Fakta Jasad Rasulullah Beberapa Kali Akan Dicuri dan Selalu Gagal

"Dilindungi Allah SWT"

Life | 27 January 2023, 12:56
Fakta Jasad Rasulullah Beberapa Kali Akan Dicuri dan Selalu Gagal

Terdapat kisah unik yang belum banyak diketahui, yakni makam Rasulullah SAW pernah beberapa kali ingin dibongkar dan dicuri jasadnya namun selalu gagal.

Rasulullah SAW merupakan nabi dan rasul terakhir menurut agama Islam. Rasulullah SAW meninggal dunia pada 12 Rabiul Awal 11 Hijriah atau 8 Juni 632 Masehi di Madinah.

Makam Rasulullah SAW

Rasulullah SAW setelah meninggal dunia dimakamkan di kamar istrinya yakni Aisyah RA yang kini berada di kawasan Raudhah, Masjid Nabawi, Madinah. Menurut sejarah, beberapa kali terdapat upaya untuk mencuri jasad Rasulullah SAW namun selalu gagal karena dijaga oleh Allah SWT. Berikut upaya pencurian jasad Rasulullah SAW.

1. Daulah Fatimiyah 1

Daun.id

Sumber: @hajiumroh.id

Percobaan pencurian jasad Rasulullah SAW pertama kali dilakukan oleh seorang raja dari Daulah Fatimiyah pada masa al-Hakim Biamrillah al-Ubaidiy.

Dalam buku 'Sejarah Masjid Nabawi as-Syarif' yang ditulis oleh Muhammad Ilyas Abdul Ghani menyebutkan jika sang raja pernah menjadi Muslim namun kemudian menjadi dzalim.

Alasan sang raja untuk mencuri jasad Rasulullah SAW sedikit nyeleneh, karena dirinya ingin negerinya menjadi pengganti Madinah dan banyak yang berkunjung kesana dengan mencuri jasad Rasulullah SAW agar menarik perhatian dunia.

Percobaan pencurian jasad Rasulullah SAW gagal karena saat itu Allah SWT mengirimkan angin yang sangat kencang dan nyaris mengguncang tanah.

2. Daulah Fatimiyah 2

Meski pada percobaan pertama gagal, upaya pencurian jasad Rasulullah SAW kembali dilakukan oleh raja dari Daulah Fatimiyah. Pasukan elit dikerahkan untuk mencoba mencuri jasad Rasulullah SAW dengan menggali terowongan di bawah Masjid Nabawi.

Namun aksi yang kedua kalinya ini kembali gagal dan pelaku bahkan harus menanggung hasil perbuatan kejinya dengan dieksekusi mati.

3. Penguasa Eropa

Daun.id

Sumber: @massamakmortravel

Penguasa Eropa juga pernah ingin mencuri jasad Rasulullah SAW seperti buku yang ditulis oleh Ali Hafidz yang mengatakan jika para penguasa Eropa telah sepakat untuk mencuri jasad Rasulullah SAW. Saat itu umat Islam tengah berkemah pada masa Perang Salib tahun 1164 Masehi.

Tentara Salib yang tengah menyamar sebagai jemaah haji dari Andalusia tersebut akhirnya tertangkap dan dieksekusi mati setelah mengaku karena tertangkap basah jika ingin mencuri jasad Rasulullah SAW.

4. Kelompok Kristen Romawi

Percobaan pencurian jasad Rasulullah SAW selanjutnya yakni datang dari kelompok Kristen Romawi dari Syam. Berbeda dengan aksi-aksi sebelumnya, percobaan pencurian kali ini mereka lakukan dengan cara terang-terangan.

Para pelaku aksi pencurian meneror dan membunuh umat Islam saat sampai di Laut Merah. Saat sampai di dekat Madinah, para pelaku diketahui oleh sejumlah orang Mesir dan beberapa pelaku berhasil dibunuh dan ditahan.

5. 40 Orang

Percobaan pencurian terakhir terhadap jasad Rasulullah SAW datang dari 40 orang yang sebelumnya berniat menggali makam Abu Bakar Ash-Shidiq dan Umar bin Khattab yang dimakamkan disebelah Rasulullah SAW. Niat jahat tersebut kembali gagal setelah Allah SWT membelah bumi menjadi dua sehingga 40 orang yang memiliki niat jahat tersebut terkubur ke dalam bumi.

(fahrul hikami/i)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 26 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya