7 Obat Tradisional untuk Sakit Gigi Berlubang dalam 5 Menit

"Obati sakit gigi dengan bahan alami."

Life | 01 February 2023, 17:30
7 Obat Tradisional untuk Sakit Gigi Berlubang dalam 5 Menit

Apakah kamu pernah atau sedang mengalami sakit gigi berlubang? Jika iya, sakit ini biasanya akan membuat kita susah makan, minum dingin hingga terasa ngilu. Hal ini disebabkan karena terdapat bakteri atau kuman yang berada di gigi, sehingga memicu terjadinya sakit gigi berlubang.

Adapun beberapa gejala yang muncul, sehingga memicu terjadinya sakit gigi berlubang ialah sebagai berikut:

- Perdarahan dari gigi atau gusi.
- Terjadi bengkak di rahang dan wajah.
- Susah dan sakit ketika membuka mulut.
- Muncul bau mulut yang tidak sedap (halitosis).
- Muncul bengkak pada gusi di area gigi yang sakit.

Selain itu, berikut faktor yang mengakibatkan sakit gigi berlubang:

- Nanah pada gigi.
- Gusi yang bengkak.
- Gigi yang membusuk.
- Gigi yang sensitif.
- Proses tumbuh gigi.
- Gigi yang retak atau patah.
- Gigi yang tanggal atau copot.
- Permasalahan terhadap kawat gigi.
- Sering menggeretakkan gigi (bruxism).
- Gigi atau gusi yang meradang atau infeksi.
- Gigi yang berlubang atau tambalan gigi rusak.
- Gigi bungsu yang tumbuh secara tidak normal (impaksi gigi)

Selanjutnya, bagi kamu yang hendak mengobati sakit gigi berlubang dapat mencoba beberapa obat tradisional berikut:

1. Akar manis
Daun.id

Sumber: Pixabay.com

Obat tradisional untuk sakit gigi berlubang yang pertama ialah akar manis. Menurt studi yang diunggah di American Chemical Society's Journal of Natural Products, licorice atau akar manis disebut mempunyai khasiat untuk terhadap kesehatan gigi.

Akar manis mempunyai kandungan senyawa licoricidin dan licorisoflavan A yang bersifat antibakteri guna menekan pertumbuhan bakteri pemicu terjadinya gigi berlubang. Di sisi lain, akar manis juga bisa menghilangkan plak di gigi. Kamu cukup memakai bubuk akar manis sebagai pasta gigi.

2. Lidah buaya

Ternyata, lidah buaya juga dapat digunakan sebagai obat sakit gigi berlubang. Meskipun biasanya bahan satu ini dipakai untuk perawatan kulit dan rambut. Seperti pada penelitian yang dipublikasikan di Nigerian Journal of Clinical Practice (2019), gel lidah buaya mempunyai sifat antibakteri guna melawan bakteri di rongga mulut. Akan tetapi, penelitian lebih lanjut diperlukan guna memahami seberapa ampuh lidah buaya guna membantu menghilangkan bakteri penyebab lubang di gigi.

3. Ramuan teh peppermint

Teh peppermint juga bisa meredakan rasa sakit di daerah mulut, terutama sakit gigi berlubang. Mengutip dari Healthline, studi pada 2013 menjelaskan bahwa teh peppermint mempunyai sifat antimikroba maka bisa melawan bakteri mulut yang memicu terjadinya kerusakan gigi.

4. Ramuan minyak timi

Obat tradisional untuk sakit gigi berlubang berikutnya dengan ramuan minyak timi. Forbes menjelaskan bahwa, tanaman timi memiliki kandungan antibakteri dan antioksidan yang kuat maka dapat dipakai dalam menyembuhkan sakit gigi berlubang.

Studi pada 2016 di BMC Complementary Medicine and Therapies menerangkan bahwa dalam bentuk minyak atsiri, timi mempunyai sifat antibakteri dan antijamur yang begitu kuat. Sehingga, kamu dapat mengaplikasikan sedikit minyak timi pada daerah yang sakit. Pengolesan dapat menggunakan bola kapas.

5. Ramuan kunyit
Daun.id

Sumber: Pixabay.com

Ramuan kunyit juga dapat dipakai guna mengatasi sakit gigi. Primaya Hospital menyatakan, kunyit mempunyai kandungan antiperadang dan antibakteri. Kandungan ini dapat dipakai guna mengatasi sakit gigi, kamu dapat membuat ramuan kunyit. Cukup campurkan bubuk kunyit dengan air atau madu, sampai kental. Selanjutnya, aplikasikan pada bagian yang terasa sakit.

6. Ekstrak vanili

Obat tradisional untuk sakit gigi berlubang selanjutnya ialah ekstra vanili. Dilansir dari Cleveland Clinic, ekstrak vanili bisa menjadi obat sakit gigi berlubang sebab kandungan alkohol yang mampu mematikan rasa sakit sementara. Di sisi lain, kandungan antioksidannya juga bisa mengatasi daerah gigi berlubang yang sakit. Kamu cukup memakai ujung jari atau bola kapas guna mengaplikasikan ekstrak pada gigi dan gusi beberapa kali sehari.

7. Daun jambu biji

Obat tradisional untuk sakit gigi berlubang terakhir, yakni daun jambu biji. Mengutip Healthline, daun jambu biji juga bisa digunakan sebagai obat herbal dalam mengobati sakit karena gigi berlubang.

Daun jambu biji yang mempunyai sifat anti-inflamasi yang bisa mengobati luka. Daun jambu biji juga mempunyai aktivitas antimikroba yang bisa berperan dalam perawatan mulut. Caranya, dengan mengunyah daun jambu biji segar atau menambahkan daun jambu biji yang telah dihancurkan pada air mendidih guna membuat obat kumur.

Mencegah sakit gigi
Daun.id

Sumber: Pixabay.com

Dikutip dari Cleveland Clinic, sebagian besar masalal sakit gigi terjadi akibat kerusakan gigi. Sehingga, kamu dapat melakukan beberapa cara mencegahnya sebagai berikut:

- Sikat gigi dua-tiga kali sehari, jangan lebih dari itu.
- Sikat gigi dengan teratur memakai pasta gigi dengan kandungan fluoride.
- Kamu dapat memeriksakan gigi dua kali setahun guna pembersihan yang lebih dalam.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 20 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:27 SUBUH 04:37 DUHA 06:15 ZUHUR 11:54
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:52 ISYA 19:02  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Taurus akan mengalami perubahan positif dalam hubungan percintaan. Jika sudah memiliki pasangan, hubungan akan semakin harmonis. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya