Cerita Mistis Gedung Angker Surakarta, Dihuni Hantu Anak Berdarah Kebangsaan Belanda

"Gedung ini dibangun di atas tanah bekas kuburan."

Life | 27 January 2023, 17:00
Cerita Mistis Gedung Angker Surakarta, Dihuni Hantu Anak Berdarah Kebangsaan Belanda

Surakarta merupakan sebuah kota yang terletak di wilayah provinsi Jawa Tengah. Kota ini melahirkan banyak seniman yang berproses di dalamnya. Namun, di kota ini juga menyimpan beberapa cerita mistis. Salah satunya terdapat sebuah gedung angker yang konon di bangun di atas bekas kuburan.

Cerita mistis ini pernah viral melalui akun instagram @misterisolo. Konon gedung ini penuh dengan cerita mistis yang kini jadi buah bibir di tengah masyarakat. Menurutnya, gedung angker Surakarta ini merupakan sebuah bangunan yang dibangun di atas kuburan.

Dikutip dari liputan6.com, "Sebelum dibangun gedung ini, daerah ini merupakan sebuah kantor PDAM dengan kebun terbengkalai yang luas dan terdapat makam di dalamnya," tulis akun Instagram tersebut. Padahal bekas kuburan itu sudah dipindahkan ke tempat lain.

Konon, menurut pegawai kebersihan yang menjaga gedung ini. terdapat sosok hantu berdarah keturunan Belanda. Sosok hantu ini disebut hantu anak-anak orang Belanda. Menurut cerita masyarakat sosok hantu ini kerap dikaitkan dengan bekas kuburan yang telah dipindah itu.

Cerita Mistis Gedung Angker Surakarta

Daun.id

sumber; pixabay.com

Beredarnya cerita mistis ini berangkat dari sebuah akun instagram yang sempat mengunggahnya. Gedung angker tersebut, konon dihuni hantu sosok anak-anak Belanda. Sosok penghuni di sini tak segan untuk menampakkan dirinya.

Berikut cerita mistis yang terdapat di gedung angker Surakarta:

1. Hantu anak-anak berdarah kebangsaan Belanda

Pernah diceritakan sebelum gedung angker ini dibangun, konon didirikan di atas tanah bekas makam. Akan tetapi makam ini sebelumnya sudah dipindahkan. Anehnya, masih tetap menyimpan suasana mistis. Hingga dirumorkan ada hantu anak yang berketurunan Belanda.

Hal ini diceritakan oleh masyarakat di sekitar bangunan gedung tersebut. Selain itu juga diceritakan oleh pegawai kebersihan yang bertugas di sana.

2. Hantu anak bernama Jasmine

Sosok hantu anak-anak yang mendiami gedung angker ini dijuluki dengan nama Jasmine. Petugas kebersihan sempat menceritakan beberapa kejadian janggalnya. Tak mengherankan jika benda-benda dapat berpindah dengan sendirinya. Kemudian pintu terbuka tanpa ada yang menggerakan.

Cerita mistis ini akan semakin terasa ketika pada malam hari. Hingga akhirnya muncul mitos, siapapun yang mengunjungi gedung ini tak boleh menyebutkan nama "Jasmine". Disebutkan juga dari akun instagram, bahwa sosok Jasmine ini bukan sosok yang membahayakan.

3. Sosok makhluk gaib lainnya

Selain itu juga dihuni banyak makhluk gaib lainnya. Seperti genderuwo, hantu tanpa kepala, hingga telpon misterius. Sosok-sosok hantu ini sering menampakan dirinya di beberapa bagian sudut gedung itu. Hantu ini hanya jahil dan bukan sosok yang berbahaya.

Itulah cerita mistis yang beredar di sekitar gedung angker di Surakarta. Konon, bangunan ini dibangun di atas kuburan yang telah dipindahkan.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan kamu akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang baik dan saling pengertian akan menjadi kunci untuk menjaga hubunganmu tetap harmonis. Jangan ragu untuk mengungkapkan perasaanmu kepada pasanganmu.



Gemini Selengkapnya