3 Obat Radang Tenggorokan Pil Kecil yang Ada di Apotek, Bantu Redakan Nyeri

"Sakit ini dapat sembuh dengan cepat."

Life | 03 February 2023, 07:02
3 Obat Radang Tenggorokan Pil Kecil yang Ada di Apotek, Bantu Redakan Nyeri

Radang tenggorokan merupakan salah satu peradangan yang terjadi pada bagian tenggorokan. Gejala-gejala utama meliputi sakit ketika menelan, perasaan seperti tenggorokan seolah terbakar, serta suara serak. Penyebabnya pun bisa beragam, termasuk infeksi virus atau bakteri, alergi, atau kerusakan pada tenggorokan akibat dari merokok. Pengobatan tergantung pada penyebabnya juga, bisa meliputi mengonsumsi obat-obatan untuk mengatasi nyeri dan infeksi, menjaga kelembapan tenggorokan, dan menghindari hal-hal yang dapat memperparah gejalanya seperti merokok.

Untuk meredakan nyeri radang tenggorokan, beberapa hal yang dapat dilakukan adalah:

- Menghirup uap air hangat: Menghirup uap air hangat dapat membantu melegakan tenggorokan yang sakit
- Minum banyak cairan: Minum banyak air dan teh hangat dapat membantu melegakan tenggorokan dan mengurangi nyeri
- Menghindari asap rokok: Hindari asap rokok dan udara kering yang dapat memperparah radang tenggorokan
- Mengonsumsi obat anti-inflamasi: Obat-obatan seperti ibuprofen dapat membantu meredakan nyeri dan inflamasi pada tenggorokan
- Menghirup eter: Menghirup eter atau minyak esensial seperti minyak lavender dapat membantu meredakan nyeri pada tenggorokan.

Untuk radang tenggorokan, beberapa obat yang tersedia dalam bentuk pil kecil. Agar saat menelannya atau meminumnya tidak kesusahan di antaranya adalah di bawah ini:

1. Paracetamol
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Mengurangi demam dan nyeri. Salah satu jenis obat yang digunakan untuk meredakan sakit dan demam. Ini adalah analgesik (obat untuk sakit) dan antipiretik (obat untuk menurunkan demam). Paracetamol bekerja dengan mengurangi produksi prostaglandin, zat yang menyebabkan sakit dan demam. Obat ini biasanya digunakan untuk mengatasi sakit ringan hingga sedang, seperti sakit kepala, sakit gigi, dan sakit punggung, serta demam yang disebabkan oleh infeksi. Paracetamol aman digunakan untuk orang dewasa dan anak-anak.

2. Aspirin
Mengurangi demam, nyeri, dan peradangan. Aspirin ini merupakan obat antiinflamasi non-steroid (NSAID) yang digunakan untuk meredakan sakit kepala, sakit gigi, nyeri otot dan sendi, serta demam. Aspirin juga dapat digunakan untuk mencegah serangan jantung dan stroke pada beberapa orang yang memiliki risiko tinggi. Namun, sebelum menggunakan aspirin, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan bahwa aspirin adalah pilihan terbaik dan tepat untuk kondisi kesehatan.

3. Ibuprofen
Mengurangi demam, nyeri, dan peradangan. Ibuprofen adalah obat anti inflamasi non-steroid (NSAID) yang digunakan untuk mengatasi rasa sakit, demam, dan peradangan. Ini biasanya digunakan untuk mengobati nyeri ringan hingga sedang, seperti sakit kepala, sakit gigi, menstruasi, dan nyeri otot. Namun, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan ibuprofen untuk memastikan bahwa obat ini aman untuk digunakan dan tidak memiliki interaksi dengan obat lain yang sedang dikonsumsi.

Sebelum mengonsumsi obat ini ada baiknya mengetahui dosis aturannya. Supaya hal yang tidak diinginkan terjadi, atau sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk memastikan bahwa obat tersebut sesuai untuk kondisi tubuh dan untuk mengetahui dosis secara tepat. 

Jika tak ingin mengonsumsi obat, bisa mencoba pengobatan secara alami untuk atasi Radang Tenggokan. Yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Berikut ini adalah beberapa perawatan rumahan yang bisa dilakukan adalah:

1. Air Putih
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Memperbanyak minum air putih dan cairan hangat, seperti teh lemon atau sup hangat.

2. Air Garam
Berkumur dengan air garam. Air garam dapat meredakan bengkak, mencairkan dahak menggumpal, meringankan ketidaknyaman saat menelan, serta membantu membasmi bakteri di tenggorokan.

3. Madu dan lemon
Madu memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mengurangi pembengkakan dan rasa tidak nyaman perasan lemon sangat kaya akan kandungan vitamin C.

4. Teh Jahe
Teh jahe
juga dapat digunakan untuk mengobati radang tenggorokan. Sensasi rempah jahe yang pedas manis juga dapat menenangkan tenggorokan yang iritasi saat radang.

5. Gunakan pelembab udara atau vaporizer di ruangan atau kamar tidur
. Hal tersebut terbukti cukup efektif untuk membantu meredakan nyeri Tenggorokan dari aroma pelembab udara tersebut.

6. Cuka apel dan gara
m
Mengatasi radang tenggorokan dengan cuka apel sebagai berikut cara Membuatnya:
1. Masukkan 1 sendok makan cuka apel yang dicampur dengan 2 sendok teh garam yang dilarutkan dalam segelas air hangat
2. Kemudian minumlah selagi hangat

Ramuan obat alami untuk sakit tenggorokan dari cuka apel juga bisa dibuat dengan mencampurkan masing-masing 1/4 cangkir cuka apel dan 1/4 cangkir madu.

Selanjutnya, kumur menggunakan ramuan tersebut setiap empat jam untuk mendapatkan manfaatnya yang maksimal. Cuka apel bersifat asam sehingga dapat menciptakan lingkungan yang menghambat virus dan bakteri untuk memperbanyak diri dan bertahan hidup.

6. Kunyit
 Kunyi
t adalah bahan antioksidan yang sangat kuat. Kunyit berfungsi untuk mengobati beberapa kondisi termasuk sebagai obat herbal untuk radang tenggorokan.

Cara Membuatnya:
1. Campurkan 1/2 sendok kunyit bubuk dan 1/2 sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat
2. Lalu berkumur selama beberapa detik
3. Ulangi beberapa kali dalam sehari supaya obat alami untuk sakit tenggorokan ini dapat bekerja lebih optimal.

7. Bawang putih
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Bawang putih memiliki sifat antibakteri. Untuk mendapatkan manfaat bawang putih sebagai obat alami sakit tenggorokan yang optimal, Kamu dianjurkan untuk mengunyahnya. Ketika hancur, bawang putih akan melepaskan senyawa allicin yang memiliki sifat antibakteri, antijamur, sekaligus antivirus.
Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan mengisapnya selama 15 menit. Jika tidak sanggup untuk memakannya mentah-mentah, cobalah untuk dicampurkan dengan bahan lain, seperti madu, minyak zaitun, atau dibuat jus.

8. Istirahat yang cukup
. Karena keadaan tubuh yang membaik cukup berpengaruh.

(alvain shinta/al)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 26 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya