Cerita Mistis Bangunan Tua Engsun Tasikmalaya, Pernah Ditemukan Mayat

"Fakta mengejutkan, pernah ditemukan mayat dengan kondisi kaku dan sudah menimbulkan bau."

Life | 01 February 2023, 16:58
Cerita Mistis Bangunan Tua Engsun Tasikmalaya, Pernah Ditemukan Mayat

Cerita mistis kadang-kadang menyelimuti beberapa tempat yang terbengkalai. Salah satunya ialah pabrik gula yang berada di daerah Tasikmalaya, Jawa Barat. Tempat ini sudah lama tak beroperasi, konon kini dihuni makhluk gaib.

Salah satu cerita yang beredar di masyarakat ialah tentang penampakan sosok perempuan yang memiliki wajah rata. Selain itu juga beberapa penampakan yang terjadi dan tak dapat dinalar. Tempat ini kerap menjadi syuting pemburu konten mistis.

Jika diamati, bangunan bekas pabrik ini sudah tak terawat lagi. Dinding yang kumuh ini semakin menambah cerita mistis yang menyelimuti tempat ini. Kisah-kisah mistis ini pernah dialami beberapa orang dan diceritakan melalui kanal youtube.

Gedung bekas pabrik ini, dulunya memiliki nama pabrik sitrun "Engsun". Dioperasikan sejak tahun 1980-an, terletak di kabupaten Tasikmalaya. Telah lama tak dioperasikan dan menurut warga sekitar tempat ini kini dikenal angker.

Cerita Mistis Bangunan Tua Engsun Tasikmalaya

Daun.id

sumber; @mahendranugraha_

Gedung tua yang menjadi buah bibir ini tepat berada di Jalan Taman Harapan, kelurahan Kahuripan, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya. Tak jarang menarik orang-orang untuk membuat konten mistis di lokasi ini. Berikut cerita mistis tempat ini:

1. Cerita mistis pabrik sitrun "Engsun"

Jika dilihat dari wajah bangunan, gedung ini memiliki usia yang relatif tua. Pabrik ini pernah menjadi pabrik sitrun terbesar di daerah tersebut. Namun sayangnya, menurut warga sekitar pabrik ini hanya bertahan satu tahun.

Setelah tak dioperasikan lagi, kini pabrik itu menjadi gedung tua yang sudah tak beroperasi selama puluhan tahun. Dikenal angker dan menarik perhatian para pembuat konten youtube. Cerita mistis ini berkembang dari mulut ke mulut.

Disisi lain ada salah seorang warga yang pernah melihat sosok kuntilanak dan laki-laki tua. Seperti dilansir dari detik.com, "Kalau yang kuntilanak saya lihat di gedung dua lantai. Itu yang sering digunakan foto-foto atau bikin Youtube misteri," pengakuan Kusmara.

"Yang kedua kakek-kakek di dekat kolam limbah. Itu juga aneh, tiba-tiba nembongan (menampakan diri) tapi tak lama menghilang," imbuhnya.

2. Tempat dan benda misterius

Selain makhluk gaib, tempat ini juga menyimpan tempat dan benda yang misterius. Mitosnya, ada sebuah batu yang digunakan sebagai kesaktian dan pelancar bisnis. Satu sisi lainnya, ada sumur tua di sekitarnya. Bahkan di dasar bangunan ini terdapat bekas kuburan sesepuh.

Seperti dilansir dari tasikasik.id, "Selain di lorong, kesan mistis juga hadir dari lantai dasar bangunan tersebut. Konon disalah satu bagian lantai yang sudah tertutup semen, dulunya ada kuburan sesepuh disana."

Di sekitar bangunan ini terdapat buah pisang yang di bawahnya ada gumpalan tanah. Di dalam tanah tersebut ada sebuah batu misterius. Sering disebut mustika yang digunakan sebagai kesaktian dan pelancar bisnbis. Disisi lain ada sumur tua ditutup yang konon menjadi tempat makhluk gaib.

3. Penemuan mayat di Pabrik sitrun "Engsun"

Kejadian ini terjadi pada Senin (12/12/2022), di pabrik tersebut. Saat itu ditemukan mayat dengan kondisi kaku dan mulai menimbulkan bau busuk. Penemuan ini dimuat di tvonenews.com, sebagai berikut;

"Iya benar ditemukan sesosok mayat pria. Ini mayat ditemukan oleh warga di sebuah saung di dalam gedung tua Engsun," kata Kapolsek Tawang, Ipda Wawan Setiawan di lokasi kejadian.

Melanjutkan keterangannya, "Untuk hasil olah TKP pertamakali kami melihat di lokasi, korban dalam posisi telentang, matanya terbuka dan sudah kaku. Mayat sudah berbau juga," imbuhnya.

Dalam penemuan ini polisi tidak menemukan adanya identitas korban. Selain itu karena kondisinya berada di saung dan harus melewati semak-semak, polisi mengalami kesulitan. Saat itu polisi masih mendalami pemeriksaan.

Itulah cerita mistis seputar gedung tua bekas pabrik sitrun Engsun di Tasikmalaya. Kini tempat ini sudah terbengkalai puluhan tahun dan menyimpan cerita mistis.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 16 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:28 SUBUH 04:38 DUHA 06:16 ZUHUR 11:55
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:53 ISYA 19:03  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Anda sebagai seorang Aries akan berjalan dengan baik. Anda akan merasa lebih dekat dengan pasangan Anda dan saling mendukung satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi secara jelas dan terbuka untuk menghindari konflik yang tidak perlu.



Aries Selengkapnya