Fakta di Balik Pembangunan Masjid Nabawi, Rasulullah Beli Tanah Milik Anak Yatim

Life | 02 February 2023, 12:15

"Masjid terbesar kedua di dunia"

Fakta di Balik Pembangunan Masjid Nabawi, Rasulullah Beli Tanah Milik Anak Yatim

Masjid Nabawi merupakan masjid terbesar kedua di dunia dan dianggap suci oleh umat Islam. Masjid Nabawi juga merupakan masjid ketiga yang dibangun dalam sejarah Islam.

Masjid yang terletak di Madinah ini memiliki kisah yang unik dan jarang diketahui. Masjid yang dibangun oleh Rasulullah SAW ini merupakan masjid yang dimuliakan oleh Allah SWT.

"Janganlah kalian berkunjung atau melakukan perjalanan (dalam rangka ibadah) kecuali ke tiga masjid, yakni Masjid al-Haram (Mekkah), Masjidku ini (Nabawi di Madinah), dan Masjid al-Aqsha (Palestina)." (HR Bukhari Muslim).

Mendapatkan pahala berlipat ganda

Daun.id

Sumber: @shaikh_aarif_313

Salah satu keutamaan dan keistimewaan dari Masjid Nabawi adalah bagi jamaah yang melakukan sholat di sini akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda, hal tersebut sesuai dari apa yang dikatakan oleh Rasulullah SAW dalam hadist berikut.

"Sholat di masjidku ini lebih utama dari 1.000 kali sholat di masjid selainnya, kecuali Masjid al-Haram." (HR Bukhari dan Muslim).

Ramai dikunjungi umat Islam

Daun.id

Sumber: @saiyada_muskan

Masjid Nabawi ini sangat ramai dikunjungi oleh umat Islam dari segala penjuru dunia karena pada masjid ini terdapat makam Rasulullah SAW. Para sahabat Rasulullah SAW seperti Abu Bakar Ash-Shiddiq dan Umar bin Khattab juga dimakamkan disamping Rasulullah SAW.

Cerita unik sebelum terbangunnya Masjid Nabawi

Terdapat kisah unik sebelum terbangunnya Masjid Nabawi yang jarang diketahui. Saat Rasulullah SAW tengah menunggangi untanya saat hendak memasuki Madinah, semua masyarakat yang menyambut kehadirannya ingi menarik tali unta yang ditunggangi Rasulullah SAW dan mengajak beliau ke rumah mereka.

Namun Rasulullah SAW berkata jika meminta kepada masyarakat untuk membiarkan unta berjalan karena telah mendapatkan perintah langsung dari Allah SWT kemana akan pergi. Seketika masyarakat Madinah hanya bisa menyaksikan kemana langkah unta Rasulullah SAW berhenti. Unta yang ditunggangi Rasulullah SAW akhirnya berhenti dan duduk di sebuah tanah lapang yang merupakan milik dua anak yatim dari Bani Najjar yakni Suhail dan Sahl.

Rasulullah SAW kemudian memanggil kedua anak yatim tersebut dan berkata jika ingin memberli tanah mereka, namun mereka malah berkata jika ingin memberikan tanah tersebut ke Rasulullah SAW. Rasulullah SAW tidak mau menerimanya dan tetap ingin memeli tanah kedua anak yatim tersebut. Setelah berdiskusi dan bernegosiasi panjang, akhirnya Rasulullah SAW berhasil membeli tanah Suhail dan Sahl.

Masjid Nabawi dibangun

Daun.id

Sumber: @qalbi_madina

Rasulullah SAW membangun Masjid Nabawi pada bulan Rabiul Awal. Pada saat itu masjid masih kecil dengan hanya memiliki panjang 35 meter dan lebar 30 meter, berbeda dengan sekarang yang telah megah.

Pembangunan Masjid Nabawi diketahui memakan waktu 12 hari karena dibangun dengan sangat sederhana. Kesederhanaan tersebut terlihat pada saat itu masih berlantai tanah bebatuan dan atapnya menggunakan pelepah kurma.

Kini Masjid Nabawi telah mengalami beberapa perluasan dan pembangunan yang membuat Masjid Nabawi kini menjadi masjid terbesar kedua di dunia. 

(fahrul hikami/i)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Leo Hari Ini

Percintaan

Dalam hal percintaan, bulan Juli 2024 akan menjadi waktu yang menyenangkan bagi zodiak Leo. Jika Anda sudah memiliki pasangan, hubungan Anda akan semakin erat dan harmonis. Jika Anda masih single, ada kemungkinan besar Anda akan bertemu dengan seseorang yang menarik dan potensial untuk menjadi pasangan hidup Anda.



Leo Selengkapnya