Kisah Soeharto saat Blusukan, Berbekal Sambal Teri dan Kering Tempe Ibu Tien

"Kisahnya mengesankan"

Life | 27 January 2023, 15:25
Kisah Soeharto saat Blusukan, Berbekal Sambal Teri dan Kering Tempe Ibu Tien

Melihat secara langsung dengan cara turun ke lapangan untuk melihat kondisi masyarakat alias blusukan, sudah seperti menjadi sebuah kewajiban bagi para pemimpin. Tak terkecuali Presiden kedua RI, yakni Soeharto.

Jauh sebelum Jokowi dikenal dengan gayanya yang dekat dengan rakyatnya karena sering lakukan blusukan, ternyata Soeharto dulu juga kerap melakukannya lho. Karena blusukan dianggap sebagai cara yang paling jitu untuk melihat kondisi rakyat secara langsung.

Ternyata, saat Soeharto blusukan, tidak melulu ceritanya selalu formal terkait masalah kenegaraan. Ada fakta menarik saat presiden kedua RI itu lakoni blusukan di berbagai daerah di Indonesia, kala ia masih menjabat sebaga presiden.

Sejak awal masa kepresidennya, Soeharto terbilang sangat rutin lakoni blususkan di berbagai daerah di Indonesia kala itu. Sepereti dikisahkan dalam buku autobigrafinya; "Soeharto Pikiran Ucapan dan Tindakan Saya" yang diterbitkan Cipta Lamtoro Gung Persada.

1. Sebelum Jadi Presiden, Soeharto adalah Mayor Jenderal

Sebelum menjadi presiden, Soeharto adalah pemimpin militer pada masa Hindia Belanda dan Kekaisaran Jepang, dengan pangkat terakhir Mayor Jenderal.

Setelah Gerakan 30 September 1965, Soeharto kemudian melakukan operasi penertiban dan pengamanan atas perintah dari Presiden Soekarno, salah satu yang dilakukannya adalah dengan menumpas Gerakan 30 September dan menyatakan bahwa PKI sebagai organisasi terlarang.

Daun.id

@purnabhaktipertiwi

Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara (MPRS) kemudian memberikan mandat kepadanya sebagai Presiden pada 26 Maret 1968 menggantikan Soekarno, dan resmi menjadi presiden pada tahun 1968. Ia dipilih kembali oleh MPR pada tahun 1973, 1978, 1983, 1988, 1993, dan 1998.

Pada tahun 1998, masa jabatannya berakhir setelah mengundurkan diri pada tanggal 21 Mei tahun tersebut, menyusul terjadinya kerusuhan Mei 1998 dan pendudukan gedung DPR/MPR oleh ribuan mahasiswa.

2. Menjadi Presiden Terlama RI

Setelah Presiden Soekarno lengser, ia naik menjadi Presieden. Sampai detik ini, Soeharto tercatat sebagai orang pertama yang menjabat sebagai presiden dengan masa jabatan paling lama, yakni selama 32 tahun.

Daun.id

@purnabhaktipertiwi

Selama hampir 32 tahun pemerintahannya itu Soeharto telah meletakkan pondasi pembangunan di Indonesia melalui Repelita. Dalam masa kekuasaannya, yang disebut Orde Baru, Soeharto membangun negara yang stabil dan mencapai kemajuan ekonomi dan infrastruktur.

3. Rajin Blusukan saat Jadi Presiden

Kembali ke cerita saat Soeharto sering melakukan blusukan hingga di berbbagaidaerah terpencil di Indonesia. Masih merujuk ke buku autobiografinya, Soeharto sendiri sempat rasakan lelah lantaran kesringan blusukan.

"Tentu saja saya pun kadang-kadang merasa capek, karena hilir mudik dari sana ke mari lewat daratan, terbang dari satu tempat ke tempat lainnya untuk memulai dengan pembangunan yang baru dan mengontrol pembangunan yang sedang berjalan, dan lelah pula karena memeras otak. Tetapi saya tidak boleh mengeluh, apalagi menyerah. Pembangunan adalah perjuangan yang sengit," kata Soeharto.

4. Berbekal Sambal Teri dan Kering Tempe Ibu Tien

Soeharto sangat sering blusukan keliling Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah serta kawasan lain. Dia tidak pernah makan di restoran atau minta dijamu pejabat setempat. Rombongan kecilnya memasak nasi sendiri.

"Untuk urusan logistiknya, selain membawa beras dari Jakarta, Ibu Tien membekali dengan sambal teri dan kering tempe," kata mantan ajudan Soeharto, Try Sutrisno dalam buku "Pak Harto The Untold Stories" yang diterbitkan Gramedia Pustaka Utama.

Daun.id

@purnabhaktipertiwi

Try mengaku kondisi saat blusukan cukup memprihatinkan. Dia heran seorang Presiden kok nerimo saja kondisi seperti itu. Soharto bahkan terlihat senang blusukan.

"Saya melihat Pak Harto sangat menikmati perjalanan keliling desa itu," kata Try.

(abdul mufid/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan kamu akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang baik dan saling pengertian akan menjadi kunci untuk menjaga hubunganmu tetap harmonis. Jangan ragu untuk mengungkapkan perasaanmu kepada pasanganmu.



Gemini Selengkapnya