/nf)


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 31 JANUARI 2023 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:17 ZUHUR 12:08
ASHAR 15:29 MAGHRIB 18:19 ISYA 19:32  

Daun Media Network