Cerita Mistis Gedung Peninggalan Belanda di Padang, Hantu Perempuan Mencari Potongan Tangannya

"Konon, gedung ini dijuluki "Hotel pencabut nyawa"."

Life | 27 January 2023, 15:05
Cerita Mistis Gedung Peninggalan Belanda di Padang, Hantu Perempuan Mencari Potongan Tangannya

Hampir setiap pulau di Indonesia memiliki cerita mistis tersendiri. Cerita mistis kali ini datang dari wilayah Padang, provinsi Sumatera Barat. Sumatera termasuk daerah yang di dalamnya memiliki banyak peninggalan sejarah. Seperti gedung tua bekas peninggalan Belanda.

Selain menyimpan keindahan, konon gedung-gedung ini juga memiliki cerita mistis. Beberapa masyarakat sekitar, ada yang mengaku pernah dihantui penunggunya. Lokasi gedung ini terletak di simpang tiga jalan Bundo Kanduang, Pasar Ambacang, dan Jalan Gereja.

Pada umumnya, bangunan peninggalan Belanda ini masih berdiri kokoh di Indonesia. Meski sudah memiliki dinding yang kusam dan tak terawat. Gedung peninggalan Belanda ini juga pernah disulap menjadi Hotel Ambacang. Meski demikian, suasana mistisnya tetap saja masih dirasakan.

Letaknya berada di jalan strategis membuat hotel itu tak pernah sepi pengunjung. Pada saat gempa tahun 2009 ini di tempat tersebut memakan banyak korban jiwa. Paska itu tempat ini menjadi sepi tak berpengunjung. Hingga akhirnya muncul beberapa cerita mistis.

Cerita Mistis Gedung Peninggalan Belanda di Padang

Daun.id

Sumber; @padangheritage

Konon Hotel Ambacang ini semppat dijuluki sebagai "Hotel pencabut nyawa". Pernah terjadi banyak korban berjatuhan meninggal dunia di tempat ini. Kejadian mengerikan ini terjadi pada tahun 2009. Hingga saat itu muncul spekulasi beragam cerita mistis yang dialami masyarakat sekitar.

1. Tragedi gempa Padang 2009

Gedung kokoh peninggalan Belanda di Padang ini kemudian disulap menjadi sebuah hotel. Menurut cerita, hotel ini dulunya sangat ramai pengunjung. Namun setelah terjadinya tragedi gempa, hotel ini banyak memakan korban. Paska kejadian ini membuat hotel tersebut jadi sepi.

Seperti dilansir dari detik.com, berikut ini faktanya;

"Tadi saya naik ke atas puing-puing, kolam renang itu airnya sudah berwarna biru tua karena bercampur dengan air mayat," ujar seorang personel Brimob di Hotel Ambacang, Padang, Jumat (2/10/2009).

Saat itu diperkirakan ada sekitar 200 orang korban yang terdiri dari 80 orang karyawan hotel, sisanya tamu. Kejadian inilah yang kemudian memicu spekulasi cerita mistis di masyarakat.

2. Suara jeritan korban gempa di gedung peninggalan Belanda

Menurut cerita dari masyarakat sekitar, setelah Hotel Ambacang sepi pengunjung. Kini jadi tak berpenghuni dan terbengkalai, kajadian aneh semakin menambah aura mistis hotel ini.

Salah satun yang menjadi perbincangan ialah terdengar suara teriakan misterius. Konon ada teriakan yang meminta tolong untuk mencari bagian anggota tubuh yang terpisah. Bahkan muncul penampakan manusia dengan anggota tubuh yang kurang lengkap.

3. Tukang ojek dihantui perempuan mencari potongan tangan

Di sekitaran Hotel Ambacang berada terdapat pangkalan ojek yang terdapat pengemudi ojek mangkal. Konon pada saat itu pernah melihat orang yang berlumuran darah, berada tepat di depan hotel itu. Orang yang melihatnya dimintai tolong mencarikan anggota tubuh.

Salah satu tukang ojek pernah mendapat penumpang yang mengerikan. Kala itu, tukang ojek berhenti di depan hotel dan mendapati seorang penumpang perempuan. Singkat cerita, tukang ojek bertanya pada perempuan itu.

Daun.id

Sumber; @dispusippadang

"Mau kemana?, perempuan itu menjawab dengan bahasa setempat, 'Uda tangan awak tatingga di siko' (Bang, tangan saya tertinggal di sini)." Kejadian aneh ini tak hanya dialami oleh tukang ojek, namun juga dialami oleh sopir angkot yang melintas.

Itulah cerita mistis yang menyelimuti gedung peninggalan Belanda di wilayah Padang Sumatera Barat. Konon, hingga saat ini masih menjadi buah bibir di tengah masyarakat.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan kamu akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang baik dan saling pengertian akan menjadi kunci untuk menjaga hubunganmu tetap harmonis. Jangan ragu untuk mengungkapkan perasaanmu kepada pasanganmu.



Gemini Selengkapnya