Kisah Unik Presiden Jokowi Numpang Toilet Sederhana Milik Warga

"Sosoknya begitu sederhana"

Life | 29 January 2023, 18:45
Kisah Unik Presiden Jokowi Numpang Toilet Sederhana Milik Warga

Presiden Joko Widodo atau biasa disapa Jokowi, dikenal sebagai presiden yang begitu dekat dengan rakyatnya. Hal itu karena Jokowi sering lakukan blusukan ke kampung-kampung bahkan hingga ke tempat-tempat pelosok di tanah air.

Dengan blusukan, pria asal Jawa Tengah itu bisa melihat kondisi masyarakatnya secara langsung dan juga mendengarkan keluhan-keluhan dari warganya.

Setiap kali blusukan, tentu saja semua keperluan dan kebutuhan pribadi Jokowi sudah disiapkan oleh para staf dan ajudannya. Ia pun selalu dikawal oleh paspampres dengan ketat.

Namun ada sebuah kejadian unik yang dialami oleh Jokowi saat lakukan blusukan ke salah satu daerah di Tanah Air.

Meski semua keperluan orang nomer satu di tanah air itu sudah disediakan dan disiapkan oleh satafnya, namun ada kebutuhan yang terjadi di luar dugaan.

1. Jokowi Numpang Toilet Sederhana Milik Warga

Hal di luar dugaan itu adalah masalah toilet. Ya, dalam sebuah unggahan video pendek berdurasi 29 detik dari akun @tommysetiotomo, pada hari Sabtu (18/4/2021) memperlihatkan Jokowi mampir ke rumah sebuah warga. Ia masuk ke dalam rumah dan menuju ruang belakang.

Orang yang merekam video tersebut menggunakan ponselnya, yang tak lain juga sebagai pemilik rumah, terdengar gembira lantaran rumahnya disambangi Presiden. Tampak pula interior rumah yang sederhana.

Seorang anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) berpakaian putih terlihat sudah menunggu di depan toilet.

Personel itu tampak memegangi pintu toilet, sampai Presiden Jokowi masuk ke dalamnya.Ketika Presiden sudah masuk, seorang personel Paspampres lain yang berbaju hitam lalu menutup pintu dan berjaga di luar.

Daun.id

Jokowi numpang toilet warga/ Sumber: @tommysetiotomo

Ya, ternyata Jokowi menumpang toliet di rumah warga saat blusukan. Belum diketahui lokasi video tersebut dibuat. Sang pengunggah video hanya memberikan caption atau judul video dengan menuliskan kisah masa lalu Presiden Jokowi.

Dalam video tersebut, terlihat Presiden Jokowi sedang mengenakan setelan yang biasa digunakannya saat berkunjung dan blusukan ke daerah.

Presiden Jokowi kemeja putih lengan panjang sebagai atasan dan celana bahan hitam sebagai bawahan. Tak lupa masker berwarna abu-abu dan sepatu kets kesayangan yang selalu dikenakan.

2. Cerita Seorang Warganet tentang Jokowi Pernah Tak Punya Toilet.

Kamar mandi dan toilet sudah menjadi tempat yang wajib ada di setiap rumah. Karena aktivitas sehari-hari akan terganggu jika toilet atau kamar mandi tidak ada. Karena, tentu setiap hari kita akan melakoni aktitas terkait mencuci, mandi adatu buang air.

Namun ternyata, Presiden kita dulunya pernah alami tak punya tolite lho. Hal itu dikisahkan oleh salah seorang yang mengunggah video saat Jokowi menumpang ke rumah warga untuk menggunakan toiletnya.

Daun.id

Jokowi keluar dari tolilet/ Sumber: @tommysetiotomo

"Jokowi pernah berkisah sering mandi di Sungai Kalianyar di sebelah utara Terminal Tirtonadi Solo, lantaran di rumahnya dulu tak memiliki kamar mandi. Sebenarnya, ada kamar mandi umum di sekitar tempat tinggalnya. Tapi warga harus antre karena kamar mandi itu digunakan untuk 20 keluarga," tulisnya.

3. Jokowi Nonton Pertandingan Sepakola di Pos Polisi

Jokowi ternyata juga mempunyai hobi olahraga lho. Setidaknya ikut menyaksikan pertandingan sepakbola. Saat itu, Jokowi sedang menuju ke Istana Bogor. Di tengah jalan, ia meminta kepada sopir untuk memberhentikan mobil karena hendak tunaikan ibadah sholat maghrib di sebuah pos polisi.

Usai tunaikan sholat maghrib, Jokowi menyempatkan dulu menonton pertandingan sepakbola di siaran stasiun televisi sebelum akhirnya lanjutkan perjalanan ke Istana Bogor. Ia terlihat begitu menikmati siaran pertandingan sepakbola itu.

Daun.id

Jokowi menonton sepakbola di pos polisi / Sumber: @aryprasetyo85

Video itu diunggah oleh sebuah aku @aryprasetyo85. Kejadian itu di arah Tol Jagorawi dan terjadi sekitar setahun yang lalu. Sontak unggahannya pun sat itu diserbu like dan komentar warganet. 

(abdul mufid/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan kamu akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang baik dan saling pengertian akan menjadi kunci untuk menjaga hubunganmu tetap harmonis. Jangan ragu untuk mengungkapkan perasaanmu kepada pasanganmu.



Gemini Selengkapnya