Kisah Mistis Rowo Bayu Banyuwangi, Dihuni Makhluk Raksasa Berambut Api

"Selain raksasa rambut api, ternyata juga dihuni makhluk gaib lainnya."

Life | 26 January 2023, 13:39
Kisah Mistis Rowo Bayu Banyuwangi, Dihuni Makhluk Raksasa Berambut Api

Banyuwangi, Jawa Timur seringkali dikenal dengan sebutan The Sunrise of Java. Tak hanya menawarkan keindahan alam, namun juga kental dengan kisah mistisnya. Salah satunya kisah mistis Rowo Bayu Banyuwangi, yang konon dihuni makhluk mengerikan.

Selain itu Banyuwangi juga sempat viral lantaran fenomena sosial KKN Desa Penari yang menghebohkan jagat maya. Kisah mistis Rowo Bayu, menurut para netizen ini mirip dengan lokasi KKN Desa Penari. Konon di tempat ini pula juga terdapat makhluk halus.

Kabupaten Banyuwangi ini merupakan daerah yang berada paling ujung timur pulau Jawa. Sehingga jaraknya sangat dekat dengan Pulau Dewata, cukup menyebrang laut beberapa jam saja. Salah satu tempat yang berhasil menjadi perbincangan publik ialah Rowo Bayu. Dikenal memiliki beberapa kisah mistis menyeramkan.

Keindahan alam Rowo Bayu tak dapat dipungkiri yang hingga kini masih menarik minat pengunjung. Meski tempat ini belum diketahui oleh banyak orang, letaknya berada di kawasan Hutan Petak 8. Hawa kesejukan di sekitarnya dapat memanjakan para pengunjung.

Kisah Mistis Rowo Bayu Banyuwangi

Daun.id

Sumber; @venturelucky

Kisah Mistis Rowo Bayu Banyuwangi hingga saat ini masih berkembang di tengah masyarakat. Menurut warga sekitar, ada beberapa kisah mistis di tempat ini yang selalu menjadi perbincangan.

Dari beberapa sumber, menyebutkan Rowo Bayu memiliki kaitan dengan masa Kerajaan Banyuwangi. Salah satu sosok yang masih diingat ialah Prabu Tawang Alun. Lebih lengkapnya, berikut ini kisah mistis Rowo Bayu:

1. Asal-usul Rowo Bayu

Konon dahulu kala pada masa Kerajaan Banyuwangi terkenal sosok dengan nama Prabu Tawang Alun. Ia merrupakan putra tertua Raja Banyuwangi, yang ditunjuk sang ayah untuk melanjutkan Tahta kerajaan. Terjadi perdebatan, Prabu Tawang Alun mengalah dan menyerahkan tahta ke tangan sang adik.

Selanjutnya, Sang Prabu mendapat bisikan gaib guna meninggalkan kerajaan yang disinggahi. Bisikan itu datang dari Sah Hyang Widhi, memberi bisikan untuk mengikuti arah pergi harimau putih. Hingga akhirnya tiba ke Rowo Bayu, di tempat ini Prabu Tawang Alun membangun kerajaan sendiri.

Sang Prabu akhirnya benar-benar menjauhkan diri dari Kerajaan Banyuwangi. Sikap mulia yang dimilikinya ialah rela mengalah demi  menjaga hubungan baik dengan sang adik. Padahal seharusnya ia sangat cocok menjadi seorang Raja.

Menurut cerita, perawakan Prabu Tawang Alun tinggi besar. Konon postur tubuhnya seukuran dengan lima kali tubuh manusia. Wajah yang dimiliki oleh Prabu Tawang Alun juga tampan nan penyabar.

2. Kisah mistis penjaga Rowo Bayu

Konon sebelum Rowo Bayu digunakan kerajaan oleh sang Prabu Tawang Alun. Tempat ini ditempati makhluk gaib yang bernama Ki Jalu. Sosok gaib yang memiliki kekuatan terkuat, yang menjadi penguasa kawasan Rowo Bayu.

Hingga saat ini masih menjadi misteri dan perbincangan, meski sampai saat ini belum ada yang bisa menggambarkan bentuknya. Konon, siapapun yang mampu melihat sosok Ki Jalu dipastikan tidak kuat dan akan pingsan.

Rowo Bayu memiliki tiga mata air di sekitarnya, konon setiap mata air ini memiliki penunggu yang berbeda-beda. Salah satunya ialah mata air Kaputren, letaknya di sebelah pintu masuk Rowo Bayu. Siapapun yang dapat membasuh muka di mata air tersebut akan terpancar aura kecantikan.

Namun konon katanya air mata tersebut ditunggu sosok selir perempuan. Sumber mata air ini berasal dari gunung dan tak pernah kering. Padahal hal ini menurut orang-orang merupakan kejadian di luar nalar.

3. Makhluk raksasa berambut api

Daun.id

sumber; pexels.com

Di tempat ini beberapa kali juga pernah terjadi kerasukan yang dialami pengunjung. Menurut juru kunci kejadian ini terjadi saat pengunjung mengunjungi mata air keramat. Mata air ini dikenal dengan nama Sendang Wigangga.

Untuk menuju ke mata air keramat, pengunjung harus melalui rutenya. Jalan menuju ke sana, terdapat pohon besar yang dikenal angker. Menurut cerita, pohon itu sudah berusia ratusan tahun. Konon dihuni makhluk halus yang sangat seram.

Menurut orang pintar yang memiliki kemampuan spiritual, di pohon tersebut dihuni sosok makhluk gaib. Menurutnyaa, sosok itu digambarkan sosok raksasa yang besar dan memiliki rambut dari api.

Itulah kisah mistis yang terjadi di Rowo Bayu, hingga kini kisah tersebut masih populer di tengah masyarakat. Menjadi tempat wisata, tempat ini tetap menarik untuk dikunjungi.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan kamu akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang baik dan saling pengertian akan menjadi kunci untuk menjaga hubunganmu tetap harmonis. Jangan ragu untuk mengungkapkan perasaanmu kepada pasanganmu.



Gemini Selengkapnya