9 Obat Radang Tenggorokan Disertai Demam, Aman dan Paling Ampuh

"Radang tenggorokan disertai demam dapat hilang."

Life | 26 January 2023, 17:30
9 Obat Radang Tenggorokan Disertai Demam, Aman dan Paling Ampuh

Radang tenggorokan yang terjadi tentu saja memberikan dampak yang kurang baik untuk kita. Kondisi ini mampu memberikan rasa tidak nyaman di tenggorokan, terlebih jika disertai dengan demam. Sehingga, menyembuhkannya adalah hal yang ingin dilakukan oleh banyak orang yang terkena radang tenggorokan.

Sudahkan kamu tahu beberapa gejala umum yang terjadi, saat terkena radang tenggorokan disertai deman? Jika belum kamu perlu mengetahuinya, sebab guna pencegahan terhadap penyakit tersebut. Sebelum mengetahui beberapa obat radang tenggorokan disertai demam, kenali juga gejala-gejalanya sebagai berikut:

Gejala radang tenggorokan disertai deman

Beberapa gejala radang tenggorokan disertai demam, yakni:

- Sakit kepala.
- Panas dingin.
- Pegal-pegal.
- Muncul ruam.
- Sakit tenggorokan.
- Susah menelan.
- Timbul ruam.
- Mual dan muntah.
- Hilangnya selera makan.

Setelah kamu mengetahui gejala radang tenggorokan disertai demam, berikut beberapa obat yang dapat dikonsumsi untuk mengobatinya:

1. Air lemon
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Air lemon adalah minuman yang dapat mengatasi radang tenggorkan disertai demam. Kandungan vitamin C dan antioksidan kuat lainnya yang terdapat didalamnya, tentu dapat menyembuhkan penyakit itu. Senyawa ini ampuh dalam melawan peradangan dan meredakan stres oksidatif, berdasarkan unggahan pada jurnal Oxidative Medicine and Cellular Longevity.

Seperti air garam dan madu, lemon sangat bagus guna mengatasi sakit tenggorokan sebab bisa membantu memecah lendir dan mengatasi rasa sakit. Kamu hanya perlu mencampurkan satu sendok teh air lemon dengan segelas air hangat. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan madu sebagai pemanis alami.

2. Cuka apel

Cuka apel adalah obat guna mengatasi radang tenggorokan dengan alami. Adapun bahan aktif utama cuka apel ialah asam asetat yang ampuh melawan bakteri mengutip studi di jurnal Scientific Reports. Kandungan beberapa vitamin dan antioksidan didalamnya bisa mempercepat proses penyembuhan. Antioksidan ini juga bisa menekan pembengkakan dan sakit tenggorokan. Kamu dapat minum satu cangkir air hangat yang dikombinasikan dengan 1 sendok makan cuka apel dan 1 sendok makan madu.

3. Jahe

Jahe adalah rempah-rempah dengan efek antibakteri dan anti inflamasi yang bisa mengatasi radang tenggorokan. Menurut beberapa penelitian laboratorium pada Journal of Ethnopharmacology menemukan, ekstrak jahe mampu membunuh bakteri dan virus faktor pemicu radang tenggorokan. Cara membuat teh jahe, kamu dapat mencampurkan 2 sendok teh (9,8 mililiter/ml) jahe segar atau kering pada 1 cangkir air mendidih. Tunggu dalam lima menit, kemudian saring cairannya guna meniriskan jahe sebelum diminum. Minum teh jahe sampai tiga kali sehari supaya lekas sembuh.

4. Madu

Obat radang tenggorokan disertai demam selanjutnya adalah madu. Kamu dapat mengombinasikan madu dengan teh untuk mengatasi penyakit tersebut. Pada studi dalam Archives of Pediatrics & Adolescent Medicine menjelaskan, madu bahkan lebih ampuh guna mengatasi batuk malam hari dibandingkan dengan obat batuk kimia.

Madu merupakan penyembuh luka yang ampuh, maka bisa membantu dalam mempercepat pengobatan radang tenggorokan. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit juga menyarankan memakai madu apabila radang tenggorokan disertai dengan batuk.

