10 Masjid Terbesar dan Termegah di Dunia, Salah Satunya Dari Indonesia

"Megah dan indah"

Life | 31 January 2023, 12:56
10 Masjid Terbesar dan Termegah di Dunia, Salah Satunya Dari Indonesia

Masjid kini bukan hanya menyediakan kenyamanan bagi umat Muslim yang ingin berbadah saja namun juga memberikan keindahan. Sebab kini beberapa masjid di dunia memiliki gaya arsitektur yang indah dan unik. Bahkan kini banyak masjid yang dibangun dengan bangunan yang besar dan luas sehingga dapat menampung jamaah dengan jumlah yang besar.

Masjid merupakan tempat beribadah bagi umat Islam. Biasanya masjid hanya untuk beribadah saja, namun kini masjid telah mengalami kemajuan dengan berbagai manfaat seperti adanya ruang pertemuan dan tempat beristirahat.

Jika kita menganggap bahwa Masjid Al-Haram yang berada di Mekkah merupakan masjid terbesar di dunia, meskipun anggapan itu benar, namun masih banyak masjid di dunia ini dengan bangunan yang besar yang perlu kamu ketahui. Penasaran masjid apa saja? yuk intip.

1. Masjidil Haram, Arab Saudi

Daun.id

Sumber: Facebook Al-Quran KitabKu

Masjidil Haram dinobatkan sebagai masjid termegah di dunia nomor satu. Masjidil Haram terletak di Kota Mekkah, Arab Saudi. Dalam masjid terdapat kiblat bagi seluruh umat Muslim dari penjuru dunia yakni Ka'bah. Masjidil Haram ini memiliki luas lebih dari 365 ribu meter persegi.

2. Masjid Nabawi, Arab Saudi

Daun.id

Sumber: Facebook Zumbransyah Ansepas Al-Banjary

Masjid yang terletak di Madinah, Arab Saudi ini memiliki luas hingga 400 ribu meter persegi dan dapat menampung jamaah hingga 600 ribu hingga 1 juta jamaah. Masjid Nabawi menjadi masjid terbesar kedua setelah Masjidil Haram.

3. Masjid Faisal, Pakistan

Daun.id

Sumber: Facebook Saqib Iqbal

Masjid Faisal terletak di Islamabad, Pakistan, atau lebih tepatnya berada di kaki bukit Margalla. Masjid ini memiliki desain yang terinspiras dari bentuk tenda Suku Badui. Luas Masjid Faisal ini mencapai hingga 5 ribu meter persegi.

4. Masjid Imam, Irak

Daun.id

Sumber: Facebook Abidin Ali Kymayl

Masjid yang berada di kota Najaf, Irak ini merupakan masjid terbesar dengan luas hingga 140 hektar. Keunikan Masjid Imam ini karena bukan hanya sebagai tempat beribadah saja, namun juga menjadi kompleks pemakaman dari sahabat Rasulullah SAW yakni Imam Ali.

5. Masjid Istiqlal, Indonesia

Daun.id

Sumber: Facebook Rusman Binsolaeh

Masjid yang berada di Jakarta, Indonesia ini dibangun pada 1961 dan diresmikan pada 22 Februari 1978. Masjid Istiqlal menjadi masjid terbesar di dunia dari Indonesia dengan memiliki luas hingga 9,5 hektar dan dapat menampung jamaah sebanyak 200 ribu orang.

6. Masjid Imam Reza, Iran

Daun.id

Sumber: Facebook Rumah Atas Pokok

Masjid Imam Reza terletak di kota Mashhad, Iran dengan memiliki luas hingga 331 ribu meter persegi. Diperkirakan masjid ini bisa menampung sebanyak 100 ribu pengunjung dalam satu waktu.

Masjid Imam Reza juga terdapat sebuah makam dari Imam Reza yang merupakan imam kedelapan dari 12 Syiah. Tak hanya itu, masjid ini juga memiliki museum hingga perpustakaan yang ramai dikunjungi.

7. Masjid Hassan II, Maroko

Daun.id

Sumber: Facebook Anna Muslim

Masjid Hassan II berada di kota Casablanca, Maroko yang dikenal memiliki bangunan yang megah dan besar dengan luas area hingga 9 hektare. Tak hanya itu, Masjid Hassan II juga memiliki keindahan pemandangan karena letaknya berseberangan dengan Samudera Atlantik.

8. Bara Imambara, India

Daun.id

Sumber: Facebook Mohd Rafiq

Masjid Imambara terletak di kota Lucknow, India. Terdapat keunikan dari masjid ini yakni kontruksi masjid ini memiliki sumur tangga dengan air yang mengalir. Tak hanya itu, di Masjid Bara Imambara juga terdapat labirim yang jumlahnya mencapai 1.024.

9. Masjid Badshahi, Pakistan

Daun.id

Sumber: Facebook Pakistan

Masjid Badshahi ini berada di Kota Lahore, Pakistan dengan memiliki kapasitas hingga 60 ribu jamaah. Masjid Badshahi berdiri di luas area lebih dari 250 meter persegi. Masjid ini dibangun pada abad ke-17 atas perintah dari Dinasti Mogul Besar.

10. Masjid Al Saleh, Yaman

Daun.id

Sumber: Facebook Dwi N. Khodijah

Masjid megah yang berada di kawasan bukit Kota Sana'a, Yaman ini memiliki luas hingga 27.300 meter persegi dan bisa menampung hingga 45 ribu jamaah. Nama Masjid As Saleh ini diambil dari nama presiden Yaman, Ali Abdullah Saleh

(fahrul hikami/i)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 18 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:27 SUBUH 04:37 DUHA 06:16 ZUHUR 11:54
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:53 ISYA 19:03  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Anda sebagai seorang Aries akan berjalan dengan baik. Anda akan merasa lebih dekat dengan pasangan Anda dan saling mendukung satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi secara jelas dan terbuka untuk menghindari konflik yang tidak perlu.



Aries Selengkapnya