Kisah Kedermawanan Abdullah bin Mubarak Ketika Membatalkan Haji karena Menolong Wanita Fakir

"Berikut ini adalah kisah kedermawanan Abdullah bin Mubarak, seorang ulama kaya raya yang ahli sedekah."

Showbiz | 03 February 2023, 18:18
Kisah Kedermawanan Abdullah bin Mubarak Ketika Membatalkan Haji karena Menolong Wanita Fakir

Abdullah bin Mubarak adalah seorang ulama besar ahli fiqih dan hadist yang terkenal. Ia lahir di Marwa pada 118 H dan wafat pada 181 H. Ketika hidup, ia adalah ulama terkemuka sekaligus kaya raya pada masanya. Banyak kisah hidup Abdullah bin Mubarak yang inspiratif yang dapat diambil hikmahnya. Salah satunya adalah saat Abdullah bin Mubarak hendak melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci.

Kedermawanan Abdullah bin Mubarak

Dalam kitabnya, Ibnu Katsir meriwayatkan sebuah kisah mengenai kedermawanan Abdullah bin Mubarak. Ketika itu Abdullah bin Mubarak hendak menunaikan ibadah haji dan telah menyiapkan biaya yang cukup. Namun di tengah-tengah perjalanan, ia melihat sesuatu yang mengganggu hatinya.
Daun.id

pexels.com

Di satu daerah ia melihat seekor burung mati tergeletak di jalan. Ia kemudian menyuruh sahabat-sahabat yang menemaninya untuk membuangnya. Para sahabatnya bergegas menuruti perintahnya dan mendahului Abdullah bin Mubarak dan membuang bangkai burung tersebut ke tempat sampah.

Setelah bangkai itu dibuang, ia melihat seorang perempuan keluar dari sebuah rumah dekat tempat sampah. Perempuan tersebut mengambil bangkai burung di tempat sampah tersebut. Kemudian burung tersebut dibawa kembali ke rumahnya.

Abdullah bin Mubarak pun kemudian bertanya pada wanita itu, mengapa mengambil bangkai burung yang telah dibuang oleh sahabatnya.

“Menjauhlah dariku,” pinta perempuan itu.

Kemudian Abdullah bin Mubarak terus bertanya kepadanya, hingga perempuan itu menjawab, “Sesungguhnya aku punya anak-anak lelaki yang kelaparan dan menangis sejak tiga hari lalu. Dalam kondisi seperti ini aku pikir bahwa bangkai ini halal.”

Sambil melepas ikat pinggang, Abdullah berkata pada wanita itu, “Aku melepaskan ikat pinggangku dan kupenuhi dengan uang yang sedianya akan kugunakan untuk biaya haji. 

"Ini sebagai ganti hajiku,” Abdullah bin Mubarak menambahi dan kemudian berlalu.

Mimpi Bertemu Rasulullah SAW

Saat orang-orang menunaikan haji kembali mereka mengucapkan selamat kepada Abdullah bin Mubarak. Ia kemudian bertanya, “Aku tidak meninggalkan negaraku. Ada berita apakah gerangan?”

Saat aku kembali ke rumah, Abdullah bin Mubarak tertidur dan melihat Rasulullah SAW berkata kepadanya, “ketika engkau menyerahkan dinarmu, dan melepaskan kesulitan perempuan dan anak-anak yatimnya, maka Allah mengutus malaikat yang menunaikan haji setiap tahun dalam rupamu sampai hari kiamat dan menjadikan pahala haji itu untukmu.”

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 13 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:28 SUBUH 04:38 DUHA 06:16 ZUHUR 11:55
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:55 ISYA 19:04  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Aries akan mengalami kehidupan percintaan yang penuh gairah. Kamu akan menemukan dirimu lebih terbuka untuk menjalin hubungan baru atau memperdalam hubungan yang sudah ada. Namun, tetaplah berhati-hati dan jangan terburu-buru dalam membuat keputusan besar dalam percintaanmu.



Aries Selengkapnya