Kisah Ketaatan Idris bin Abbas Ayah Imam Syafi'i, Nikahi Wanita Cacat Demi Ridho Allah

"Kisah dari ayah Imam Syafi'i merupakan sebuah keteladanan yang patut untuk kita contoh."

Life | 31 January 2023, 20:36
Kisah Ketaatan Idris bin Abbas Ayah Imam Syafi'i, Nikahi Wanita Cacat Demi Ridho Allah

Kisah ayah Imam Syafi'i untuk bertemu jodohnya begitu mengharukan, ia rela menikah dengan wanita yang cacat tuli, buta, bisu dan lumpuh demi kehalalan buah delima yang ia makan. Kisah ini begitu mahsyur di kalangan ulama Asy Syafi'i.

Kisah Ketaatan Idris bin Abbas Ayah Imam Syafi'i

Ketika ayah Imam Syafi'i, Idris bin Abbas berjalan menyusuri sungai. Ia melihat buah delima yang hanyut terbawa air. Ia kemudian mengambil buah itu dan tanpa pikir panjang langsung memakannya. Ketika Ia telah memakan setengah dari buah delima itu, ia tiba-tiba teringat, apakah yang dimakannya itu halal? Ia menyadari buah delima itu bukanlah miliknya, dan seketika itu Idris berhenti.
Daun.id

pexels.com

Idris kemudian berjalan ke arah yang berlawanan dengan aliran sungai untuk mencari dimana ada pohon delima yang ia makan dan pemiliknya. Setelah beberapa waktu, kemudian sampailah ia di bawah pohon delima yang lebat buahnya. Letaknya persis di pinggir sungai. Mengetahui itu, ia yakin buah yang dimakannya jatuh dari pohon itu. Setelah itu Idris mencari tahu siapa pemilik pohon delima itu, bertemulah ia dengan pemiliknya. Pemiliknya adalah seorang lelaki setengah baya. 

Ia bertanya, “Saya telah memakan buah delima anda. Apakah ini halal buat saya? Apakah anda mengihlaskannya?”

Orang tua itu terdiam sebentar, lalu menatap tajam, “Tidak bisa semudah itu. Kamu harus bekerja menjaga dan membersihkan kebun saya selama sebulan tanpa gaji,” katanya kepada Idris.

Demi memelihara perutnya dari makanan yang tidak halal, Idris pun langsung menyanggupinya. Sebulan berlalu begitu saja. Idris kemudian menemui pemilik kebun. 
Setelah sebulan berlalu, Idris kemudian bertkata pada pemilik pohon, “Tuan, saya sudah menjaga dan membersihkan kebun anda selama sebulan. Apakah tuan sudah menghalalkan delima yang sudah saya makan?"

Pemilik pohon delima berkata, “Tidak bisa, ada satu syarat lagi. Kamu harus menikahi putri saya. Seorang gadis buta, tuli, bisu dan lumpuh.”

Idris terdiam, namun dia harus memenuhi persyaratan itu. Idris pun akhirnya setuju dinikahkan dengan anak gadis pemilik delima itu. 


Pertemuan Pertama Idris bin Abbas dengan Istrinya

Pemilik menikahkan sendiri anak gadisnya dengan disaksikan beberapa orang, tanpa perantara penghulu. Setelah akad nikah berlangsung, tuan pemilik kebun memerintahkan Idris menemui putrinya di kamarnya.

Ketika memasuki kamar, Idris sangat terkejut. Begitu cantik paras gadis pemilik pohon delima yang ia makan. Gadis itu bersih tanpa cacat sedikit pun. Mengetahui itu Idris kebingungan, ia berpikir salah memasuki kamar karena gadis itu tidak sesuai dengan yang dikatakan pemilik delima.
Daun.id

unplash.com

Tak percaya, Idris pun berusaha memastikan perempuan cantik bak bidadari tersebut. Namun, Idris tidak salah, ternyata perempuan itu memang benar putri si pemilik pohon delima.

Gadis itu bertanya kepada Idris, "Apa yang dikatakan ayah tentang aku?"

Idris menjawab, "Ayahmu berkata kamu adalah seorang gadis buta."

Perempuan itu lalu berkata, "Demi Allah ayahku berkata jujur. Aku buta karena aku tidak pernah melihat sesuatu yang dimurkai oleh Allah."

"Ayahmu juga berkata, kamu adalah gadis yang bisu," ujar Idris.

Perempuan itu berkata, "Ya benar, aku tidak pernah mengucapkan satu kalimat pun yang Allah murka."

Idris melanjutkan, "Tapi ayahmu berkata kamu gadis yang tuli."

Perempuan itu menjawab, "Ya benar, aku tidak pernah mendengar satu kalimat pun kecuali di dalamnya terdapat ridha Allah."

Idris kembali melanjutkan, "Ayahmu juga berkata bahwa kamu adalah gadis yang lumpuh."

Perempuan itu lalu menjawab, "Ya benar, karena aku tidak pernah melangkahkan kakiku ke tempat yang dimurkai Allah."

Nama wanita itu Ruqoyyah. Ia putri dari sang pemilik kebun tidak rela melepas Idris begitu saja. Seorang pemuda yang jujur dan menjaga diri dari makanan yang tidak halal. Ia ambil Idris sebagai menantu, yang kelak akan memberinya cucu bernama Syafi’i, seorang ulama besar, guru dan panutan bagi jutaan kaum muslimin di dunia.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Dalam hal percintaan, bulan Juni 2024 akan menjadi periode yang menarik bagi kamu sebagai seorang Gemini. Kamu mungkin akan bertemu seseorang yang menarik dan menarik perhatianmu. Namun, penting untuk tetap berhati-hati dan tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan terkait hubungan asmara.



Gemini Selengkapnya