Cerita Mistis Hotel di Banjarmasin Terbengkalai, Konon Banyak Mayat Terjebak Kebakaran

"Tragedi berdarah Jumat Kelabu 1997 yang tak dapat dilupakan."

Life | 31 January 2023, 14:51
Cerita Mistis Hotel di Banjarmasin Terbengkalai, Konon Banyak Mayat Terjebak Kebakaran

Banjarmasin merupakan pusat keramaian yang sekaligus menjadi ibu kota provinsi Kalimantan Selatan. Sebuah kota yang selalu ramai dipadati banyak pengunjung. Akan tetapi keramaian kota, bukan berarti kota itu tak menyimpan cerita mistis.

Jauh sebelumnya di Banjarmasin pernah ada tragedi berdarah yang menewaskan banyak orang. Tragedi ini dijuluki dengan peristiwa "Jumat Kelabu" yang terjadi pada tanggal 23 Mei 1997. Saat itu terjadi sebuah kerusuhan yang hingga saat ini masih membekas bagi masyarakat sekitar.

Salah satu bangunan yang menjadi saksi sejarah di balik peristiwa ini ialah "A Hotel". Sebuah hotel yang berada di tengah kota, namun kini terbengkalai. Menurut dari sumbernya, A hotel terakhir aktif pada tahun 2017.

Di sekitarnya terdapat beragam pertokoan yang menjadi pusat keramaian. Namun kondisinya kini tak terawat lagi. Sehingga banyak muncul rumor tentang keangkeran tempat ini di tengah masyarakat. Ditambah kondisi dinding yang kumuh, menambah aura mistis yang kuat.

Cerita Mistis Hotel Banjarmasin Terbengkalai

Daun.id

sumber; @bisajadi.aam

Banjarmasin sebagai ibu kota Kalimantan Selatan, menyimpan banyak bangunan peninggalan sejarah. A Hotel menjadi salah satu saksi Jumat Kelabu kerusuhan pada tahun 1997. Banyak pusat pertokoan, mobil, gedung, menjadi amukan massa dan dibakar pada saat itu.

1. Tragedi Jumat Kelabu 1997

Saat itu pada tanggal 23 Mei 1997 terjadi tragedi kerusuhan "Jumat Kelabu" yang sampai saat ini peristiwa tersebut tak bisa dilupakan. Banyak gedung, pusat pertokoan, mobil, dan gedung lainnya dijadikan sasaran amuk massa. Gedung di bakar, namun ada orang di dalamnya.

Akibat peristiwa ini dikabarkan korban jiwa meninggal akibat kebakaran. Saat itu aparat kewalahan untuk mengendalikan kondisi. Para penghuni terjebak kebakaran di dalamnya. Api dengan cepat membakar hingga ke seluruh bagian gedung. Hingga kini tragedi tak dapat dilupakan.

2. Munculnya Iklan A Hitel

A hotel sempat jadi pusat keramaian pada masa itu, bahkan beberapa artis sering menginap di sini. Kini kondisinya berbalik, lama terbengkalai dan tak terawat. Terakhir difungsikan pada tahun 2017.

Hal ini diketahui, lantaran tahun 2021 Walikota Banjarmasin pernah meninjau tempat itu. Pasalnya di sebuah situs travel, pernah muncul sebuah iklan yang bernama penginapan "A Hotel". Padahal sejak tahun 2017, tempat ini sudah tidak difungsikan.

3. Cerita mistis A Hotel di Banjarmasin

Lama terbengkalai membuat rumor mistis beredar di tengah masyarakat. Seperti yang telah diceritakan oleh salah seorang netizen terkait penginapan "A Hotel". Bahkan beberapa netizen lainya juga ikut mencceritakan.

Suatu ketika terjadi kejadian yang ganjil, seorang pemuda menceritakan pernah mau menginap di A Hotel. Saat itu dia datang ke lobby hotel, dan bertanya pada petugasnya. Saat itu menurut petugas yang berjaga, kamar hotel ternyata penuh.

Pemuda ini pun merasa aneh, padahal di parkiran tak ada satupun kendaraan. Konon, hal ini ada kaitannya dengan banyak mayat korban tragedi Jumat Kelabu 1997. Orang-orang yang terjebak dalam hotel yang dibakar massa pada saat itu.

Itulah kisah mistis yang menyelimuti A hotel di Banjarmasin. Dikenal angker, banyak mayat terjebak di dalamnya. Hingga kini tragedi Jumat Kelabu 1997 tak dapat dilupakan oleh masyarakat sekitar.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Dalam hal percintaan, bulan Juni 2024 akan menjadi periode yang menarik bagi kamu sebagai seorang Gemini. Kamu mungkin akan bertemu seseorang yang menarik dan menarik perhatianmu. Namun, penting untuk tetap berhati-hati dan tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan terkait hubungan asmara.



Gemini Selengkapnya