3 Cara Mengolah Cengkeh untuk Obat Sakit Gigi Hitungan Menit

"Atasi sakit gigi dengan cengkeh."

Life | 01 February 2023, 06:26
3 Cara Mengolah Cengkeh untuk Obat Sakit Gigi Hitungan Menit

Saat sakit gigi mulai menyerang, kamu pasti merasa sakit dan tidak nyaman. Sehingga, kamu ingin lekas menyembuhkan sakit gigi tersebut. Adapun salah satu obat yang dapat dipakai, yakni cengkeh. Cengkeh ialah salah satu simplisia yang kadang ditambahkan pada ramuan obat tradisional. Bahan ini mempunyai manfaat sebagai karminatif, pencernaan, antiemetik, antidiare, antinausea (antimual), antispasmodik, dan vermifuge (obat cacing).

Cengkeh terbukti mampu merangsang sekresi lambung khususnya komponen pepsin, maka meningkatkan pencernaan dan mengusir angin. Di sisi lain, kandungan eugenol didalamnya bekerja guna mematikan sinyal saraf penyebab sakit, maka dapat mengurangi nyeri karena sakit gigi. Euganol juga memiliki sifat antiradang yang ampuh dalam mengobati gusi bengkak dan mengatasi iritasi di daerah gigi yang memiliki masalah.

Pada penelitian yang diunggah di Journal of Dentistry bahkan melaporkan minyak cengkeh mampu menggantikan peran obat benzocaine guna mengatasi nyeri ringan. Benzocaine merupakan obat bius lokal yang bekerja menekan sinyal saraf pada tubuh.

Cara mengolah cengkeh untuk obat sakit gigi

Berikut beberapa cara mengolah cengkeh untuk obat sakit gigi, yakni:

1. Memakai cengkeh
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Apabila sakit gigi tidak parah, kamu dapat langsung mengunyah cengkeh secara utuh. Pertama, kamu harus berkumur dengan menggunakan air garam hangat. Selanjutnya, letakkan tiga cengkeh di mulut dan tunggu hingga cengkeh melunak akibat air liur.

Usai cengkeh tersebut lunak, kunyah secara lembut (di area sakit gigi yang dapat mengunyahnya). Maka, minyak di cengkeh akan muncul saat cengkeh dikunyah. Kemudian, ludahkan cengkeh dan berrsihkan menggunakan air hangat.

2. Memakai minyak cengkeh

Kamu dapat memakai minyak cengkeh sebagai obat sakit gigi selanjutnya. Pertama, basuh mulut memakai air garam hangat. Selanjutnya, campurkan setengah sendok teh minyak zaitun (atau minyak kelapa) dan 2-3 tetes minyak cengkeh. Lalu, rendam bola kapas pada campuran dan letakkan di daerah gigi yang sakit dalam beberapa menit. Selanjutnya, kamu dapat membersihkannya menggunakan air hangat.

3. Memakai bubuk cengkeh

Cara lainnya kamu dapat memakai bubuk cengkeh. Pertama, kumur memakai air garam hangat (guna membantu mengeluarkan air liur). Kamu dapat mengabil sedikit cengkeh bubuk dan letakkan pada gigi yang sakit dan pipi.

Kemudian, tunggu hingga beberapa saat, hingga bubuk cengkeh bercampur dengan air liur dan bagian mulut menjadi mati rasa. Saat hal tersebut terjadi, kamu dapat mengeluarkan campuran dan basuh mulut memakai air hangat.

Efek samping cengkeh
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Efek samping cengkeh, yakni:

- Diare.
- Sariawan.
- Sakit perut.
- Mual dan muntah.
- Sesak napas.
- Susah buang air kecil.
- Pusing dan sakit kepala.
- Munculnya tasa terbakar di mulut yang bisa merambat ke hidung dan tenggorokan.
- Terjadinya sakit tenggorokan.

Tidak hanya memakai cengkeh, kamu juga dapat mencoba beberapa cara lain sebagai perawatan awal sakit gigi, seperti halnya:

- Kumur memakai air hangat yang dicampur dengan garam.
- Minum obat penghilang rasa sakit, misalnya paracetamol.
- Melakukan kompres dingin di pipi yang bengkak guna mengatasi nyeri dan pembengkakan.
- Sikat gigi dengab teratur dan memakai benang gigi (dental floss) supaya sisa-sisa makanan yang berada di sela gigi mampu dibersihkan dengan menyeluruh.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 16 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:28 SUBUH 04:38 DUHA 06:16 ZUHUR 11:55
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:53 ISYA 19:03  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Anda sebagai seorang Aries akan berjalan dengan baik. Anda akan merasa lebih dekat dengan pasangan Anda dan saling mendukung satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi secara jelas dan terbuka untuk menghindari konflik yang tidak perlu.



Aries Selengkapnya