Efisol Obat Radang Tenggorokan, Ketahui Kandungan dan Dosisnya

"Radang tenggorokan dapat sembuh dengan Efisol."

Life | 02 February 2023, 06:59
Efisol Obat Radang Tenggorokan, Ketahui Kandungan dan Dosisnya

Ketika Tenggorokan bermasalah memang selalu menjadi hal yang menyebalkan bagi sebagian orang. Lantaran itu menjadi salah satu momok kesehatan yang umum, penyebab demam dan penyakit yang lainnya. Berbagai macam hal penyebab Sakit ya Tenggorokan, atau biasa yang disebut dengan Radang Tenggorokan ini.

Mulai dari serak dan nyeri saat menelan makan. Hinggah kesulitan untuk berbicara. Ada sebagian pula yang menganggap Radang Tenggorokan ini adalah masalah yang sepele. Padahal hal itu tidak bisa dianggap semudah itu. Karena bisa saja penyebab dari virus atau bakteri.

Faktor Risiko Sakit Tenggorokan

Seperti berapa tahun terakhir, salah satu gejala dari COVID-19 adalah saat Tenggorokan Sakit. Jadi belum tentu bisa dianggap seremeh itu. Perlu juga untuk mengetahui kebiasaan dari sehari-hari yang bisa menimbulkan risiko dari gangguan ini. Berikut beberapa faktor risiko dari sakit tenggorokan yang perlu diketahui:

- Anak-anak dengan usia antara 3 hingga 15 tahun lebih rentan mengalami sakit tenggorokan karena infeksi bakteri.

- Paparan asap rokok. Kebiasaan merokok atau kerap berdekatan dengan seseorang, sehingga terkena asap rokok dapat mengiritasi tenggorokan yang menimbulkan rasa tidak nyaman.

- Alergi musiman atau reaksi alergi yang berkelanjutan terhadap debu atau bulu hewan peliharaan membuat kemungkinan sakit tenggorokan lebih besar.

- Rentan terkena paparan terhadap iritasi kimia, seperti asap pembakaran dari bahan bakar atau bahan kimia rumah tangga.

- Memiliki sistem imunitas tubuh yang lemah, seperti pada seseorang dengan penyakit HIV/AIDS atau bahkan diabetes.

Namun tak perlu khawatir, salah satu obat yang bisa membantu Radang Tenggorokan terjadi sudah tersedia di Apotek. Di antaranya adalah Efisol.

Manfaat dan Kandungan
Daun.id

Sumber: Pixabay.com

Efisol sendiri merupakan salah satu obat yang mengandung dequalinium chloride. Obat ini digunakan untuk membantu mengatasi infeksi ringan pada mulut akibat bakteri dan jamur. Seperti misalnya sariawan, sakit tenggorokan, faringitis, tonsilitis, gingivitis, dan gangguan rongga mulut lainnya.

Kandungan yang terdapat dalam dequalinium chloride dalam Efisol bekerja sebagai antiseptik, sehingga bisa membantu untuk menghilangkan bakteri dan jamur yang ada di dalam mulut.

Dosis
Meski dalam kategori obat yang bebas. Bukan berarti bisa diminum pada sembarang dosis. Memperhatikan takarannya jauh lebih aman agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut ini untuk dosis takaran minumnya:

- Sebagai obat kumur: 10-20 tetes Efisol dicampurkan ke dalam segelas air, lalu digunakan untuk berkumur sebanyak 2-4 kali sehari
- Sebagai obat mengatasi sariawan: oleskan Efisol tanpa diencerkan, dengan menggunakan cotton bud

Efek Samping
Secara umum, hampir keseluruhan obat tentunya memiliki efek sampingnya. Hal sama dengan Obat Radang Tenggorokan, merk Efisol ini. Tapi juga kembali lagi pada kondisi umum seseorang saat mengonsumsi sebuah obat. Ada yang langsung terjadi reaksi, dan ada pula kecil reaksinya atau tidak bereaksi sama sekali. Beberapa efek samping ini mungkin bisa menjadi rujukan apabila terjadi. Di antaranya;

1. Rasa tidak nyaman di lidah.
2. Iritasi ringan di tenggorokan.
3. Muncul reaksi alergi

(alvain shinta/al)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 27 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya