Fakta Sejarah Gedung Perjanjian Linggarjati Dulu Bekas Rumah Milik Janda, Ini Kisahnya

"Gedung ini menyimpan banyak sejarah"

Life | 30 January 2023, 15:19
Fakta Sejarah Gedung Perjanjian Linggarjati Dulu Bekas Rumah Milik Janda, Ini Kisahnya

Perundingan atau Perjanjian Linggarjati merupakan salah satu perjanjian antara Indonesia dan Belanda dalam sejarah kemerdekaan. Perjanjian ini digelar di Linggarjati, Jawa Barat, dan ditandatangani di Istana Merdeka Jakarta, terkait status kemerdekaan RI.

Sebelum Perjanjian Linggarjati dilaksanakan, telah digelar rangkaian perundingan di Jakarta maupun Belanda, namun kedua belah pihak belum menemukan titik temu mengenai status Indonesia sebagai negara yang merdeka.

Hingga akhirnya, tanggal 11-13 November 1946 digelar pertemuan di Linggarjati, Jawa Barat. Hasil perundingan ini diteken pada 15 November 1946 lalu diratifikasi secara resmi pada 25 Maret 1947 di Istana Merdeka, Jakarta.

Namun tahukah anda ada kisah menarik tentang gedung yang dijadikan tempat  berlangsungnya perjanjian Linggarjati ini?

1. Letak Gedung Perjanjian Linggarjati

Tak jauh dari Kota Cirebon, salah satu kota tujuan wisata utama di Jawa Barat, ada gedung bersejarah bagi perjuangan Indonesia dalam meraih kemerdekaan secara penuh.

Ya, tempat itu adalah Gedung Perundingan atau Perjanjian Linggarjati, yang terletak di Dusun Cipaku, Kelurahan Linggajati, Kecamatan Cilimus.

Daun.id

Potret lawas Gedung Linggarjati/ Sumber: kemlu.go.id

Seperti diketahui, Gedung Linggarjati merupakan salah satu saksi sejarah mediasi Indonesia dengan Belanda yang di lakukan di tanggal 11-13 November 1947. Dilansir dari kemlu.go.id, dalam perundingan tersebut ditetapkan beberapa hasil seperti, Pengakuan Belanda secara De facto atas eksistensi Negara Republik Indonesia yang meliputi Sumatera, Jawa dan Madura.

2. Dibangun di Atas Tanah Seluas 1.052 m²

Melansir dari merdeka.com, jika tempat yang sangat bersejarah ini dibangun di atas tanah seluas 1.052 m². Gedung yang dibangun di atas lahan seluas 1.052 m² itu pun dulunya menjadi salah satu bangunan yang cukup megah dan besar.

Sebuah kanal youtube mengunggah sebuah potret di mana kondisi Gedung Lingarjati saat itu, tepatnya saat masih belum direnovasi. Bangunannya pun mempunyai desain yang cukup mewah di zamannya. Dengan atap yang menjulang tinggi khas bangunan tempo dulu.

Daun.id

Gedung Linggarjati sebelum direnovasi/ Sumber: Youtube Koela

Seiring berjalan, Gedung itupun direnovasi sedemikian rupa. Karena di dalam perjalanannya, Gedung Perundingan Linggarjati pernah berkali-kali beralih fungsi. Menjadi gedung perundingan hingga museum seperti sekarang.

3. Bekas Rumah Seorang Janda Bernama Jasitem

Agus Suparman, selaku staff pengelola gedung menerangkan jika mulanya bangunan tersebut merupakan rumah sederhana dari seorang janda. Ia pernah menikah dengan seorang pengusaha gula Belanda di Cirebon pada tahun 1918.

“Jadi dahulu gedung perjanjian ini merupakan gubug/rumah sederhana dari Ibu Jasitem, seorang janda yang dinikahi oleh pengusaha gula Belanda dari wilayah Cirebon, kemudian dibeli oleh pengusaha gula juga dari Pabrik Gula Sindang Laut bernama Mr Yakobus Yohanes Van Os dan direnovasi menjadi semi permanen tahun 1921” kata Suparman seperti dilansir dari youtube Kanal Koela.

Daun.id

Gedung Linggarjat/ Sumber: kemlu.go.id

Beberapa tahun kemudian bangunan yang juga disinggahi Van Os bersama keluarganya itu dijadikan sebuah hotel bernama Hotel Ruustord di tahun 1935. Kemudian diubah kembali menjadi Hotel Hokay Ryokan saat penjajahan Jepang tahun 1942. Terakhir menjadi Hotel Merdeka di tahun 1945.

(abdul mufid/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

MINGGU, 23 JUNI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:30 SUBUH 04:40 DUHA 06:24 ZUHUR 11:57
ASHAR 15:19 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:05  

Zodiak Cancer Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Juni 2024, hubungan percintaan Anda akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang kurang baik dapat menyebabkan konflik dan ketegangan dalam hubungan. Penting bagi Anda untuk berbicara dengan jujur dan terbuka dengan pasangan Anda untuk mengatasi masalah ini. Jaga kepercayaan dan komitmen dalam hubungan Anda.



Cancer Selengkapnya