Kisah Mistis Tanjakan Emen Subang, Tragedi Maut hingga Arwah Sopir Bus Berkeliaran

"Selain kisah mistis, ternyata juga memiliki fakta unik."

Life | 26 January 2023, 17:20
Kisah Mistis Tanjakan Emen Subang, Tragedi Maut hingga Arwah Sopir Bus Berkeliaran

Jalur tanjakan memang pada umumnya menyuguhkan medan berat untuk dihadapi. Bahkan sering menyebabkan terjadinya kecelakaan, saat melalui kurang waspada dan hati-hati. Seperti kisah mistis "Tanjakan Emen" di Subang Jawa Barat.

Nama Tanjakan Emen, kini sudah tidak asing lagi, terutama bagi para pelintasnya. Menurut cerita masyarakat sekitar, Tanjakan ini dikenal sangat angker. Tak jarang terjadi kecelakaan hingga menyebabkan korban jiwa. Hingga kini Tanjakan Emen masih menyimpan banyak misteri.

Tanjakan Emen berada di wilayah Jawa Barat, tepatnya di Jalan Raya Subang, Ciater, kabupaten Subang. Mitos yang berkembang, daerah ini dihuni banyak makhluk halus. Konon, makhluk ini suka jahil atau nakal mengganggu pengguna jalan.

Berbagai sumber menyebutkan, tanjakan ini telah memakan banyak korban jiwa. Beberapa kecelakaan yang terjadi, memiliki kaitan dengan kemistisan tempat ini. Disebut "Tanjakan Emen" konon ada arwah yang bernama Emen sedang gentayangan di tempat ini.

Kisah Mistis Tanjakan Emen Subang

Daun.id

Sumber; @yusufcahyap

Berbicara soal kisah mistis di Indonesia memang tak ada habisnya. Selalu ada saja yang muncul menyelimuti tempat, jalan, benda, dan beberapa hal lainnya. Kini ada salah satu kisah mistis dari Jawa Barat. Kisah misteri Tanjakan Emen Subang yang sudah populer di sekitarnya.

Konon dulunya ada seorang yang bernama Emen mengalami kecelakaan maut di tempat ini. Sejak saat itu, jalan itu dijuluki Tanjakan Emen. Berikut cerita lengkap tentang kisah mistis Tanjakan Emen Subang:

1. Asal-usul nama Tanjakan Emen

Kisah mistis ini bermula dari kecelakaan maut yang terjadi di Jalan Raya Subang. Dikisahkan profesi si Emen ini merupakan seorang supir, versi pertama mengatakan supir oplet. Sedangkan versi yang lain mengatakan supir bus.

Konon kisah ini bermula sejak tahun 1950-an, serta memiliki versi yang berbeda-beda. Salah satunya dulu ada seorang supir oplet yang bernama Taing. Kesehariannya ia menari oplet jurusan Lembang-Subang. Orang-orang menjulukinya Emen, lantaran suka bermain Cemen.

Si Emen ini mengalami kecelakaan saat membawa penumpang 12 orang. Dalam tragedi tersbut, dirinya merenggut nyawa. Akibat tragedi maut ini munculah spekulasi mitos di tengah masyarakat.

2. Arwah supir bus berkeliaran di Tanjakan Emen

Salah satu sumber menyebabkan, konon arwah sang supir dalam tragedi maut tersebut belum ikhlas. Sehingga seringkali gentayangan di sekitar jalur tersebut. Hingga dikaitkan dengan peristiwa yang sering terjadi di Tanjakan Emen.

Kisah mistis ini pun beredar luas, hingga menarik perhatian beberapa youtuber ternama. Salah satunya Om Hao yang berangkat dari kanal youtube Kisah Tanah Jawa. Menurutnya, makhluk gaib yang mengganggu tempat ini bukanlah arwah Emen.

Menurut penglihatannya, tempat ini memang sering digunakan sebagai tempat pembuangan jin. Para jin inilah yang kerap mengganggu manusia atau para pelinttas jalan tersebut. Konon, manusia dibuat mengantuk hingga linglung dan menyebabkan hilang kendali lalu terjadi kecelakaan.

3. Tragedi maut di Tanjakan Emen

Duka mendalam ini terjadi pada tahun 2018, saat itu bus rombongan dari Tangerang Selatan sedang melintas. Lalu menabrak sepeda motor dan menyebabkan bus itu terguling. Dari kejadian ini menewaskan sebanyak 27 orang meninggal dunia.

Daun.id

Sumber; @lembang.bandung

Seperti keterangan yang diberikan Kasat Lantas Polres Subang AKP Lucky Martono, dilansir dari detik.com;

"Tanjakan Emen terakhir kecelakaan tahun 2018 bus maut pariwisata 27 tewas. Setelah itu tidak ada kecelakaan mencolok atau menyebabkan meninggal dunia," ungkapnya.

Kecelakaan yang merenggut korban puluhan jiwa ini menjadi duka yang mendalam. Dan kecelakaan ini merupakan tragedi maut terbesar di Tanjakan Emen.

4. Didirikan Tugu Emen

Meski dikenal mistis, namun di jalur tersebut kini didirikan Tugu Emen. Sebuah tunggu dengan dipasangi mobil ringsek bekas kecelakaan. Namun mobil tersebut bukan bekas kecelakaan di Tanjakan Emen. Namun sebuah mobil bekas kecelakaan tertabrak kereta dari tempat lain.

Menurut Kasat Lantas tujuan didirikan tugu ini untuk memberikan peringatan bagi pengguna jalan saat melintas. Agar lebih meningkatkan kewaspadaan dan hati-hati. Seperti dikutip dari detik.com;

"Tujuan dipasangnya Tugu Emen dengan memperlihatkan mobil minubus ringsek karena ingin memberikan peringatan kepada masyarakat yang hendak melintasi jalur Tanjakan Emen untuk lebih berhati-hati," ucapnya.

Itulah sederet cerita tentang kisah mistis yang heboh di tengah masyarakat. Selain kisah mistis, ternyata juga menyimpan keunikan tersendiri.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 27 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:18 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:46 ISYA 19:00  

Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, Gemini akan mengalami perubahan yang signifikan dalam percintaan. Bagi yang sudah berpasangan, hubungan mungkin akan mengalami tantangan dan perlu komunikasi yang lebih baik. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan berpotensi menjadi pasangan yang serius.



Gemini Selengkapnya