Kisah Habib Luar Batang Ulama yang Mencapai Derajat Waliyullah, Punya 4 Karomah

"Miliki kemampuan di luar nalar"

Life | 01 February 2023, 12:20
Kisah Habib Luar Batang Ulama yang Mencapai Derajat Waliyullah, Punya 4 Karomah

Sosok Habib Husein bin Abu Bakar Alaydrus mungkin sudah tak asing lagi didengar. Ulama yang lebih dikenal dengan nama Habib Luar Batang ini lahir di Hadhramaut yang merupakan salah satu ulama besar yang diyakini derajatnya mencapai waliyullah.

Habib Luar Batang datang ke Betawi pada tahun 1746 masehi. Menurut cerita yang beredar, Habib Luar Batang wafat di Luar Batang, Betawi pada 24 Juni 1756 masehi dalam usia 30 tahun. Ilmu yang didapatkan Habib Luar Batang ini merupakan ilmu tanpa belajar atau ilmu pemberian langsung dari Allah SWT.

Namannya akan selalu dikenang oleh umat Muslim tertutama di Betawi. Sebab dirinya berjasa dalam penyebaran Islam di tanah Betawi pada abad ke-18 M.

Dapat julukan Luar Batang

Daun.id

Sumber: Facebook Belajar Tawadhu'

Habib Husein bin Abu Bakar Alaydrus mendapatkan julukan Habib Luar Batang bukan lah asal memberikan, namun terdapat kisah unik dibaliknya.

Dirinya mendapatkan julukan tersebut karena pada saat wafat dan akan dikuburkan di sekitar Tanah Abang, tiba-tiba jenazahnya tidak ada di dalam kurung batang. Kejadian tersebut tak hanya terjadi sekali saja namun hingga tiga kali. Hingga pada akhirnya pada jamaah bermufakaat untuk memakamkan Habib Luar Batang di tempat sekarang.

Makam Luar Batang sebagai tempat wisata

Daun.id

Sumber: Facebook Elva Arifin

Bagi umat Muslim di Indonesia dan pecinta ulama khususnya warga Jakarta dan sekitarnya akan rutin datang ke makam Habib Luar Batang seba kini makamnya menjadi salah satu tujuan wisata religi. Tak sedikit dari para ulama dan Habaib yang berziarah ke makam Habib Luar Batang.

Karomah Habib Luar Batang

Habib luar Batang juga memiliki beberapa karomah yang cukup populer. Karomah sendiri merupakan kejadian luar biasa pada seseorang yang dianugerahkan oleh Allah SWT kepada orang yang sholeh. Penasaran apa saja? berikut diantaranya.

1. Menolong warga gujarat

Saat hijrah dari Yaman ke Jakarta, Habib Luar Batang singgah terlebih dahulu di India. Pada saat itu, kota Gujarat yang ditempatinya tengah dilanda kekeringan dan wabah kolera hingga bak kota mati.

Dengan Karomah yang diberikan oleh Allah SWT, Habib Luar Batang sukses membantu negeri tersebut dari kekeringan menjadi daerah yang subur. Namun Habib Luar Batang memberikan satu syarat yakni penghuni wilayah tersebut harus mengucapkan dua kalimat Syahadad.

Setelah mereka setuju untuk bersyahadad dan masuk Islam, Habib Luar Batang meminta mereka untuk membuat kolam atau sumur. Setelah digali dalam, Habib Luar Batang mengajak mereka untuk menengadahkan tangan seraya berdoa dan seketika itulah hujan deras memenuhi sumur tersebut. Sejak itulah tanah yang dulunya kering bak kota mati menjadi tanah yang subur.

2. Menjadi imam saat di penjara

Habib Luar Batang pernah dipenjara oleh penguasa VOC. Dalam penjara, Habib Luar Batang ditempatkan di dalam kamar yang sempuut dan terpisah dari pengikutnya. Namun ada hal yang terduga yakni para polisi penjara melihat Habib Luar Batang menjadi imam bagi para pengikutnya dan memimpin sholat ditempat para pengikutnya dikurung.

Namun anehnya sebagian polisi penjara tersebut melihat jika Habib Luar Batang tengah menikmati tidurnya yang nyenyak di kamar penjaranya dalam keadaan terkunci rapat.

3. Uang dibuang ke laut sampai ke ibundanya

Gubernur Betawi pada saat itu masih bernama Batavia memberikan hadiah berupa sekarung uang kepada Habib Luar Batang karena dirinya tak ingin melupakan jasanya. Namun yang dilakukan oleh Habib Luar Batang malah membuang hadiah dari Gubernur Batavia ke laut.

Gubernur Batavia yang penasaran dengan apa yang dilakukan oleh Habib Luar Batang yang membuang hadiah pemberiannya ke laut mengutus penyelam untuk mencari sekarung uang tersebut. Sebelumnya Gubernur Batavia terlah diberi tahu jika uang yang dibuang dilaut untuk dikirimkan ke ibunda Habib Luar Batang.

Karena tak percaya, Gubernur Batavia mengutus ajudannya ke Yaman untuk mencari fakta tersebt, ternyata apa yang dikatakan oleh Habib Luar Batang benar adanya. Setelah bertemu dengan ibunda Habib Luar Batang mengatakan jika menerima uang yang dibuang di laut pada hari dan tanggal yang sama.

4. Prediksi tepat sasaran

Pada saat suatu hari Habib Luar Batang berteduh di daerah Gambir, lewat seorang sinyo atau anak belanda pada masa kolonial yang dengan berani mendekati Habib Luar Batang, tanpa angin tanpa hujan, Habib Luar Batang menghentakkan tangannya ke dada anak tersebut sehingga membuat anak tersebut ketakutan.

Setelah anak tersebut lari ketakutan dan menghampiri pembantunya, Habib Luar Batang menyuruh temannya untuk menghampiri pembantu anak tersebut untuk menyampaikan jika kelak anak tersebut akan menjadi orang penting di negeri ini.

Benar saja, dengan seiringnya waktu, anak tersebut setelah lulus sekolah di Belanda dan kembali ke Nusantara dipercaya sebagai Gubernur Batavia.

(fahrul hikami/i)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Dalam hal percintaan, bulan Juni 2024 akan menjadi periode yang menarik bagi kamu sebagai seorang Gemini. Kamu mungkin akan bertemu seseorang yang menarik dan menarik perhatianmu. Namun, penting untuk tetap berhati-hati dan tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan terkait hubungan asmara.



Gemini Selengkapnya