Fakta Kota Alexandria Mesir, Pusat Ilmu Pengetahuan hingga Kisah Cinta Sang Ratu

"Penuh sejarah"

Life | 26 January 2023, 16:50
Fakta Kota Alexandria Mesir, Pusat Ilmu Pengetahuan hingga Kisah Cinta Sang Ratu

Kota tua yang berada di Mesir yang bernama Alexandria menyimpan sejumlah sejarah yang belum banyak diketahui. Kota yang dibangun oleh Iskandar Zulkarnain dari Romawi pada tahun 332 SM ini pernah menjadi ibukota Mesir selama 1.000 tahun.

Kota terbesar di dunia

Sejarah kota Alexandria mengungkap jika kota ini merupakan pernah menjadi kota terbesar di dunia pada masanya. Dengan hal tersebut membuat kota ini dilirik oleh para sarjana, matematikawan, sejarawan, ilmuan, dan filsuf. Maka tak heran jika kota ini memiliki karya-karya besar yang menjadi keilmuan modern seperti sekarang.

Menyapu bersih Mesir

Iskandar Zulkarnain atau biasa dikenal Alexander Agung sukses meyapu bersih mesir dengan pasukan besarnya setelah sebelumnya juga sukses menaklukkan Suriah pada 332 SM. Namun hanya berselang waktu satu bulan, Alexander Agung meninggalkan kota tersebut untuk melanjutkan ekspansinya.

Perpustakaan tertua

Daun.id

Sumber: @expoegypt

Menjadi kota tua di Mesir pastinya menyimpan berbagai jejak sejarah. Salah satunya yakni terdapatnya perpustakaan tertua di dunia. Peninggalan sejarah ini sangat mengagumkan yang berada di kota Alexandria. Diketahui perpustakaan tersebut didirikan oleh Ptolemi I yang merupakan penguasa panglima militer yang mencintai ilmu pada tahun 323 SM.

Menghadirkan ilmuan besar

Daun.id

Sumber: @egy_onstreet

Kota Alexandria juga merupakan tempat bersejarah bagi ilmuan besar yang telah menciptakan dasar pengetahuan seperti Archimedes, Erathistenes, dan Euclides. Para ilmuan tersebut juga menghabiskan sebagian hidupnya di kota Alexandria.

Saksi bisu kisah cinta ratu mesir

Daun.id

Sumber: @heshamatty

Kota Alexandria yang juga disebut sebagai kota ilmu pengetahuan ini bukan hanya sebagai bukti terciptanya dasar pengetahuan namun juga meyimpan sejarah asmara. Alexandria menjadi saksi bisu dari kisah cinta antara Ratu Mesir yakni Cleopatra yang cantiknya melegenda dengan Julius Caesar.

Bentrok agama

Alexandria juga sempat menjadi sorotan dan terkenal karena pernah terjadi perselisihan hingga mengakibatkan terjadinya bentrok dari kepercayaan Pagan, Yahudi dan Kristen. Terjadinya bentrok tersebut setelah kebangkitan agama Kristen pada abat ke-4 dan ke-5 M.

Kemegahan yang hilang

Daun.id

Sumber: @heshamatty

Pada abad ke-16, sebagian kota mengalami periode yang sulit dan berkepanjangan karena adanya penyakit endemik dan kelalaian. Hingga pada akhirnya pada abad ke-18, sebagian dari kemegahan kota Alexandria lenyap. Hancurnya kemegahan Alexandria setelah saat pasukan Prancis menginvasi Mesir pada tahun 1987.

(fahrul hikami/i)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 26 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya