Fakta Unik Ko Panyi, Desa Terapung Mayoritas Muslim di Thailand Didirikan Nelayan Jawa

"Dikelilingi batuan kapur besar dan tinggi"

Life | 25 January 2023, 12:28
Fakta Unik Ko Panyi, Desa Terapung Mayoritas Muslim di Thailand Didirikan Nelayan Jawa

Thailand yang umumnya memiliki mayoritas penduduk beragama Buddha, nyatanya memiliki desa yang bernama Ko Panyi yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Desa ini juga unik karena berbeda dari yang lain. Ingin tahu keunikannya? yuk intip.

Desa Terapung

Daun.id

Sumber: @gaspardvisuals

Provinsi Phang Nga, Thailand, terdapat sebuah pulau yang berdiri sebuah desa terapung bernama Ko Panyi. Desa tersebut cukup unik, sebab jika biasanya Desa identik dengan jalan dan perumahan, berbeda dengan Ko Panyi yang dulunya terapung di atas kapal.

Kini Ko Panyi telah memiliki banyak rumah penduduk dan juga memiliki fasilitas umum seperti sekolahan, pasarm masjid, toko, lapangan sepakbola dan lainnya.

Ko Panyi juga menjadi desa tersembunyi karena letaknya berada di sebuah teluk Selatan Thailand dan didampingi oleh batuan kapur yang sangat besar dan tinggi.

Desa Wisata

Daun.id

Sumber: @dunya.yilesfet

Ko Panyi juga menjadi desa wisata di Thailand. Desa unik ini menyuguhkan pemandangan yang unik dan berbeda dari desa yang lain. Masyarakatnya juga ramah terhadap wisatawan.

Mayoritas Islam

Daun.id

Sumber: @eko_nurcahyo

Desa Ko Panyi merupakan salah satu tempat di Thailand dengan penduduknya mayoritas Islam. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya masjid yang berdiri kokoh di Desa Ko Panyi.

Didirikan Nelayan Jawa

Daun.id

Sumber: @nialfulton

Desa dengan mayoritas penduduk beragama Islam di Thailand ini ternyata menurut sejarah dibangun oleh keluarga keturunan Jawa dari Indonesia yang bernama Toh Babo pada abad ke-18.

Pada waktu tersebut, Thailand melarang seluruh orang asing untuk memiliki tanah di Thailand. Toh Babo akhirnya berlayar ke bagian utara Thailand untuk mencari tempat tinggal.

Setelah berlayar, Toh Babo akhirnya menemukan sebuah pulau terpencil dan membangun sebuah desa di pulau tersebut. Pulau tersebt kini dikenal bernama Ko Panyi

(fahrul hikami/i)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 26 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya