Fakta Dinasti Ayyubiyah, Sebagai Pelindung Kaum Yahudi dan Nasrani

Life | 02 February 2023, 11:37

"Dinasti paling berpengaruh dalam peradapan Islam"

Fakta Dinasti Ayyubiyah, Sebagai Pelindung Kaum Yahudi dan Nasrani

Salah satu Dinasti yang paling eksis dan berpengaruh dalam peradaban Islam yakni Dinasti Ayyubiyah. Dinasti ini muncul setelah Dinasti Fatimiyah yang sempat menguasai daerah seperi Mesir, Suriah dan Afrika Utara runtuh.

Dinasti yang sangat lekat dengan nama Shalahuddin Al Ayyubi ini berpusat di Kairo, Mesir dan daerah kekuasaannya meliputi Mesir, Yaman, dan Suriah. Shalahuddin Al Ayyubi merupakan pendiri dan pemimpin dinasti tersebut.

Dinasti Ayyubiyah merupakan dinasti Muslim Sunni yang didirikan oleh Shalahuddin Al Ayyubi dan ememrintah sebagian besar wilayah Timur Tengah mulai pada abad ke-12 dan ke-13.

Kobarkan perang

Daun.id

Sumber: Facebook Sejarah

Dinasti mengobarkan perang untuk menaklukkan wilayah Timur Tengah, dan pada tahun 1183 Dinasti Ayyubiyah sukses menguasai Mesir, Mesopotamia utara, Yaman, Syam, Hijaz, hingga ke pesisir Afrika Utara. Dinasti Ayyubiyah juga berhasil menguasai sebagaian besar wilayah dari Tentara Salib seperti Kerjaan Yerusalem. Perolehan Kerajaan Yerusalem berasal dari kemenangan pada perang Hittin pada tahun 1187. Namun tiga tahun kemudian Tentara Salib kembali berhasil merebut wilayahnya.

Memajukan ekonomi wilayah yang dikuasai

Dinasti Ayyubiyah saat memerintah dengan segenap tenaga memberikan dampak positif seperti memajukan ekonomi dari wilayah yang dikuasai. Dinasti ini juga menudukung para cendikiawan untuk membangun fasilitas pembelajaran yang mereka butuhkan. Tak hanya itu, Dinasti Ayyubiyah juga berkeinginan untuk memperkuat dominasi Sunni dengan membangun sejumlah madrasah di berbagai kota besar.

Pusat perkembangan peradaban dunia

Daun.id

Sumber: Facebook Johanes Christiono

Meski Dinasti Ayyubiyah hadir di tengah-tengah konsolidasi negeri Islam yang pada saat itu terpecah belah, namun keadaan bahkan menjadi menguntungkan dan sehingga membuat Dinasti Ayyubiyah berhasil mencapai era keemasan. Wilayah yang berhasil dikuasai oleh Dinasti Ayyubiyah berhasil menjadi pusat perkembangan peradaban dunia.

Pelindung umat Yahudi dan Nasrani

Dinasti Ayyubiyah dikenal sebagai dinasti yang terampil dan menjadi perkembangan peradaban Islam di dunia. Hal ini dikarenakan pada masa Dinasti Ayyubiyah sangat memfokuskan untuk mengembangkan bidang ilmu pengetahuan dan pendidikan. Dinasti Ayyubiyah juga memiliki rasa penuh kasih sayang seperti halnya menjadi pelindung bagi umat Yahudi dan Nasrani di Yerusalem

(fahrul hikami/i)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Leo Hari Ini

Percintaan

Dalam hal percintaan, bulan Juli 2024 akan menjadi waktu yang menyenangkan bagi zodiak Leo. Jika Anda sudah memiliki pasangan, hubungan Anda akan semakin erat dan harmonis. Jika Anda masih single, ada kemungkinan besar Anda akan bertemu dengan seseorang yang menarik dan potensial untuk menjadi pasangan hidup Anda.



Leo Selengkapnya