Cerita Mistis Gedung Arsip Bogor, Sosok Pengantin Perempuan Hingga Danau Angker

"Setu Cikaret yang ada di sekitarnya, semakin menambah kesan mistis tempat ini."

Life | 03 February 2023, 14:59
Cerita Mistis Gedung Arsip Bogor, Sosok Pengantin Perempuan Hingga Danau Angker

Bogor merupakan salah satu kabupaten yang terletak di wilayah Jawa Barat. Selain itu juga memiliki beberapa tempat yang dikenal punya aura mistis. Salah satu bangunan yang kerap jadi buah bibir ialah gedung arsip Bogor.

Sebuah bangunan yang telah lama terbengkalai dan kerap menimbulkan bau tak sedap. Membuat banyak orang jadi enggan untuk mengunjungi lokasi ini. Letaknya turut beradi di Setu Cikaret, Cibinong, Bogor, Jawa Barat.

Diperkirakan kurang lebih gedung ini sudah terbengkalai sejak 16 tahun yang lalu. Kondisi bangunan yang lantai dua ini memiliki dinding yang sangat kumuh tak terawat. Aura mistis dapat semakin dirasakan ketika malam hari tiba.

Kondisinya yang gelap tak ada lampu penerangan semakin melengkapi aura mistisnya. Beredar rumor, konon ditempat ini dihuni banyak makhluk gaib. Sehingga banyak kejadian yang terjadi di luar nalar dan logika.

Cerita Mistis Gedung Arsip Bogor

Daun.id

sumber; @m.agungrahmawan

Gedung arsip bogor, telah banyak sekali menimbulkan cerita mistis yang beredar di warga sekitar. Hingga kini banyak pembuat konten misteri yang tertarik untuk menjadikan lokasi syuting. Berikut ini cerita mistis gedung arsip Bogor:

1. Asal-usul gedung arsip Bogor

Dilansir dari sindownews.com, "Dihimpun dari berbagai sumber, awalnya gedung yang dibangun tahun 1971 diperuntukkan sebagai asrama haji. Namun, bangunan ini justru tidak digunakan setelah rampung. Pemerintah daerah kemudian mengambil alih gedung Arsip pada tahun 1980-an hingga 2004."

Jadi diperkirakan gedung ini telah terbengkalai sejak belasan tahun yang lalu. Dalam kondisi inilah yang kemudian muncul banyak spekulasi yang membuat tempat ini jadi angker. Selain itu juga kerap menimbulkan bau tak sedap.

2. Sosok Pengantin Perempuan

Lama terbengkalai dan tak dipakai membuat bangunan bekas ini dihuni makhluk gaib. Salah satu penampakkan yang pernah muncul ialah perempuan dengan memakai baju pengantin. Sosok inilah yang kerap jadi buah bibir di tengah masyarakat.

Disisi lain juga perempuan ini kerap merintih dengan rintihan yang menyedihkan. Tak hanya itu, konon juga diiringi dengan bau amis seperti darah, sesekali juga berbau wangi layaknya bunga melati.

Ada salah satu youtuber yang mengungkapkan bahwa si perempuan sebelum meninggal memiliki masa lalu menyedihkan. Seperti yang diceritakan di sindownews.com,

"Sara bertemu sosok wanita berbaju pengantin yang ternyata memiliki kisah masa lalu kelam. Sosok itu diketahui membunuh anaknya sendiri lalu bunuh diri. Pengantin wanita tersebut juga kerap menangis histeris hingga terdengar warga yang melintas."

3. Danau Angker Setu Cikaret

Tidak hanya di dalam gedung saja, cerita mistis ini juga mengalir ke danau sekitarnya. Danau ini dijuluki danau misterius pencabut nyawa. Danau ini juga dikenal dengan nama "Setu Cikaret". Menurut berbagai sumber, danau ini sudah ada sejak zaman Belanda.

Dari cerita yang berrkembang, danau ini memiliki aura mistis yang sangat luar biasa. Seperti dilansir dari correcto.id, penjaga menceritakan, "Kalau buayanya dipanggil Mbah Tolok, Mbah Muridin, Radennya antenwijaya," ungkap Abah Enjen.

Seekor buaya inilah yang kerap dikaitkan jika ada yang meninggal secara misterius. Meski demikian, tempat ini masih dikunjungi banyak orang. Konon di tempat ini tak boleh berlaku sombong karena dapat menimbulkan malapetaka.

"Yang mati bukan satu bukan dua, yang kelelep anak sama bapak orang Depok, kemaren ada yang ngambang lagi satu, kemaren lagi anak kecil satu. Main sepeda, rasa dia nyebur aja padahal dia tidak bisa berenang, kita angkat udah enggak ada umur. Pokoknya enggak usah sombonglah disini," lanjut Abah Enjen.

Itulah seputar cerita mistis yang menyelimuti gedung arsip terbengkalai. Hingga kini cerita itu masih berkembang di tengah masyarakat.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Dalam hal percintaan, bulan Juni 2024 akan menjadi periode yang menarik bagi kamu sebagai seorang Gemini. Kamu mungkin akan bertemu seseorang yang menarik dan menarik perhatianmu. Namun, penting untuk tetap berhati-hati dan tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan terkait hubungan asmara.



Gemini Selengkapnya