Cerita Mistis Hutan Sancang Garut, Auman Harimau Jelmaan Prabu Siliwangi

"Konon Prabu Siliwangi lari ke hutan ini dan mengubah diri menjadi maung."

Life | 31 January 2023, 19:00
Cerita Mistis Hutan Sancang Garut, Auman Harimau Jelmaan Prabu Siliwangi

Cerita mistis hutan Sancang Garut, tak habis-habisnya menjadi buah bibir di tengah masyarakat. Menurut berbagai sumber hutan Sancang ini dikenal sebagai tempat angker. Konon ada kaitannya dengan Raja Sunda yang populer yaitu Prabu Siliwangi.

Menurut kisahnya, Prabu Siliwangi menghilang di hutan Sancang. Letak hutan ini berada di kawasan kecamatan Cibalong, kabupaten Garut, Jawa Barat. Terkenal dengan auman harimau Sancang yang dianggap jelmaan dari Prabu Siliwangi.

Disisi lain, tempat ini sering digunakan oleh para pendekar untuk melakukan uji kesaktian. Mereka datang bertujuan menaikkan ilmu kedigdayaan dan kanuragan. Sehingga sempurnalah ilmu para pendekar yang melakukan beberapa ritual di hutan Sancang.

Namun beredar cerita yang membayangi masyarakat Garut, hutan ini dikenal angker dan memiliki beragam cerita mistis. Seperti yang dialami salah seorang yang katanya, istrinya mendengar bisikan gaib. Dan merupakan penduduk yang berasal dari wilayah hutan Sancang.

Cerita Mistis Hutan Sancang Garut

Daun.id

sumber; @putrasunda.spiritual

Beredar sebuah mitos tentang Prabu Siliwangi yang menghilang di wilayah hutan Sancang Garut. Konon mengubah dirinya menjadi seekor harimau yang kini sering didengar aumannya di hutan tersebut. Berikut ini cerita mistisnya:

1. Kisah legenda Prabu Siliwangi menghilang di Hutan Sancang

Hutan Sancang terletak di kabupaten Garut, Jawa Barat. Prabu Siliwangi memiliki anak ke tiga yang bernama Raden Kian Santang yang beragama Islam. Saat itu, Prabu Siliwangi tetap teguh dengan ajaran nenek moyangnya. Sehingga terjadi perbedaan antara sang anak dan bapak.

Menghindari pertumpahan darah, Prabu Siliwangi memilih meninggalkan kerajaan. Hutan Sancang inilah yang dijadikan pelarian oleh sang Prabu. Singkat cerita, Kian Santang terus mengejar Prabu Siliwangi. Karena inilah Prabu Siliwangi memilih mengubah wujud menjadi Harimau di hutan Sancang.

Konon saat berubah wujud, menurut Rosyadi, Prabu Siliwangi menggunakan mantra ini; "Kaboa panggih, kaboa moal, tapak lacak kaula ku anak incu." Prabu Siliwangi pun berubah menjadi seekor maung (harimau). Kisah ini kemudian melekat di hati masyarakat Jawa Barat.

2. Cerita mistis nyasar di hutan Sancang

Kejadian lain juga pernah dialami oleh beberapa orang yang melintasi kawasan tersebut. Saat itu seorang perempuan bersama rombongan hendak berlibur di pantai kawasan hutan tersebut. Terlalu asyik memancing hingga tak sadar waktu telah gelap.

Hingga akhirnya mereka pun bergegas untuk keluar dari pantai hutan tersebut. Mereka kesasar ke sabuah perkampungan yang menurutnya sangat sepi. Anehnya, saat itu juga sinyal sulit ditangkap dan berbeda pada saat di dekat pantai tadi.

Sempat bertanya ke masyarakat yang ada di sekitar. Namun bukannya menemukan jalan, mereka justru tersesat di sebuah kuburan. Baru beberapa saat kemudian datanglah penduduk setempat yang menujukkan jalan.

Demikianlah tentang cerita mistis Hutan Sancang Garut. Konon diduga sebagai tempat Prabu Siliwangi menghilang. Di tempat itu pula Prabu Siliwangi mengubah dirinya menjadi harimau.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 16 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:28 SUBUH 04:38 DUHA 06:16 ZUHUR 11:55
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:53 ISYA 19:03  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Anda sebagai seorang Aries akan berjalan dengan baik. Anda akan merasa lebih dekat dengan pasangan Anda dan saling mendukung satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi secara jelas dan terbuka untuk menghindari konflik yang tidak perlu.



Aries Selengkapnya