Obat Radang Tenggorokan pada Bayi yang Alami, Lebih Aman

"simak lebih lanjutnya"

Life | 27 January 2023, 07:54
Obat Radang Tenggorokan pada Bayi yang Alami, Lebih Aman

Radang tenggorokan juga rawan terjadi dan alami oleh anak-anak. Bahkan ada yang lebih muda dan kecil lagi. Di usia bayi yang masih belum bisa awas dengan di sekitarnya. Lebih rentan untuk terserang sakit.

Di usia anak yang masih bayi tentunya orang tua harus lebih waspada, lantaran hal tersebut pastinya amat mengganggu mereka. Dan terkadang tidak bisa menyampaikan apa yang dikeluhkannya selain dalam bentuk tangisan.

Orang tua tak perlu panik, banyak yang bisa dilakukan untuk membantu radang tenggorokan yang dialami bayi. Mulai dari obat-obat yang ada di apotek, juga rujukan dari resep dokter. Bahkan bisa memanfaatkan yang alami, tanpa harus meminumkan obat. Bahkan jauh lebih aman dikonsumsikan ke bayi, tanpa ada efek samping yang serius.

Berikut di bawah ini yang bisa dicoba dan dilakukan kepada bayi yang mengalami radang tenggorokan. Simak ulasannya:

- Air hangat
Cairan hangat akan membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan mengencerkan kelebihan lendir. Juga saat tenggorokan masih meradang, minum minuman hangat membuatnya tetap lembab dan nyaman.

Minuman panas memberikan bantuan langsung dengan meringankan gejala sakit tenggorokan. Bisa meminumkan air hangat, atau air lemon, susu hangat, bahkan kaldu tulang, yang tentunya dengan buatan sendiri. Di mana jauh lebih aman dan tak khawatir akan tambahan obat lainnya.
Daun.id

pixabay

- Jahe
Jahe adalah obat alami rumahan yang baik untuk mengobati sakit tenggorokan. Rempah ini juga memiliki sifat antiinflamasi, anti vitus dan menekan batuk sehingga meredakan gejala sakit tenggorokan. Sifat anti bakteri yang ada di dalam jahe juga dapat membunuh beberapa jenis bakteri penyebab infeksi saluran pernapasan.

Selain itu jahe membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga mempercepat pemulihan.

Cara membuatnya:
> Campurkan masing-masing 1 sendok teh jus jahe dan madu
> Berikan pada anak untuk meredakan rasa tidak nyaman di tenggorokan, atau
> Tuangkan 6 cangkir air ke dalam panci dan tambahkan secangkir jahe iris tipis dan 2 batang kayu manis
> Didihkan dengan api kecil selama 20 menit, lalu saring dan tambahkan sedikit madu. Berikan kepada bayi untuk diminum beberapa kali sehari

- Kunyit
Kunyit telah lama dikenal untuk menjadi andalan dalam menangani berbagai masalah kesehatan termasuk sakit tenggorokan pada bayi. Sebagian besar khasiat obat kunyit berasal dari senyawa kurkumin. Ekstrak heksana dan metanol kurkumin menunjukkan efek antibakteri terhadap beberapa bakteri, termasuk kelompok bakteri streptokokus.
Daun.id

pixabay

Selain itu sifat anti mikroba dalam kunyit menjadikanya sebagai saah satu pengobatan alami yang ampuh untuk menyembuhkan sakit tenggorokan.

Sementara sifat antiinflamasi-nya membantu mengurangi peradangan di saluran udara untuk membuat pernapasan lebih mudah, membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan untuk membantu melawan segala jenis infeksi.

Cara membuatnya:
> Tambahkan 2 sendok teh bubuk kunyit ke dalam segelas susu panas
> Berikan kepada bayi untuk diminum dua kali sehari untuk meredakan sakit tenggorokan

Catatan:
Bayi yang sudah bisa berkumur juga dapat berkumur dengan kunyit. Caranya;
> Tambahkan sendok teh masing-masing bubuk kunyit dan garam ke dalam segelas air hangat dan aduk rata
> Tawarkan untuk berkumur dengan campuran ini sebanyak dua kali sehari. Tentunya hal tersebut akan membantu mereka dalam memahami maksud kalimat yang dilontarkan ibunya 

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 25 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya