Bawang Merah Obat Radang Tenggorokan Secara Alami, Ketahui Manfaatnya

"Atasi radang tenggorokan dengan bawang merah."

Life | 31 January 2023, 06:36
Bawang Merah Obat Radang Tenggorokan Secara Alami, Ketahui Manfaatnya

Tenggorokan yang bermasalah memang selalu menjadi salah satu momok kesehatan yang umum, penyebab demam dan penyakit yang lainnya. Berbagai macam hal penyebab Sakit ya Tenggorokan, atau biasa yang disebut dengan Radang Tenggorokan ini.

Mulai dari serak dan nyeri saat menelan makan. Hinggah kesulitan untuk berbicara. Ada sebagian pula yang menganggap Radang Tenggorokan ini adalah masalah yang sepele. Padahal hal itu tidak bisa dianggap semudah itu. Karena bisa saja penyebab dari virus atau bakteri.

Seperti berapa tahun terakhir, salah satu gejala dari COVID-19 adalah saat Tenggorokan Sakit. Jadi belum tentu bisa dianggap seremeh itu. Namun tak perlu khawatir, salah satu obat yang bisa membantu Radang Tenggorokan terjadi sudah tersedia di Apotek, dan juga bisa melakukan rujukan ke dokter untuk lebih amannya.

Bila tak ingin melakukan keduanya, kabar baiknya. Banyak dari bahan dapur yang bisa digunakan dan dimanfaatkan untuk membantu mengobati dari Radang Tenggorokan ini. Salah satu di antaranya yang tentu tidak umum lagi adalah yang menjadi bahan inti seluruh masakan Indonesia. Tak lain tak bukan adalah Bawang Merah.

Manfaat Bawang Merah
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Nah, Bawang Merah ini ternyata dipercaya menjadi salah satu obat yang bisa membantu untuk mengobati Radang Tenggorokan. Yang dikenal dengan nama Allium Cepa Var Ascalonicum merupakan tanaman yang dapat dijadikan dan selalu menjadi primadona sebagai bumbu masakan di kalangan masyarakat Indonesia bahkan di dunia. Sehingga dalam Bawang Merah ini mengandung kalium, serat, vitamin C, asam folat, kalsium, zat besi dan juga penagtur tubuh yaitu hormone auksin dan giberelin.

Sehingga Bawang Merah ini juga bisa dijadikan sebagai obat. Salah satunya yaitu obat untuk Radang Tenggorokan. Karena Bawang Merah juga mengandung efek anti-septik dan senyawa alin yang dapat mengatasi penyakit Radang Tenggorokan. Di mana kandungan quercetin yang terdapat dalam Bawang Merah ini tentunya sangat baik sekali untuk meredakan peradangan. Selain dapat mengatasi hal tersebut Bawang Merah juga dapat membantu dalam mengurangi sakit di kepala akibat sinus dan hidung yang tersumbat.

Dibandingkan dengan bawang pada umumnya. Seperti bawang bombai biasa, bawang merah merupakan sumber protein, serat, dan mikronutrien yang lebih terkonsentrasi, termasuk kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, seng, tembaga, folat, vitamin B, dan vitamin A dan C.

Cara Menggunakan Bawang Merah
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Memanfaatkan Bawang Merah sebagai obat tentunya dengan beberapa cara. Tentunya bukan dengan dimakan langsung, bila tidak suka mengonsumsinya demikian. Simak di bawah ini untuk lebih jauhnya:
1. Ambil beberapa siung dari Bawang Merah. Umumnya dua atau tiga siung
2. Kemudian rebus Bawang Merah ke dalam air mendidih
3. Setelah itu tuangkan ke gelas dan minum air rebusan Bawang Merah ini
4. Bila tidak ingin diminum bisa digunakan untuk berkumur, juga jika tidak suka dengan rasa dari rebusan Bawang Merah ini yang tentunya tanpa campuran apa pun
5. Atau bisa menambahkan madu ke dalamnya bila tetap ingin meminumnya. Agar tak terasa kuat dari Bawang Merah ini

Nah, bagaimana? Mudah bukan cara membuat racikan untuk obat Radang Tenggorokan dari Bawang Merah. Silakan mencobanya sendiri di rumah.

(alvain shinta/al)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 18 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:27 SUBUH 04:37 DUHA 06:16 ZUHUR 11:54
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:53 ISYA 19:03  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Anda sebagai seorang Aries akan berjalan dengan baik. Anda akan merasa lebih dekat dengan pasangan Anda dan saling mendukung satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi secara jelas dan terbuka untuk menghindari konflik yang tidak perlu.



Aries Selengkapnya