Obat Sakit Gigi Ketika Puasa Tanpa Obat, Tak Perlu Khawatir Batal

"Obat dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan di rumah"

Life | 28 January 2023, 07:23
Obat Sakit Gigi Ketika Puasa Tanpa Obat, Tak Perlu Khawatir Batal

Salah satu ibadah yang termasuk dalam rukun Islam yang wajib dikerjakan, adalah puasa. Ada puasa wajib dan puasa sunnah. Yang puasa wajib ini dilaksanakan pada bulan suci Romadhon. Yang hampir seluruh umat muslim menjalankannya.

Namun  saat menjalankan ibadah puasa ini tentunya memiliki berbagai tantangannya masing-masing. Yang perempuan entah haid, atau nifas. Dan kendala lainnya. Termasuk salah satu di antaranya adalah ketika sakit gigi menyerang orang yang tengah menjalankan ibadah puasa ini.

Tentunya ini amat akan mengganggu penderitanya, terlebih jika rasa sakit yang menyerang begitu luar biasa. Terlebih ibadah puasa ini tidak memperbolehkan makan dan minum sebelum waktunya berbuka, yaitu saat maghrib tiba.

Sebentar lagi juga akan memasuki bulan puasa. Nah bagi kalian yang memiliki riwayat sakit gigi tak perlu khawatir lagi saat sakit gigi ini menyerang. Ada beberapa cara pengobatan yang tanpa mengharuskan untuk meminum obat yang bisa dilakukan, saat tiba-tiba sakit gigi menyerang. Ketika kalian sedang khusyuk menjalankan ibadah puasa nanti.
Daun.id

pixabay

Selengkapnya simak ulasannya di bawah ini:
> Kompres es batu
Mengatasi sakit gigi saat puasa yang memungkinkan mudah untuk dilakukan yaitu, dengan kompres es batu. Es batu ini bertujuan untuk meredakan nyeri yang terdapat di gigi dengan cara mempersempit pembuluh darah untuk sementara waktu.

Tak hanya  itu, kompres es batu bisa juga membantu meredakan peradangan dan pembengkakan yang terjadi saat sakit gigi. Bagaimana cara melakukannya, simak:
- Bungkus beberapa es batu ke dalam handuk atau kain bersih
- Tempelkan pada area pipi yang menjadi lokasi gigi yang sakit tersebut
- Tahan selama kurang lebih 20 menit
- Ulangi beberapa kali dalam sehari, yaitu selama menjalankan puasa selama seharian itu sampai rasa nyeri hilang

> Mengoleskan minyak cengkeh
Mengoleskan minyak cengkeh pada gigi, sebagai cara meredakan sakit gigi saat puasa. Cengkeh mempunyai kandungan zat yang dapat mengatasi peradangan (inflamasi). Seperti yang sudah diketahui, peradangan juga salah satu dari pemicu sakit gigi. Bagaimana cara melakukannya? Simak di bawah ini:

- Tuangkan minyak cengkeh secukupnya pada sebuah kapas atau cotton bud
- Oleskan pada gigi yang sakit
- Lakukan sebanyak beberapa kali setiap hari sampai sakit gigi sembuh
- Selain mengoleskannya ke gigi, bisa mencampurkan minyak cengkeh ke segelas air hangat, kemudian berkumurlah dengan air tersebut

Namun perlu juga diperhatikan saat pengolesan minyak cengkeh yang ada di kapas, agar tidak mengenai lidah. Bisa dilakukan dengan pelan-pelan. Supaya ibadah puasa tetap terlaksana hingga selesai waktu berbuka.

> Menempelkan kantung teh peppermint
Mengobati sakit gigi saat puasa selanjutnya, yang tak banyak orang ketahui yaitu dengan menempelkan kantung teh peppermint.

Daun teh peppermint disebut-sebut juga efektif meredakan nyeri pada gigi, termasuk pada kasus gusi berdarah. Di bawah ini cara pemanfaatan kantung teh peppermint untuk membantu mengobati sakit yang terdapat di gigi:

- Dinginkan kantung teh peppermint terlebih dahulu
- Tempelkan kantung teh pada bagian luar, yaitu pipi. Di mana lokasi tersebut gigi yang mengalami nyeri serta sakit, selama beberapa menit
- Ulangi selama beberapa kali dalam sehari
Daun.id

pixabay

> Berkumur air garam
Berkumur dengan menggunakan air garam menjadi salah satu andalan cara untuk mengatasi sakit gigi lainnya yang bisa dicoba.

Garam itu sendiri mengandung zat-zat yang begitu ampuh meredakan peradangan pada mulut dan gigi. Begini cara berkumur dengan menggunakan air:

- Siapkan ½ sendok teh garam
- Larutkan garam di dalam segelas air hangat
- Berkumur dengan kepala menengadah ke atas selama beberapa detik
- Ulangi selama beberapa kali dalam sehari

> Berbaring dengan posisi kepala lebih tinggi
Ketika nyeri pada gigi sudah tidak tertahankan, bisa juga membaringkan tubuh sejenak dengan posisi di mana kepala lebih tinggi daripada tubuh. Tempatkan kepala di atas bantal untuk membuatnya lebih tinggi dibandingkan dengan posisi tubuh.

Cara ini memiliki fungsi untuk melancarkan peredaran darah di area kepala. Jika aliran darah yang ada di kepala itu terhambat akan memperparah gejala nyeri yang terjadi di gigi.

Catatan:
Juga penting untuk diperhatikan apabila melakukan cara pengobatan sakit gigi dengan berkumur. Yaitu jangan terlalu berlebihan. Terlebih jika berkumur berlebihan akan menjadi makruh, sekaligus bisa membatalkan puasa yang sedang dijalankan.

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

RABU, 24 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:51 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Taurus akan mengalami perubahan positif dalam hubungan percintaan. Jika sudah memiliki pasangan, hubungan akan semakin harmonis. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya