Naskah Proklamasi RI Ternyata Ditulis dengan Mesin Ketik Pinjaman Tentara Jerman, Ini Faktanya

"Penuh perjuangan"

Life | 24 January 2023, 17:35
Naskah Proklamasi RI Ternyata Ditulis dengan Mesin Ketik Pinjaman Tentara Jerman, Ini Faktanya

Daun.id - 17 Agustus 1945 menjadi tanggal yang sangat bersejarah bagi rakyat Indonesia. Karena di hari itulah teks proklamasi kemerdekaan RI dikumandangkan oleh Sokearno Hatta di jalan Pegangsaan Timur 56 Jakarta.

Naskah proklamasi RI itu menjadi pengantar sekaligus penanda jika Negara Indonesia secara resmi sudah merdeka dari para penjajah. Ada banyak tokoh baik langsung maupun tidak yang sangat berjasa dalam perumusan teks proklamasi kemerdekaan RI yang disusun di rumah Laksamana Muda Maeda itu.

Salah satunya adalah di mana naskah teks proklamasi yang ditulis oleh Bung Karno itu ditulis di selembar kertas block dengan lembarannya bergaris-garis biru.

Sementara itu Moh Hatta dan Ahmad Soebardjo menyumbangkan pikiran secara lisan. Kalimat pertama dari teks Proklamasi merupakan saran Ahmad Soebardjo yang diambil dari rumusan Dokuritsu Junbi Cosakai, sedangkan kalimat terakhir merupakan sumbangan pikiran Mohammad Hatta.

1.Menu Sahur di Bulan Ramadan

Ternyata, pembacaan naskah proklamasi RI kala itu bertepatan dengan bulan puasa ramadan. Dan Laksaman Maeda sendiri sebelum beranjak ke lantai dua rumahnya, sempat berpesan kepada para stafnya agar menjamu tamu-tamu beliau.

Daun.id

anri.go.id

Nyatanya, hal itu diterjemahkan dengan baik oleh Satsuki Mishima (Kepala Staf Bagian Rumah Tangga Maeda). Seperti dilansir dalam harian Pos Kota terbitan 18 Agustus 1984, ia yang mengetahui sebagian besar peserta rapat adalah muslim yang akan menjalankan ibadah puasa, berinisiatif membuatkan menu makan sahur berupa nasi goreng, disertai beberapa menu lain berupa ikan sarden, telur dan roti.

2. Meminjam Mesin Ketik Komandan Angkatan Laut Jerman

Kita pasti sudah sangat hafal dengan nama pengetik naskah proklamasi kemerdekaan. Ya, Sayuti Melik dialah pengetik naskah yang telah dikonsep oleh Bung Karno, Bung Hatta dan Ahmad Soebardjo itu.

Namun, siapa sangka saat itu, penulisan naskah kemerdekaan RI yang dilangsungkan di rumah Laksamana Maeda itu adanya mesik ketik huruf kanji/Jepang.

Menurut Arsip Nasional RI,  adalah Satsuki Mishima,  seorang sekretaris urusan rumah tangga di rumah Maeda, saat itu berinisiatif meminjam mesin ketik buatan Jerman yang dipinjamkan dari Komandan Angkatan Laut Jerman (Kriegsmarine) Kolonel Kandeler, yang berkantor di Gedung KPM (sekarang Pertamina) di Koningsplein (Medan Merdeka Timur).

Daun.id

anri.go.id

Hingga akhirnya, Sayuti Melik pun bisa mengetik naskah proklamasi itu dengan huruf latin dan paginya dibacakan oleh Bung Karno. 

(abdul mufid/nf)


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 31 JANUARI 2023 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:17 ZUHUR 12:08
ASHAR 15:29 MAGHRIB 18:19 ISYA 19:32  

Daun Media Network