Obat Sakit Gigi Acetaminophen yang Ampuh dan Efektif

"Acetaminophen ampuh mengobati sakit gigi."

Life | 02 February 2023, 16:50
Obat Sakit Gigi Acetaminophen yang Ampuh dan Efektif

Acetaminophen merupakan salah satu obat yang mampu mengatasi nyeri sakit gigi yang ringan hingga sedang. Obat ini mempunyai efek antipiretik dan analgetik yang membantu mengatasi nyeri dan demam. Akan tetapi, pada kondisi sakit gigi yang lebih parah, misalnya abses gigi atau radang pulpa, mungkin butuh perawatan medis atau tindakan bedah untuk mengatasi masalah itu.

Sebelum memakai acetaminophen untuk sakit gigi, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau apoteker untuk memastikan dosis yang tepat dan mengetahui efek samping dan interaksi obat. Apabila masih mengalami nyeri yang berkelanjutan usai memakai acetaminophen,kamu perlu segera berkonsultasi dengan dokter.

Obat ini masuk dalam golongan analgetik dan antipiretik. Acetaminophen digunakan untuk mengatasi nyeri ringan hingga sedang, cotohnya sakit gigi, sakit haid, nyeri kepala, dan demam. Obat ini juga bermanfaat dalam meredakan rasa sakit dan menurunkan suhu tubuh pada kondisi demam. Acetaminophen bekerja dengan cara menekan produksi prostaglandin yang mengakibatkan rasa sakit dan demam. Obat ini bisa dijumpai dengan merk dagang, yakni Tylenol dan Panadol.

Efek samping Acetaminophen

Adapun efek samping Acetaminophen, yakni:

- Diare
- Pusing
- Sakit perut
- Mual dan muntah
- Pembengkakan pada ginjal
- Pemecahan hemoglobin (hemolisis)
- Pemecahan sel darah putih (agranulositosis)
- Insomnia (susah tidur)
- Reaksi alergi misalnya bengkak, gatal-gatal, dan ruam
- Gangguan hati, yakni sirosis, hepatitis, atau gagal hati

Dosis dan penggunaan Acetaminophen

Saat memakainya dengan dosis yang sangat tinggi, acetaminophen juga dapat memicu keracunan hati yang berbahaya. Sehingga, penting supaya selalu membaca petunjuk penggunaan dan mematuhi dosis yang disarankan oleh dokter atau apoteker.

Apabila terkena efek samping yang berlangsung lama, lekas mencari bantuan medis. Dosis acetaminophen bagi orang dewasa biasanya berkisar antara 325-1000 mg setiap 4-6 jam, tergantung pada intensitas dan durasi nyeri. Maksimal dosis harian adalah 4 gram per hari.

Bagi anak-anak, dosis acetaminophen ditentukan menurut berat badan, dan biasanya disarankan setiap 4-6 jam. Dosis maksimal harian ialah sekitar 80-100 mg/kg. Pemakaian acetaminophen harus diambil dengan air putih dan dapat diambil sebelum atau sesudah makan. Apabila kamu mempunyai masalah ginjal atau hati, atau sedang mengonsumsi obat lain, upayakan berkonsultasi dengan dokter sebelum memakai obat acetaminophen ini.

Harga: Rp. 14.000.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Cancer Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Juli 2024, hubungan percintaan Anda akan mengalami kemajuan yang positif. Jika Anda sudah memiliki pasangan, hubungan Anda akan semakin erat dan harmonis. Jika Anda masih single, ada kemungkinan Anda akan bertemu dengan seseorang yang menarik dan memiliki potensi untuk menjadi pasangan yang serius.



Cancer Selengkapnya