Fakta Unik Desa Pabuaran di Bogor, Jadi Percontohan Toleransi Agama

"Perbedaan menjadi kekuatan"

Life | 25 January 2023, 13:59
Fakta Unik Desa Pabuaran di Bogor, Jadi Percontohan Toleransi Agama

Indonesia memiliki banyak sekali budaya, suku, adat, dan agama. Meski memiliki banyak perbedaan, Indonesia telah sukses mencerminkan jika nilai toleransi dapat diterapkan di kehidupan masyarakat.

Salah satu desa yang patut menjadi contoh teleransi dari berbagai perbedaan yakni Desa Pabuaran, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. Desa ini menjadi cerminan indahnya tolernasi di Indonesia.

Desa percontohan

Daun.id

Sumber: jabarprov

Pemerintah Kabupaten Bogor menjadikan Desa Pabuaran sebagai desa percontohan dalam hal toleransi umat beragama. Tak hanya itu, Desa Pabuaran juga telah dicanangkan sebagai Desa Kerukunan Masyarakat pada tahun 2021 lalu oleh pemerintah Kabupaten Bogor.

Perbedaan adalah kekayaan

Perbedaan dalam menganut kepercayaan beragama merupakan seuah kekayaan yang dapat menguatkan bangsa Indonesia yang jarang dimiliki oleh bangsa-bangsa yang lain. Dengan sejarah panjang bangsa Indonesia membuktikan jika mampu menyelesaikan masalah dengan kekuatan dari keberagaman.

Wujud kebersamaan

Daun.id

Sumber: bogorkab

Kerukunan dan rasa toleransi yang tercipta di Desa Pabuaran, Bogor diklaim sebagai wujud dari kebersamaan yang telah dijaga dan dirawat sejak puluhan tahun lalu. Meski telah lama membina rasa tolernasi, desa ini sukses menjadi cerminan desa toleransi di Indonesia.

Indahnya toleransi beragama

Meski memiliki keyakinan beragama yang berbeda-beda, nyatanya di Desa Pabuaran dapat hidup harmonis berdampingan. Warganya juga saling menolong antar sesama umat beragama tanpa memikirkan dan memperdebatkan perbedaan. Sebab dengan adanya perbedaan, maka akan menjadi lebih kuat. 

(fahrul hikami/i)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 20 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:27 SUBUH 04:37 DUHA 06:15 ZUHUR 11:54
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:52 ISYA 19:02  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Taurus akan mengalami perubahan positif dalam hubungan percintaan. Jika sudah memiliki pasangan, hubungan akan semakin harmonis. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya