Sosok Ertugrul Ayah dari Pendiri Turki Ustmani yang Jarang Diungkap, Dijuluki Pejuang Heroik Islam

"Punya jiwa petarung dan pemimpin"

Life | 01 February 2023, 12:30
Sosok Ertugrul Ayah dari Pendiri Turki Ustmani yang Jarang Diungkap, Dijuluki Pejuang Heroik Islam

Nama Ertugrul Ghazi mungkin masih terdengar asing. Meski begitu, nyatanya Ertugrul Ghazi merupakan ayah dari pediri Kesultanan Utsmaniyah atau Turki Ustmani yakni Utsman I.

Secara tidak langsung Ertugrul Ghazi telah melakukan berbagai hal untuk berdirinya Kesultanan Utsmaniyah seperti membantu Kesultanan Rum saat melawan Kekaisaran Bizantium. Nama Ghazi bun dilekatkan pada dirinya yang merupakan julukan dengan arti Pejuang Heroik Islam.

Terusir dari kekuatan Mongol

Dikutip dari tulisan Edgarhamas dikisahkan jika pada kehidupan Ertugrul Ghazi pada tahun 1189 hingga 1281, dirinya dan suku-suku Turki yang sebelumnya bermukim di Asia Tengah harus mencari tanah baru yang lebih aman setelah terusir dari kekuatan Mongol yang menyerang hampir seluruh dataran Asia.

Pejuang gagah berani

Daun.id

Sumber: Facebook Achmad Bayu Sujiwo

Semasa hidupnya Ertugrul Ghazi dikenal sebagai pejuang yang gagah berani dan pantang menyerah. Kecerdasannya dalam peperangan juga diakui seperti sukses menyulitkan musuh-musuhnya termasuk Bizantium saat membantu Sultan Alauddin II.

Kesultanan paling berpengaruh

Jika belum mengetahui Kesultanan Turki Utsmani, Kesultanan ini merupakan Dinasti Islam yang paling berpengaruh di dunia. Kejayaan Kesultanan Turki Utsmani ini cukup lama mulai dari 1299 sampai 1922 atau kurang lebih selama 623 tahun.

Indahnya masa kepemimpinan Ertugrul

Saat pada masa kepemimpinan Ertugrul tak ada satupun dari anak yang usianya masih 7 tahun yang tidak menghafal Al-Qur'an, minimal anak dalam usia tersebut sudah hafal Jus Amma, Surat Al Mulk, dan Surat Yasin. Hal tersebut dilakukan oleh Ertugrul dengan tujuan mulia yakni dirinya ingin membangun generasi yang kuat dan besar.

Peninggalan Ertugrul

Angkatan Laut Kesutanan Utsmanyah pada abad ke-19 memberikan nama Fregat dengan nama Ertugrul. Hal tersebut dilakukan karena memberikan penghormatan kepada Ertugrul. Tak hanya itu, terdapat juga Masjid Ertugrul Gazi yang berada di Turkmenistan yang juga menggunakan namanya sebagai penghormatan.

(fahrul hikami/i)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 23 FEBRUARI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:32 SUBUH 04:42 DUHA 06:20 ZUHUR 12:08
ASHAR 15:17 MAGHRIB 18:16 ISYA 19:26  

Zodiak Pisces Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Februari 2024, hubungan percintaan kamu akan mengalami kejutan positif. Kamu akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasanganmu. Jika kamu masih sendiri, ada kemungkinan kamu akan bertemu seseorang yang menarik dan memiliki potensi untuk menjadi pasangan yang serius.



Pisces Selengkapnya




AI