Cerita Mistis Makam Angker Boyolali, Penunggu Minta Tumbal Kepada Penggarap Sawah Di Sekitarnya

"Naas, semua kuda peliaraan penggarap sawah ini jadi tumbal."

Life | 27 January 2023, 18:54
Cerita Mistis Makam Angker Boyolali, Penunggu Minta Tumbal Kepada Penggarap Sawah Di Sekitarnya

Pembangunan proyek tol di Indonesia ternyata tidak hanya menggusur pemukiman warga dan lahan pertanian. Namun juga menggusur sebuah makam, kali ini cerita mistis datang dari Boyolali, Jawa Tengah. Ada sebuah makam yang dihuni makhluk gaib harus digusur.

Penggusuran makam angker ini terjadi lantaran dibangun jalan tol Solo-Jogja. Padahal menurut warga sekitar makam ini dikenal angker yang dihuni makhluk gaib. Keangkerannya bahkan menyelimuti area sekitar, seperti penjelasan salah satu warga yang bernama Joko Sutopo.

Seperti dikutip dari suaramerdeka.com, "Memang saya belum pernah memiliki pengalaman mistis sendiri dari makam tersebut. Tapi info turun-temurun, makam itu angker, juga sawah kas desa disisinya,” kata dia, Selasa (24/1).

Hingga kini area sawah yang ada di sekitar makam angker ini tak berani ada seorang pun yang berani menggarapnya. Konon agar panen berlimpah, harus memberikan tumbal kepada penunggu makam tersebut.

Cerita Mistis Makam Angker Boyolali

Daun.id

Sumber; @exclusiveelextro

Cerita mistis makam angker ini menjadi rumor di masyarakat Boyolali di sekitarnya. Beberapa masyarakat sekitar sempat menceritakan tentang pengalamannya. Keberadaan makam ini pun dipindahkan lantaran dibangun jalan tol.

Berikut ini cerita mistis makam angker Boyolali:

1. Pembangunan tol Solo-Jogja

Saat itu di wilayah Boyolali telah terjadi pengerjaan proyek strategis nasional. Pembangunan ini harus melakukan pembebasan lahan, agar pembangunan tetap dapat dilanjutkan. Rencananya tol ini berjalan dari dua arah yaitu Solo-Jogja dan Jogja-Solo.

Seperti dilansir dari msb.com, sebagai berikut; "Nantinya pengerjaan konstruksi tersebut masuk dalam paket pekerjaan seksi 1 Tol Solo-Jogja yang menghubungkan Kartasura hingga Purwomartani di Sleman dengan panjang 42,37 km." Pembebasan lahan meliputi pemukiman, sawah, hingga makam.

Menurut cerita warga sekitar, makam yang akan digusur ini salah satunya dikenal makam angker. Sebelumnya telah banyak bermunculan cerita mistis di tengah masyarakat.

2. Cerita mistis makam angker Boyolali

Cerita mistis makam angker ini berada di desa Kateguhan, kecamatan Sawit, Boyolali, Jawa Tengah. Konon makam angker dihuni makhluk gaib yang meminta tumbal. Setelah dua kali panen penunggu makam akan meminta tumbal kepada penggarap sawah yang ada di sekitar.

Hingga menurut pengakuan Kades setempat tak ada yang berani menggarap saawah di sekitarnya. Sebelumnya sawah ini merupakan khas desa, yang diterjang pembangunan jalan tol Solo-Jogja. Dilansir dari suaramerdeka.com, kades memberi penjelasan;

Sawah itu juga angker. Pernah ada yang garap, setelah panen dua kali, terus ditemui ular raksasa. Sehingga kapok, tak mau menggarap lagi,” ungkap Handoyo. Konon di makam ini dihuni sosok ular raksasa.

3. Cerita mistis penunggu makam minta tumbal ke penggarap sawah

Cerita mistis ini pernah dialami masyarakat sekitar saat menggarap sawah di sekitar makam angker. Hal inilah yang kemudian membuat masyarakat enggan menggarap sawah di sekitarnya. Berikut kutipan dari suaramerdeka.com;

Lha wong minta tumbal, siapa yang mau garap sawah tersebut?” ungkapnya. Konon agar sawah dapat panen, penggarap harus memberikan tumbal ke penunggu makam angker. Pernah juga diceritakan ada seorang penggarap sawah yang berhasil panen, namun setelahnya ditemui penunggu makam.

Daun.id

sumber; @omah_reptil_nganjuk

Dulu pernah ada yang garap sawah itu. Setelah dua kali panen, kuda peliharaannya mati semua,” tutur Joko Sutopo dilansir dari suaramerdeka.com. Kini keberadaan makam angker dan sawah di sekitarnya sudah tak dapat ditemui. Sudah tergusur oleh proyek pembangunan tol Solo-Jogja.

Itulah cerita mistis makam angker dan sawah yang ada di sekitarnya. Kini sudah menjadi jalan tol Solo-Jogja.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

MINGGU, 19 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:17 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya