Cerita Mistis Gunung Kunci Sumedang, Jadi Tempat Eksekusi Pejuang Kemerdekaan

"Awas! jangan berani bawa pacar ke tempat ini, bisa putus."

Life | 02 February 2023, 15:46
Cerita Mistis Gunung Kunci Sumedang, Jadi Tempat Eksekusi Pejuang Kemerdekaan

Sumedang seakan tak pernah ada habisnya, ketika berbicara soal cerita mistis. Kali ini ada tempat yang sering jadi buah bibir masyarakat. Tempat itu ialah Gunung Kunci Sumedang, terletak di kelurahan Kotakulon, kecamatan Sumedang Selatan, Sumedang.

Selain mistis juga ada mitos unik, jika ada orang yang berani pacaran di tempat ini. Konon bisa menyebabkan hubungan putus. Jadi jangan berani-berani untuk membawa pacar ke tempat ini ya. Cerita mitos ini sudah lama berkembang di masyarakat.

Kebetulan ada beberapa warga sekitar yang mengaku pernah mengalaminya sendiri soal putus cinta. Meski begitu, tempat ini menjadi destinasi wisata. Seperti yang pernah dialami salah satu warga ini.

"Memang betul, mitos pasangan bisa putus cinta bila berpacaran di Gunung Kunci Sumedang ini, pernah saya alami sendiri," pengakuan N (40) warga sekitar.

Cerita Mistis Gunung Kunci Sumedang

Daun.id

Sumber; @okisatrio

Berbicara soal Gunung Kunci tentu tak hanya soal mitos putus cinta, namun tempat ini juga menyimpan banyak sejarah di masa lampau. Di tempat ini terdapat banyak bangunan peninggalan Belanda, seperti berikut;

1. Asal-usul Gunung Kunci

Tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata yang dulunya dibangun oleh Belanda. Jauh sebelum dinamakan gunung Kunci, tempat ini disebut Gunung Panjunan yang berada di wilayah perbukitan. Disebut gunung Kunci karena pada pintu masuk terdapat simbol kunci.

Berbeda dengan gunung pada umumnya, disebut gunung lantaran menjulang tinggi. Berkaitan tempat ini, gunung menjadi nama lain dari tempat yang berada di ketinggian. Gunung ini hanya terdiri dari sebuah perbukitan.

2. Mitos larangan membawa pacar

Bagi kalian yang sedang di mabuk asmara, sebaiknya hindari temoat ini. Pasalnya, telah beredar mitos tentang mengajak pacar ke tempat ini bisa putus. Selain itu juga muncul rumor di tempat ini dihuni banyak makhluk gaib.

Beberapa program misteri televisi swasta pernah melakukan syuting dan mencoba mengungkap tempat ini. Seperti Mr. Tukul Jalan-Jalan, program misteri Trans7. Selain itu juga menarik perhatian bagi youtuber konten mistis.

Beberapa orang mengakui pernah melihat penampakan seperti orang-orang Belanda. Selain itu juga muncul penampakan perempuan yang menyeramkan. Bahkan beredar mitos dilarang pacaran di tempat ini. Warga sekitar yang pernah mengalami putus setelah mengajak pacarnya ke tempat ini.

3. Jadi tempat eksekusi para pejuang kemerdekaan

Dilihat dari beberapa bangunan yang ada, dulunya tempat ini menjadi benteng pertahanan Belanda. Menurut sumber, dibangun sekitar 1914 hingga 1917. Bangunan kokoh ini menjadi tragedi kelam yang pernah terjadi di masa lampau.

Tepat berada di lantai dua benteng ini terdapat sebuah besi seperti pancing raksasa. Menurut beberapa pengamat, dulunya besi tersebut diguanakan untuk menggantung atau mengeksekusi para pejuang kemerdekaan Indonesia.

4. Sumur pembuangan jasad manusia

Lengkap sudah, di tempat ini juga terdapat sebuah sumur tua yang sudah tertimbun tanah. Terbuat dari beton dan berada tepat di bawah besi gantungan eksekusi. Para warga menyebut sumur itu menjadi tempat pembuangan jasad setelah dieksekusi.

5. Makam keramat

Tak jauh dari tempat ini juga terdapat makam. Konon, makam itu merupakan makam keramat yang tak ada jasadnya. Warga sekitar ini membuat makam tersebut sebagai penghormatan terhadap leluhur.

Dahulu kala, sekitar 600 jasad leluhur dikabarkan menghilang. Sehingga untuk penghormatan dibuatkanlah makam yang di sekitarnya.

Selain itu di area ini juga terdapat goa yang dulunya digunakan sebagai tempat penyimpanan harta hasil jarahan. Di tempat inilah harta hasil panen pribumi di simpan oleh Belanda.

Demikianlah cerita mistis yang terjadi di Gunung Kunci Sumedang. Mitos-mitos ini kini sudah melekat dan tak terlupakan begitu saja.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 22 FEBRUARI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:31 SUBUH 04:41 DUHA 06:20 ZUHUR 12:08
ASHAR 15:18 MAGHRIB 18:16 ISYA 19:27  

Zodiak Pisces Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Februari 2024, hubungan percintaan kamu akan mengalami kejutan positif. Kamu akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasanganmu. Jika kamu masih sendiri, ada kemungkinan kamu akan bertemu seseorang yang menarik dan memiliki potensi untuk menjadi pasangan yang serius.



Pisces Selengkapnya




AI