Cerita Mistis Waduk Gebyar Sragen, Misteri Perempuan Siluman Ikan

"Selain memiliki cerita mistis, tempat ini juga memiliki keindahan alam."

Life | 04 February 2023, 06:04
Cerita Mistis Waduk Gebyar Sragen, Misteri Perempuan Siluman Ikan

Waduk Gebyar atau sering juga disebut dengan nama Waduk Bayut, terletak di wilayah kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Berbicara soal cerita mistis di Indonesia seakan tak pernah kehabisan bahan. Menurut sumbernya, waduk ini dibangun tahun 1950.

Menjadi buah bibir lantaran waduk ini dikenal angker, konon ada sosok penghuni makhluk gaib. Sebutan Bayut sendiri diambil dari nama dusun setempat. Lokasi waduk ini berada di dusun Mbayut, desa Jambeyan, kecamatan Sambirejo, Sragen.

Kini selain dikenal mistis, waduk ini ramai pengunjung setiap harinya. Pasalnya waduk ini menjadi destinasi wisata dengan harga tiket yang murah. Pengunjung untuk dapat berwisata, cukup hanya membayar Rp. 3.000 saja.

Lokasi waduk ini diapit beberapa bukit dan dikelilingi area persawahan. Sedikitnya ada tiga bukit yaitu gunung Kunci, gunung Bon Jambu, dan gunung Watu Lumbung. Sosok penunggu tempat ini sangat menarik untuk dibahas, lantaran sudah beredar sangat kuat di masyarakat.

Cerita Mistis Waduk Gebyar Sragen

Daun.id

sumber; @haryotogreenlovers

Setiap tempat pasti memiliki asal-usul sebelum dibangun, termasuk waduk Gebyar ini. Waduk ini dibangun sebagai lahan pertanian yang ada di sekitarnya. Berikut ini cerita mistis waduk Gebyar:

1. Asal-usul Waduk Gebyar

Menurut cerita waduk ini memiliki dua nama yaitu Waduk Gebyar dan Waduk Bayut. Disebut waduk Bayut, konon di sekitar area terdapat makam sesepuh setempat. Sedangkan disebut waduk Gebyar karena pengisian air waduk itu dari dusun Segebyar.

Menurut cerita dibangun pada tahun 1950-an, dan difungsikan sebagai irigasi pertanian. Saat itu, waduk ini merupakan kebun nanas. Selain bermanfaat buahnya, nanas juga bisa dimanfaatkan sebagai pakaian dan karung.

Waduk Gebyar juga memiliki tempat yang dipenuhi dengan keindahan alamnya. Sebab letaknya diapit oleh beberapa bukit. Kemudian bukit ini diberi nama Gunung Kunci, Gunung Bon Jambu, dan Gunung Watu Lumbung.

2. Misteri perempuan siluman ikan

Konon beredar cerita mistis tentang penampakan sosok perempuan siluman ikan di tempat ini. Dikutip dari akun ig @misterisolo, menuliskan;

Sosok yang masuk kategori lelepah ini berwujud seorang perempuan berpakaian ala keraton dengan kulit yang menyerupai ikan dan lidah yang menjulur serta taringnya yang merekah keluar dari bibirnya,” tulis akun tersebut.

Cerita mistis ini berkembang, konon sosok perempuan ini sering menjadi penyebab terjadi kecelakaan di sekitar area ini. Hal ini menurut cerita yang beredar dari mulut ke mulut.

Menurut pengakuan beberapa korban kecelakaan yang terjadi, konon melihat sosok perempuan. Hal ini terjaddi ketika malam hari, perempuan ini berenag di waduk dan menimbulkan suara gemercik air. Cerita lain menyebutkan, keluarnya sosok perempuan ini muncul hanya pada malam tertentu saja.

Demikianlah cerita mistis yang menyelimuti Waduk Gebyar Sragen, Jawa Tengah. Hingga kini cerita mistis masih menyelimuti daerah tersebut. Tetapi wisata tempat ini juga masih ramai pengunjung yang berwisata.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 16 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:28 SUBUH 04:38 DUHA 06:16 ZUHUR 11:55
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:53 ISYA 19:03  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Anda sebagai seorang Aries akan berjalan dengan baik. Anda akan merasa lebih dekat dengan pasangan Anda dan saling mendukung satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi secara jelas dan terbuka untuk menghindari konflik yang tidak perlu.



Aries Selengkapnya