Peristiwa Penting Saat Bulan Rajab, Dari Isra' Mi'raj Hingga Pembebasan Baitul Maqdis

"Salah satu bulan mulia"

Life | 31 January 2023, 12:30
Peristiwa Penting Saat Bulan Rajab, Dari Isra' Mi'raj Hingga Pembebasan Baitul Maqdis

Bulan Rajab merupakan bulan yang mulia bagi umat Muslim. Sebab pada bulan Rajab cukup banyak amalan dengan pahala yang melimpah yang dapat diraih.

Bulan Rajab dikatakan sebagai bulan mulia karena cukup banyak peristiwa penting yang terjadi di bulan Rajab. Dikutip dari , bulan Rajab termasuk dalam bulan-bulan yang mulai. Dengan begitu, bulan Rajab merupakan salah satu bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT.

Pada bulan Rajab juga banyak terjadi peristiwa penting dalam Islam. Penasaran peristiwa apa saja? yuk intip.

1. Rasulullah SAW dalam kandungan

Bulan Rajab dikatakan sebagai bulan yang sangat penting, sebab pada bulan Rajablah Rasulullah SAW berada di dalam kandungan untuk pertama kalinya. Hal ini sesuai jika dalam perhitungan Rasulullah lahir pada bulan Rabiul Awal yang jaraknya sembilan bulan dari Rajab.

2. Turunnya perintah shalat

Bulan Rajab juga merupakan bulan penuh sejarah, salah satunya peristiwa Isra' Mi'raj yang berlangsung pada 27 Rajab. Isra' Mi'raj dilakukan oleh Rasulullah SAW sebelum beliau hijrah ke Madinah.

Isra' Mi'raj merupakan perjalanan Rasulullah SAW yang dilakukan dari Masjid Haram Mekkah ke Masjid Al-Aqhsa Palestina hingga Sidratul Muntaha. Pada saat Isra' Mi'raj inilah Allah SWT memerintahkan untuk shalat lima waktu sesuai dengan hadist berikut.

"Lima waktu itu setara dengan lima puluh waktu. Tak akan lagi berubah keputusan-Ku." Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Aku kembali bertemu dengan Musa. Ia menyarankan, 'Kembalilah menemui Rabbmu'. Kujawab, 'Aku malu pada Rabbku'." (HR Bukhari).

3. Perang Tabuk

Perang Tabuk dikenal sebagai salah satu perang terbesar yang pernah dirasakan oleh Rasulullah SAW semasa hidup. Perang Tabuk terjadi pada tahun ke-9 setelah hijrah. Perang Tabuk ini berbeda dari perang lainnya yang pernah dirasakan oleh Rasulullah SAW. Sebab pada Perang Tabuk Rasulullah yang mengerahkan hingga 30 ribu pasukan yang terjadi pada musim yang sangat panas dan terasa sangat sulit bagi pasukan Muslim untuk mencapai tujuan.

4. Pembebasan Palestina

Pada bulan Rajab, Sultan Shalahudiin Al Ayyubi sukses membebaskan Baitul Maqdis yang berada di Palestina. Hebatnya pembebasan ini tanpa melalui perang senjata, namun dengan mempersatukan umat Islam menjadi dalam satu akidah.

5. Berakhirnya sistem khilafah

Khilafah terakhir yakni Kerajaan Ustmaniyyah runtuh pada 27 Rajab. Khilafah yang menguasai Turki ini runtuh dan dihapus oleh Mustafa Kemal Attaturk. Khilafah Ustmaniyyah sebelumnya berhasil menguasai 2/3 dunia dan selalu memberi nama baik dalam sistem pemerintahan Islam pada beberapa generasi.

(fahrul hikami/i)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 26 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya