10 Masjid Tertua di Dunia, yang Dibangun Nabi Muhammad Masih Berdiri Kokoh

"Punya arsitektur indah dan bersejarah"

Life | 27 January 2023, 13:50
10 Masjid Tertua di Dunia, yang Dibangun Nabi Muhammad Masih Berdiri Kokoh

Masjid merupakan tempat beribadah bagi umat Muslim. Kini dengan perkembangan zaman, masjid tidak hanya digunakan untuk tempat beribadah naun juga sebagai destinasi wisata religi. Di dunia ini banyak sekali masjid bersejarah yang menjadi saksi kebangkitan Islam di dunia.

Diberbagai belahan dunia terdapat masjid yang memiliki sejarah tinggi dengan arsitektur dan bentuk bangunan yang unik dan indah. Cerita dibalik berdirinya masjid juga menjadi perhatian yang menarik yang jarang diketahui.

Masjid sendiri memang tak dapat dipisahkan dari sejarah perkembangan Islam di dunia. Bahkan tercatat ada banyak masjid yang usianya sudah ribuan tahun namun masih beridi kokoh hingga kini.

Penasaran? berikut daftar masjid tertua dan bersejarah di dunia.


1. Masjid Al Haram (Abad ke-7)

Daun.id

Sumber: @makkah_madina_page

Masjid tertua pertama yakni Masjid Al Haram. Masjid Agung yang berada di Makkah ini merupakan tempat Nabi Ibrahim dan Putranya, Nabi Ismail berdoa. Tempat ini juga menjadi tempat yang paling suci di dunia menurut para umat Muslim. Ini juga menjadi rumah pertama bagi umat manusia yang dibangun untuk menyembah Allah SWT.

2. Masjid Nabawi (662 M)

Daun.id

Sumber: @_makkah_al_mukaaramah

Masjid yang berada di Madinah yang dibangun langsung oleh Nabi Muhammad ini kini menjadi salah satu masjid terbesar di dunia. Umat Muslim memiliki impian untuk bisa datang ke Masjid Nabawi.

Masjid Nabawi dibangun pada tahun 662 Masehi yang berada di pusat kota Madinah. Masjid yang megah ini bahkan mampu menampung hingga 1 juta jamaah. Di Masjid Nabawi inilah makam Nabi Muhammad dan kedua sabahat yakni Abu Bakar Ash-Shiddiq dan Umar bin Khattab berada.

3. Masjid Al-Aqsha (750 M)

Daun.id

Sumber: @islamic_baten1401

Masjid Al-Aqsha dibangun pada tahun 750 M dan merupakan tempat sangat penting dan suci bagi umat Islam. Menurut hadis Al Bukhari, Masjid Al-Aqsha merupakan situs tersuci ke-3, bahkan berdoa di Masjid Al-Aqsha sama dengan menunaikan 1000 doa.

Masjid Al-Aqsha juga menjadi arah kiblat selama 17 bulan sebelum kini mengarah ke Ka'bah. Masjid penuh sejarah ini sangat kokoh dengan bertahan dari gempa bumi dan bahkan upaya perobohan yang dilakukan oleh kaum Yahudi.

4. Masjid Quba (622 M)

Daun.id

Sumber: @hoorx96

Masjid Quba juga menjadi masjid tertua di dunia, masjid yang penuh sejarah ini dibangun pada tahun 622 Masehi. Masjid ini terasa spesial karena Masjid Quba merupakan masjid pertama yang dibangun oleh Nabi Muhammad.

Masjid Quba terletak disebelah tenggara kota Madinah. Saat pertama kali tiba di Madinah, Nabi Muhammad meletakkan batu pertama masjid.

5. Masjid Agung Sana'a (Abad ke-7)

Daun.id

Sumber: Facebook Vin

Masjid Agung Sana'a juga dikenal sebagai Masjid Al-Jami al-Kabir bi-San a ini terletak di Sana'a, Yaman. Masjid Agung Sana'a ini dibangun pada abad ke-7 hingga ke-8 dibangun disebelah situs Istana Ghumdan.

Masjid yang memiliki arsitektur besar ini dibangun pada waktu ke waktu, bahkan pernah direnovasi secara besar-besaran yang dilakukan oleh Ratu Arwa Ibn Ahmed pada 1130.

6. Masjid Jawatha (Tahun 7 Hijriah)

Daun.id

Sumber: @piknikyukindonesia

Masjid yang juga dikenal sebagai masjid bersejarah di dunia ini berada di Arab Saudi. Masjid Jawatha ini bertempat di Desa Al-Kilabiyah yang letaknya berada di timur laut Hofuf, Al-Asha, Arab Saudi.

Dibangun oleh Suku Bani Abdul Qadis pada tahun 7 Hijriah ini pernah hancur dan sebagian besar struktur aslinya telah hilang. Dapat cerita unik terkait Masjid Jawatha ini yakni konon Masjid Jawatha menjadi tempat tersimpannya batu Hajar Aswad yang dicuri dari Makkah selama hampir 22 tahun.

7. Masjid Uqba (670 M)

Kota Warisan Dunia UNESCO berdiri kokoh Masjid Uqba yang juga dikenal sebagai Masjid Agung Kairouan yang terletak di kota Kairouan, Tunisia. Masjid Uqba didirikan pada tahun 670 oleh Jenderal Arab Uqba Ibn Nafi.

8. Masjid Huaisheng (627 M)

Daun.id

Sumber: @soanwatan

Tiongkok juga memiliki masjid tertua di dunia yang bernama Masjid Huaisheng. Huaisheng sendri memiliki arti Mengingat Orang Bijak yang mana untuk menghormati Nabi Muhammad. Tempat Masjid Huaisheng sendiri terletak di kota Guangzhou.

Masjid Huaisheng berdiri sejak tahun 627 pada masa Dinasti Tang dan merupakan masjid tertua di Tiongkok. Pembangunan masjid bersejarah ini konon diprakarsai oleh salah satu sahabat Nabi Muhammad.

9. Masjid Umayyad (634 M)

Daun.id

Sumber: @islamicights

Masjid Umayyad atau yang biasa dikeal Masjid Agung Damaskus, Suriah, merupakan masjid tertua di dunia yang dibangun pada tahun 634. Pembangunan masjid ini setelah penaklukan Arab. Kini Masjid Umayyad menjadi salah satu destinasi wisata religi yang paling panyak dikunjungi karena memilki arsitektur yang unik dan indah.

10. Masjid Agung Aleppo (717 M)

Daun.id

Sumber: Facebook KLCBS JAZZ ALLIANCE

Masjid yang dibangun oleh Khalifah Sulaiman bin Abd Al-Malik pada tahun 717 Masehi ini menjadi salah satu masjid tertua di dunia. Banyak yang menyakini jika masjid yang dibangun diarea bekal kuil Agora ini terdapat makam Nabi Zakaria yang merupakan ayah dari Nabi Yahya.

(fahrul hikami/i)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Cancer Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Juni 2024, hubungan percintaan Anda akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang kurang baik dapat menyebabkan konflik dan ketegangan dalam hubungan. Penting bagi Anda untuk berbicara dengan jujur dan terbuka dengan pasangan Anda untuk mengatasi masalah ini. Jaga kepercayaan dan komitmen dalam hubungan Anda.



Cancer Selengkapnya