5. Peppermint
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Peppermint menjadi obat radang tenggorokan disertai demam berikutnya. Bahan ini memiliki kandungan senyawa anti inflamasi dan ampuh sebagai obat alami radang tenggorokan. Berdasarkan publikasi Phytotherapy Research, peppermint bisa menimbulkan tenggorokan mati rasa maka mengobati rasa sakit. Kandungan mentol didalamnya membantu mengencerkan lendir dan mengobati radang tenggorokan dan batuk.

Selain itu, peppermint dengan sifat antibakteri dan antivirus yang mampu mempercepat pengobatan. Kamu bisa minum teh peppermint atau memakai minyak peppermint. Kamu hanya perlu meneteskan minyak peppermint pada mangkuk berisi air yang sangat panas. Posisikan handuk di atas kepalamu, tutup mata, dan arahkan wajah ke dekat mangkuk dan bernapas.

6. Lo Han Kuo

Obat tradisional Lo Han kuo memiliki manfaat dalam mengatasi panas dalam, mengatasi batuk, sakit/radang tenggorokan, sariawan, membantu meredakan dahak, sampai dapat menguatkan paru-paru.

Obat ini tersedia dengan bentuk kotak blok yang didalamnya memiliki kandung sari buah Lo Han Kou dan tambahan gula tebu. Kamu cukup melarutkan satu blok Lo Han Kuo pada 100 ml air panas dan meminumnya. Obat tersebut mampu diminum 2 kali sehari.

Harga: Rp. 25.000/pcs

7. Permen pelega tenggorokan (lozenges)

Obat radang tenggorokan disertai demam berikutnya yang dapat diperoleh di apotek, yakni permen pereda tenggorokan. Terdapat beberapa permen pelega tenggorokan yang dijual bebas di supermarket juga dapat menjadi obat guna mengurangi rasa sakit karena radang.

Rata-rata permen pelega tenggorokan memiliki kandungan ekstrak mentol, peppermint, atau eucalyptus. Kandungan itu dapat memberikan efek sejuk serta sensasi hangat di tenggorokanmu. Ketiga bahan alami ini juga mempunyai kandungan senyawa antiperadangan, antibakteri, dan antivirus yang mampu mempercepat proses penyembuhan.

Harga: Rp. 35.880.

8. Strepsils

Obat radang tenggorokan disertai demam selanjutnya ialah strepsils. Adapun fungsinya yakni untuk mengatasi radangan tenggorokan,  bau mulut, dan nyeri mulut.

Obat tersebut mempunyai komponen antibakteri dan antiseptik yang mampu guna membasmi bakteri dan virus. Tidak hanya itu, obat Strepsils memiliki bermacam rasa yakni madu, stroberi, lemon, mint, dan lainnya yang mampu meredakan radang tenggorokan.

Harga: Rp. 42.000

9. Sup ayam
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Sup ayam merupakan obat radang tenggorokan alami yang cukup terkenal. Kehangatan supa ayam mampu menyembuh radang tenggorokan. Makanan ini juga dapat menenangkan dan mudah dicerna guna memperoleh lebih banyak cairan saat sakit. Pakai bawang putih untuk dicampur pada sup. Bawang putih memiliki kandungan senyawa bioaktif yang juga bisa memberikan manfaat ketika sakit, berdasarkan penelitian pada Avicenna Journal of Phytomedicine.

Pencegahan radang tenggorokan

Tidak hanya menyembuhkan radang tenggorokan disetai demam, kamu juga dapat melakukan pencegahan sebagai berikut:

- Kamu perlu mengingatkan semua anggota keluarga supaya mencuci tangan secara tepat dan sering. 
- Ganti sikat gigi usai perawatan antibiotik dimulai supaya tidak tertular lagi.
- Pertama, kamu bisa memisahkan piring, peralatan makan, dan gelas minum. Lalu, cuci dengan air sabun yang panas usai dipakai. 
- Upayakan kamu tidak berbagi makanan, serbet, sapu tangan, minuman, hingga handuk dengan anggota keluarga lainnya. 
- Tutup mulut ketika bersin atau batuk. Apabila tidak terdapat tisu, kamu harus bersin atau batuk ke lengan baju, bukan tangan.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 18 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:27 SUBUH 04:37 DUHA 06:16 ZUHUR 11:54
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:53 ISYA 19:03  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Anda sebagai seorang Aries akan berjalan dengan baik. Anda akan merasa lebih dekat dengan pasangan Anda dan saling mendukung satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi secara jelas dan terbuka untuk menghindari konflik yang tidak perlu.



Aries Selengkapnya