Cerita Mistis Terowongan Cisumdawu Sumedang Dihuni Makhluk Gaib, Dibangun Di Atas Makam

"Konon ada penampakan perempuan berbaju putih dengan gaya rambut terurai menutup wajah."

Life | 01 February 2023, 15:41
Cerita Mistis Terowongan Cisumdawu Sumedang Dihuni Makhluk Gaib, Dibangun Di Atas Makam

Tol Cisumdawu merupakan sebuah jalur yang menjadi penghubung antara kabupaten Bandung-Sumedang. Kini telah resmi dibuka sejak tanggal 24 Januari 2022. Kala itu dieresmikan langsung oleh Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat.

Cerita mistis seakan tak pernah lepas dari beberapa tempat yang ada di Indonesia. Jalur tol Cisumdawu memiliki terowongan kembar yang disebut-sebut sebagai salah satu tempat angker. Berbagai spekulasi diceritakan masyarakat, katanya pernah melihat beberapa makhluk gaib.

Terowongan ini terletak di desa Mekarjaya, kecamatan Sumedang Utara, kabupaten Sumedang. Memiliki panjang 472 meter di bawah tanah, menembus gunung. Terowongan ini dikenal dengan nama terowongan Penyirapan.

Namun setelah rampung dan dibuka, muncul beragam cerita mistis yang berkaitan dengan terowongan kembar ini. Selain itu beberapa sumber menyebutkan terowongan ini berisiko lantaran jika perut gunung digali sedalam 60 m. Bisa rawan longsor.

Cerita Mistis Terowongan Cisumdawu Sumedang

Daun.id

Sumber; @aadidithaa

Adanya tol memang memudahkan perjalanan bagi para pengguna, selain itu juga menawarkan akses cepat. Akan tetapi tak jarang juga menyimpan cerita mistis. Seperti terowongan kemba Cisumdawu berikut ini:

1. Penampakan makhluk gaib di Terowongan Cisumdawu

Cerita mistis ini beredar setelah tol Cisumdawu mulai diaktifkan. Sepanjang jalan tol Bandung-Sumedang ini terdapat terowongan kembar. Konon di terowongan itu sering terjadi munculnya penampakan sosok makhluk gaib.

Bahkan hal ini juga diakui oleh ketua BPD desa Mekarjaya, “Iya memang angker sekarang. Bahkan, lokasi Terowongan Panyirapan ini sempat jadi lokasi uji nyali salah satu televisi swasta. Keangkeran terowongan ini juga sudah menjadi perbincangan hangat di tengah warga,” ujarnya.

Mendengar keangkeran tempat ini membuat beberapa stasiun televisi swasta membuat tempat ini sebagai lokasi syuting. Salah satu syuting yang dilakukan ialah acara uji nyali dan lain sebagainya.

Beberapa masyarakat juga merasakan suasana mistis ketika di terowongan ini. Seperti yang pernah dituturkan Nadya (23), berikut penjelasannya;

"Suasananya mistis sekali. Kalau lihat atau dengar suara hantu mah engga. Cuma saya mah hanya merasakan aja, kok seperti ada yang beda kerasanya di hati itu. Rasa aroma mistis kayak gitulah," kata Nadya.

2. Dibangun Di Atas Makam

Beredarnya cerita mistis ini membuat masyarakat mengaitkan tempat ini di masa lalu sebelum ada terowongan. Konon, kala itu pembangunan proyek ini di bangun di atas makam. Akan tetapi makam tersebut sudah di pindahkan.

Karena, kata dia, tanpa mereka ketahui sebelumnya, dalam tumpukan tanah pengurugan ini terdapat banyak tulang belulang manusia yang tergali.

Saya lihat sendiri proses pengurugan terowongan itu. Malah, yang mengumpulkan tulang belulangnya juga saya.”

Kalau tidak salah, tulang belulang yang saya ambil di lokasi pengurugan itu hampir mencapai 4 karung,” jelas salah satu warga yang sempat menyaksikan pembangunan terowongan kembar ini.

Meski makam-makam telah dipindahkan sesuai dengan permintaan ahli waris. Namun cerita mistis tetap menjadi rumor di tempat ini. Salah satu warga pernah melihat langsung sosok perempuan berbaju putih dengan gaya rambut terurai menutup wajah.

Itulah cerita mistis yang menyelimuti terowongan Cisumdawu Sumedang. Hingga kini tol Cisumdawu masih beroperasi dan digunakan banyak pengguna jalan.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 25 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Taurus akan mengalami perubahan positif dalam hubungan percintaan. Jika sudah memiliki pasangan, hubungan akan semakin harmonis. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya