Obat Radang Tenggorokan Akibat Virus, Pahami Kandungannya

"simak yuk ulasannya"

Life | 26 January 2023, 08:02
Obat Radang Tenggorokan Akibat Virus, Pahami Kandungannya

Daun.id - Salah satu sakit yang umum dialami orang lainnya adalah radang tenggorokan. Sakit ini biasa dikenal orang-orang sebagai tanda-tanda akan demam. Karena disertai rasa nyeri dan serak saat dibuat untuk melakukan makan, serta saat berbicara.

Berbagai macam sebab terjadinya radang tenggorokan ini sendiri. Mulai dari makanan, faktor keadaan cuaca yang berubah-ubah, hingga alasan lainnya yang masuk akal adalah karena virus itu sendiri.

Salah satu virus itu di antaranya, yaitu influenza, mononukleosis, cacar air, dan virus Corona. Terlebih virus corona yang sangat ramai menjadi masalah utama, selama kurang lebih dua tahun terakhir ini.

Juga sebab lainnya yang umum dan lumrah menyebabkan radang tenggorokan adalah sebagai berikut:
- Batuk dan pilek yang menyebabkan tenggorokan teriritasi
- Alergi
- Merokok
- Difteri (infeksi bakteri pada hidung dan tenggorokan)
- Infeksi bakteri, misalnya bakteri Streprokokus dan difteri

Obat yang bisa dikonsumsi untuk atasi radang tenggorokan ini juga berbagai macam. Mulai dari yang alami hingga yang bisa dibeli di apotek juga langsung berkonsultasi ke dokter. Serta diberikan obat atas rekomendasi dari dokter itu sendiri. Di antaranya obat yang terbukti bisa membantu mengatasi radang tenggorokan adalah sebagai berikut. Yuk simak:
Daun.id

sanexon

1. Sanexon
Sanexon tablet obat radang tenggorokan yang juga sangat umum digunakan. Umumnya digunakan untuk jangka pendek. Radang tenggorokan/bronkial atau bronkitis akut terjadi karena berbagai penyakit saluran pernafasan. Bisa juga digunakan dalam pengobatan arthritis (rematik).

Obat ini kerap diresepkan pada pasien radang sendi radang saluran pernapasan kolitis ulseratif (peradangan pada usus besar dan bagian akhir usus besar yang tersambung ke anus) sindrom nefrotik penyakit kulit dan lupus erythematosus.

Sanexon juga dapat digunakan untuk menekan respons imun setelah transplantasi; membantu dalam pengobatan dengan agen sitostatik (merawat kanker) atau radioterapi; terapi peralihan pada insufisiensi adrenokortikal primer dan setelah adrenalektomi.

Mengandung methylprednisolone merupakan golongan obat kortikosteroid yang biasanya digunakan untuk mengurangi inflamasi (pembengkakan) dan menekan respons sistem imun.

2. Dexamethasone
Adalah salah obat anti inflamasi golongan kortikosteroid yang berperan dalam mengurangi atau menekan proses peradangan dan alergi yang terjadi pada tubuh. Obat ini bekerja dengan cara menstabilkan membran lisosom leukosit, sehingga pelepasan hidrolase asam yang merusak leukosit dapat dicegah.

Kortikosteroid merupakan obat dengan kandungan zat steroid yang digunakan untuk mencegah atau mengendalikan peradangan.

Dexaharsen tablet merupakan obat keras yang memerlukan resep dokter. Walau kategori obat keras. Obat ini juga memiliki fungsi sebagai berikut:

- Meredakan peradangan
- Membantu mengatasi penyakit autoimun
- Meringankan alergi
- Mengatasi peradangan sendi (arthritis), seperti rheumatoid arthritis
- Membantu mengatasi penyakit trombositopenia idiopatik, yaitu kondisi yang membuat tubuh mudah memar dan berdarah karena penurunan jumlah keping darah atau trombosit

Kandungan zat aktif dexamethasone bekerja dengan cara menstabilkan membran lisosom leukosit, sehingga pelepasan hidrolase asam yang merusak leukosit dapat dicegah. Hal tersebut akan membantu mengurangi gejala peradangan di tubuh.
Daun.id

lameson

3. Lameson
Adalah obat yang digunakan untuk terapi supresi inflamasi (peradangan) dan untuk menangani gatal-gatal, kemerahan, dan kekeringan pada kulit, pada beberapa individu dapat mengobati sariawan pada mulut.

Lameson mengandung zat aktif Metilprednisolon yaitu golongan obat kortikosteroid yang dapat mengurangi reaksi inflamasi (gatal-gatal, kemerahan, dll) dengan mencegah pelepasan enzim hidrolase yang sifatnya asam dan destruktif dari sel darah putih sehingga dapat menurunkan permeabilitas dinding kapiler dan pembentukan edema. Sebagai antagonis dari aktivitas histamin penyebab alergi dan melepaskan kinin dari substrat kemudian melakukan pembentukan jaringan parut yang baru.

(alvain shinta/n)


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 31 JANUARI 2023 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:17 ZUHUR 12:08
ASHAR 15:29 MAGHRIB 18:19 ISYA 19:32  

Daun Media Network