Kisah Mistis Bekas Pabrik Gula Sidoarjo, Penampakan Noni Belanda Hingga Kecelakaan Tak Wajar

"Tempat ini angkernya bukan main, paranormal lari terbirit-birit."

Life | 25 January 2023, 16:13
Kisah Mistis Bekas Pabrik Gula Sidoarjo, Penampakan Noni Belanda Hingga Kecelakaan Tak Wajar

Daun.id - Sejak terjadinya semburan lumpur Lapindo, kabupaten Sidoarjo berhasil menjadi sorotan publik. Semburan ini terjadi di wilayah Porong Sidoarjo, Jawa Timur. Di daerah ini juga telah berdiri beragam industri dengan beragam jenis. Berjalannya waktu beberapa pabrik di Sidoarjo terbengkalai dan tak terawat lagi. Hingga menimbulkan suasana angker di sekitarnya.

Salah satunya ialah bekas pabrik gula Sidoarjo yang beroperasi sejak masa penjajahan Belanda. Keberadaan bangunan ini terletak di Jalan Raya Tanggulangin, dari arah Surabaya-Malang. Namun pasca kemerdekaan, pabrik ini disulap menjadii pabrik tekstil. Hingga akhirnya pada saat terjadi krisis moneter tahun 1999, pabrik ini tak lagi beroperasi.

Lama tak dioperasikan, bangunan bekas pabrik gula dan tekstil ini terbengkalai dan tak terawat. Sehingga tampak rimbun dan kumuh menyelimuti bekas pabrik ini. Kondisi ini pun memicu beredarnya kisah mistis yang sering terjadi di sekitarnya. Konon ada penampakan seorang Noni Belanda yang menghantui masyarakat sekitar.

Kisah Mistis Bekas Pabrik Gula Sidoarjo

Daun.id

Youtube; Sobat Asik

Lama tak beroperasi membuat pabrik gula di Sidoarjo ini tak lagi dikunjungi orang. Bahkan, kondisinya tak terawat dan dindingnya tampak kumuh. Berikut ini kisah mistis bekas pabrik gula Sidoarjo:

1. Penampakan hatu Noni Belanda di Pabrik Gula Sidoarjo

Berawal dari warga sekitar yang menceritakan kisah mistis tentang bekas pabrik Gula. Sebut saja Samsul, ia seringkali mendengar cerita tentang sosok hantu Noni Belanda yang muncul di sekitar pabrik. Cerita ini ia dengar dari masyarakat yang ada di sekitar. Dikutip dari detik.com, kira-kira seperti berikut;

"Saya tidak pernah melihat sendiri mahkluk halus penghuni bangunan itu. Namun warga desa lain pernah cerita, bahwa dirinya pada malam hari melihat ada belasan orang Belanda yang duduk-duduk dan ngobrol di ruang depan bangunan itu. Sehingga dia lari berbirit-birit," kata Syamsul di Sidoarjo, Jumat (26/3/2021).

Menurutnya keanehan ini biasanya akan terjadi pada malam Jumat legi. Konon yang sering melihat itu merupakan pendatang, dengan sengaja ingin mengungkap kisah bangunan ini. Ia melanjutkan ceritanya, dari bangunan bekas pabrik gula ini juga sempat melihat ulasr besar. Bahkan ada salah satu penjuaal minuman mengalami kesurupan karena tidak tutup saat maghrib.

2. Kecelakaan Tak Wajar di sekitar pabrik gula

Selain menyuguhkan kisah mistis, bekas pabrik gula ini juga pernah terjadi kecelakaan yang tak wajar. Hal ini diceritakan oleh Gufron yang juga seorang warga sekitar. Seperti dilansir dari detik.com, ia menceritakan seperti berikut;

"Saat korban kecelakaan itu sudah sadar. Kemudian ditanyakan apa penyebab kecelakaan itu. Mereka rata-rata mengaku sampai di lokasi itu, tiba-tiba jalan tertutup kabut. Kemudian mereka berusaha menghindari kabut, eh ternyata malah menabrak pembatas jalan akhirnya truk terguling," terangnya.

Rata-rata orang yang mengalami kecelakaan di lokasi tersebut mengaku melihat kabut yang menghalangi. Kemudian mencoba untuk mengindar, namun malah menabrak pembatas jalan. Tau-tau akhirnya sudah terjadi truk terguling, hal ini diakui para korban saat ditanya setelaah tersadar.

3. Paranormal lari ketakutan

Tak hanya membuat orang biasa saja yang mengalami kisah mistis di sekitar pabrik bekas gula. Bahkan ada cerita, seorang paranormal lari terbirit-birit setelah masuk ke bangunan ini. Hal ini diceritakan oleh satpam yang masih berjaga di bekas pabrik gula. Saat itu sang satpam dijanjikan paranormal uang 40 juta ketika diizinkan masuk.

Dengan penuh gaya paranormal ini masuk dengan kepentingan ingin mengambil penunggu yang ada di pabrik tersebut. Lucunya, bukannya berhasil justru paranormal itu lari ketakutan. ’’Penunggu itu marah. Malah balik minta tumbal satu orang sebagai gantinya. Sudah minta tumbal, satpam nggak dapat uang yang dijanjikan,’’ jelas satpam.

Kini akses masuk ke pabrik itu dijaga satpam dan tiada yang boleh memasukinya. Itulah kisah seram yang menyelimuti bekas pabrik gula di Sidoarjo. Hingga kini kisah mistis masih terus berkembang di tengah masyarakat.

(rian adi kurniawan/nn)


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 31 JANUARI 2023 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:17 ZUHUR 12:08
ASHAR 15:29 MAGHRIB 18:19 ISYA 19:32  

Daun Media Network