Kisah Kesederhanaan Menteri Ir. Sutami di Era Soekarno, Rumah Cicilan dan Tak Mampu Bayar Listrik

"Susah mencari sosok menteri seperti Ir. Sutami"

Life | 25 January 2023, 16:00
Kisah Kesederhanaan Menteri Ir. Sutami di Era Soekarno, Rumah Cicilan dan Tak Mampu Bayar Listrik

Daun.id - Ir. Sutami, barangkali nama barusan tidak setenar dengan nama Ir. Soekarno atau Drs. Moh. Hatta. Dia adalah seorang menteri yang begitu dihormati dan dikenal jujur dan anti korupsi pada masa pemerintahan Presiden Soekarno dan Soeharto.

Di kalangan para pejabat kenegaraan, pria asal Jawa Tengah itu dikenal sebagai sosok yang bersahaja dan sangat sederhana. Ir. Sutami menjabat sebagai menteri Pekerjaan Umum  dan Tenaga Listrik di era Sokarno dan Soeharto selama tak kurang 14 tahun.

Meski menjadi pejabat di posisi menteri, namun itu rupanya tak menjamin kemapanan kehidupan Ir. Sutami. Terbukti semasa ia hidup dan menjabat sebagai menteru PU, dirinya tetap hidup sederhana bahkan tak mau menggunakan fasilitas yang diberikan negara secara berlebihan.

Bahkan di satu sisi, kehidupan Ir. Sutami kala menjabat sebagai menteri terkesan begitu memprihatinkan. Itu terlihat dari huniannya yang sederhana dan juga kisah tentang bagaimana PLN mencabut listrik karena tak mampu bayar listrik.

1. Rumah Menteri Ir. Sutami Bocor saat Hujan

Mungkin saat ini, tak ada lagi rumah pejabat negara sekaliber menteri yang tampaknya sederhana palagi sampai bocor di kala hujan. Lain halnya dengan rumah menteri Ir. Sutami kala itu. Cerita ini ditulis oleh  Hendropranoto Suselo, Staf Ahli Menteri PU, dalam Edisi Khusus 20 Tahun Majalah Prisma yang diterbitkan LP3ES (1991).

Daun.id

Youtube Heraldy Septarianto

Hendroparanoto menulis, saat Lebaran tiba, rumah Sutami ramai dikunjungi tamu. Bukannya takjub karena mendatangi rumah menteri yang pada umumnya serba berkecukupan bahkan cenderung mewah, para tamu justru dibuat kaget. Sebab mereka melihat ke atap dan banyak bekas bocor pada langit-langit rumah Sutami. Rupanya sudah lama atap rumah Sutami bocor.

2. Rumahnya Dibeli dengan Cicilan.

Untuk sekaliber menteri, mungkin membeli sebuah hunian yang cukup baik dengan dana cash adalah perkara mudah. Namun tidak halnya dengan Ir. Sutami. Melansir dari kompas.com, menerangkan jika rumah Ir. Sutami yang terletak di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, dibeli dengan cara mencicil. Saat akan memasuki masa pensiun, rumah itu barulah berhasil dilunasi.

Daun.id

Youtube Monday TV

Bisa kita saksikan sederhananya menteri yang disukai oleh Ir. Soekarno dan Soeharto itu. Maka, ada sebuah sebutan yang pernah melekat padanya kala itu yakni Menteri Termiskin.

3. Tak Mampu Bayar Listrik

Pria kelahiran 19 Oktober 1928 itu juga dikenal sebagai menteri yang anti kemapanan. Dia memang sengaja tak menggunakan fasilitas yang diberkian negara secara berlebihan. Setelah rumah bocor dan dibeli dengan cara angsur, rupanya PLN pernah mencabut aliran listrik di rumahnya lantaran tak mampu bayar listrik.

Daun.id

Youtube Heraldy Septarianto

Ini terjadi di kediaman pribadi Sutami yang ada di Kota Surakarta. Bukan lagi perkara sederhana, Sutami ketika itu memang sempat kekurangan uang, sehingga ia terlambat membayar tagihan listrik yang harus ia bayar. Alhasil PLN pun melakukan pencabutan layanan sementara untuk kediaman Sutami.

4. Torehan Prestasi Ir. Sutami

Ir. Sutami kala itu adalah menteri yang menjabat sesuai dengan ilmu yang ia kuasai. Ia lulus sarjana teknik di ITB. Selain kehidupannya yang sederhana dan sangat bersahaja itu, ia ternyata tetap menteri yang menjalankan tugas-tugasnya dengan baik.

Salah satu hasil pikiranya adalah Kubah Gedung MPR/DPR berwarna hijau yang masih dipertahankan hingga saat ini. Sebelumnya, atap gedung legislatif itu berbentuk kubah murni. Namun, Sutami mengingatkan bahwa hal itu akan memunculkan masalah serius.

Daun.id

Youtube Heraldy Septarianto

Alasannya, perkara atap ini menyangkut pemerataan penyaluran beban gaya vertikal ke tiang-tiang penopang kubah. Ia pun membuat sketsa dan perhitungan teknisnya dan jadilah kubah Gedung MPR/DPR yang kita saksikan sekarang

(abdul mufid/nf)


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 31 JANUARI 2023 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:17 ZUHUR 12:08
ASHAR 15:29 MAGHRIB 18:19 ISYA 19:32  

Daun Media Network